Syarat Agar Website atau Blog Diterima Google AdSense

Syarat Agar Website atau Blog Diterima Google AdSense

Cara daftar dan syarat agar website atau blog diterima Google AdSense sudah saya kupas-tuntas di Cara Daftar AdSense. Ulasan di sana sangat jelas dan detail, saya rasa.

Tapi, tetep aja ada yang kirim email, tanya via email, soal tips agar blog diterima dalam program periklanan Google itu.

Salah satunya email yang saya terima hari ini (30/6/2022):

“Bagaimana caranya agar bisa di-acc AdSense. Ternyata praktiknya susah. Meski sudah melewati peninjauan, sedang dipersiapkan, pada akhirnya tetap ditolak, ‘blog Anda belum siap menampilkan iklan, ada yang harus diperbaiki, link tidak terbaca, dan sebagainya. Setelah diperbaiki, masih ditolak, bahkan suda 3 kali.”

Saya jawab singkat:

Baca Juga

Sudah banyak yang bahas itu a.l. di Komunikasi Praktis. Pastikan juga ada menu dan halaman (page) ABOUT, KONTAK, DISCLAIMER.

Syarat Agar Web/Blog Diterima AdSense

Panduan langsung dari Google soal AdSense ada di halaman Persyaratan kelayakan untuk AdSense. Nah, baca semuanya tuh!

Intinya sih, jika web.blog Anda memiliki konten orisinal yang mematuhi kebijakan dan Anda berusia 18 tahun ke atas, maka Anda dapat mendaftar ke AdSense.

Kuncinya: konten Anda harus berkualitas tinggi, asli, dan menarik audiens. Dengan konten berkualitas, maka blog Anda akan banyak pengunjung, trafik tinggi, dan otomatis akan mudah diterima AdSense.

Menurut pengalaman saya selama ini, jika jumlah pengunjung sudah mencapai 250-300 per hari, maka blog akan diterima AdSense.

Nah, untuk mendapatkan pengunjung ratusan hingga ribuan itu, kuncinya adalah konten atau postingan. Optimalkan SEO-nya. Ada 200 faktor SEO yang menjadi penentu peringkat web di Google.

Intinya sih ada tiga: konten, link, dan media sosial.

  1. Content is King! Bikin postingan atau artikel yang asli, unik, dengan topik yang sekiranya dicari banyak pengguna internet.
  2. Lakukan Linkbuilding! Pastikan postingan Anda mengandung minimal satu link internat (tautan kedalam) dan link eksternal (tautan keluar). Lihat Wikipedia! Betapa banyak link dalam tiap artikelnya!
  3. Social! Bagikan atau share postingan Anda ke media sosial –Twitter, Facebook, LinkedIn, dll. Anda bisa gunakan Dlvr It untuk share otomatis.

Persyaratan Kelayakan

“Untuk berpartisipasi dalam Program AdSense, Anda harus memenuhi persyaratan kelayakan kami,” kata Google.

Syarat layaknya bagaimana?

Selain soal konten dan jumlah pengunjung, Google juga menekankan blog kita harus “ramah pengguna” (user friendly). Mudahkan pengunjung mengekspolasi konten blog kita dengan:

  1. Navigasi menu yang bagus: termasuk ada related posts di bawah postingan, widget recent posts dan popular posts di sidebar.
  2. Halaman Statis: About (Tentang), Kontak, dan Disclaimer. About berisi deskripsi blog dan/atau admin. Kontak memudahkan pengunjung menghubungi admin. Disclaimer juga penting dan bisa dibuat dengan mudah di Diclaimer Generator.

Pastikan juga menu-menu yang ada sudah benar, baik berupa link ke kategori posting maupun link ke halaman statis tadi.

Pastikan blog/web Anda sudah benar-benar kelar atau tuntas dari sisi desain! Jika masih banyak perubahan, masih diutak-atik, maka blog Anda akan dininail “belum siap”.

Saran saya, Anda juga menggunakan nama domain sendiri. Lakukan Custom Domain jika Anda ngeblog di Blogger. Misalnya, semula blog Anda beralamat www.romelteamedia.blogspot.com, menjadi www.romelteamedia.com

Lebih bagus lagi Anda bikin blog dengan nama domain dan hosting sendiri. Misalnya, pake WordPress. Anda bisa cek biayanya di Simple WordPress.  Lalu gunakan tema premium di Kentooz.

Berapa Lama Blog Diterima AdSense?

Daftarkan blog Anda ke AdSense setelah blog berusia 3-4 bulan dan postingan cukup banyak. Meski tidak mutlak soal usia blog dan jumlah postingan, namun biasanya trafik blog akan banyak kalau sudah lama dan isinya banyak.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar akun AdSense disetujui?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan bervariasi. Ini bisa secepat 24-48 jam tetapi umumnya, dibutuhkan hingga dua minggu untuk persetujuan.

Mendapatkan persetujuan untuk akun adsense tidak sulit asalkan Anda memenuhi kriteria yang dijelaskan di atas. Adsense adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang tetapi selalu ingat untuk TIDAK melanggar pedoman mereka dengan alasan apa pun.

Demikian ulasan saya tentang Syarat Agar Website atau Blog Diterima Google AdSense. Wasalam.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 comments