Kamus Jurnalistik – Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi

Kamus Jurnalistik – Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi

Kamus Jurnalistik – Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi

Kamus Jurnalistik - Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi

Kamus Jurnalistik – Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi adalah buku pertama saya yang diterbitkan Penerbit Simbiosa Bandung. Buku kedua –tentang manajemen program siaran radio– ditolak karena “kurang ilmiah” 🙂

Penulisan buku Kamus Jurnalistik – Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi ini salah satunya terinspirasi ungkapan “Jika buku yang Anda cari belum ada, maka tulislah oleh Anda”.

Saya cari buku kamus jurnalistik. Tidak nemu. Maka, saya pun “nekad” menulis kamus kecil ini untuk mengoleksi sejumlah istilah penting dunia jurnalistik dan menjabarkannya.

Buku Kamus Jurnalistik ini lebih mirip “ensiklopedia jurnalistik” karena bukan hanya mengemukakan arti per kata/istilah, tapi juga ada pembahasan ringkas.

Buku Kamus Jurnalistik – Daftar Istilah Jurnalistik Cetak, Radio, dan Televisi bisa menjadi pegangan bagi mahasiswa, wartawan, dan siapa pun yang ingin mengenal seluk-beluk dunia jurnalistik dan media massa.

Sebagaimana umumnya kamus, bab atau bagian dalam buku ini disusun per abjad (alfabetis), mulai dari A (ABC-SS) hingga Z (Zipper)

Penasaran ‘kan apa itu ABC-SS dan Zipper? Beli dong!

Kata Pengantar

Saya kutipkan Kata Pengantar buku Kamus Jurnalistik ini, sebagai berikut, ringkas kok.

pengertian-jurnalistikMENYUSUN sebuah kamus bukan merupakan pekerjaan mudah. Apalagi jika menghendaki kamus yang lengkap, tanpa ada yang terlewatkan.

Oleh karena itu, buku kecil yang ada di tangan Anda ini tidak dimaksudkan sebagai kamus lengkap tentang jurnalistik, meskipun saya berusaha keras agar buku ini meng-cover istilah-istilah penting dalam dunia jurnalistik (kewartawanan dan media massa).

Penyusunan buku kecil dimotivasi sebuah keinginan terus memberikan sumbangsih kepada dunia jurnalistik, berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan Anda, khususnya kalangan mahasiswa jurnalistik dan wartawan pemula.

Harapan saya, kehadiran buku ini mampu melengkapi literatur-literatur yang sudah ada, memudahkan sidang pembaca yang ingin memahami dunia jurnalistik, sekaligus melengkapi buku-buku jurnalistik yang sudah saya susun sebelumnya.

Saran, masukan, dan kritik konstruktif dari sidang pembaca senantiasa saya tunggu demi perbaikan dan penyempurnaan buku ini pada masa mendatang.

Kepada penerbit Simbiosa saya sampaikan terima kasih yang berkenan menerbitkan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat dan bernilai amal saleh. Amin!

Itu dia pengantar buku ini. Mau pesan? Silakan kontak Simbiosa Rekatama. Murah kok, pake banget murahnya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Beda Tulisan Fiksi dan Nonfiksi Apa perbedaan tulisan fiksi dan nonfiksi? Kita buka dulu deh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Katanya, fiksi dan nonfiksi itu istilah dunia sastra...
Contoh Berita yang Tidak Akurat (PKB Hong Kong) Foto: DDHK News Berita tentang pendirian PKB cabang Hong Kong terkesan “bombastis”. Simak saja judulnya, misalnya, “PKB buka cabang di Hongkong, d...
BATIC Gelar Pelatihan Jurnalistik Angkatan 27 # Mulai pelatihan dijadwalkan Sabtu, 14 September 2013, pk. 13.00 WIB. BALAI Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC) menerima anggota baru Angkatan 27 untu...
Jurnalistik Radio Oleh ASM. ROMLI Jurnalistik radio (radio journalism, broadcast journalism) adalah proses produksi berita dan penyebarluasannya melalui media radio ...

COMMENTS