Pengertian Jurnalistik dan Jurnalisme

Posted on 11 March 2013 by romeltea

Kang, apa beda jurnalistik dan jurnalisme? Nuhun…

JAWAB: Nyaris tidak ada beda antara pengertian jurnalistik dan jurnalisme. Pengertian jurnalistik dan jurnalisme hakikatnya sama.

Sebenarnya harus beda, karena “isme” dan “istik” punya makna tersendiri. Namun, para ahli dan akademisi juga sering menggunakan kedua istilah itu dalam makna yang sama, kadang-kadang disambungkan dengan kata “atau” –jurnalistik atau jurnalisme.

Secara harfiah, pengertian jurnalisme (berasal dari kata journal) yaitu catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari. Journal berasal dari istilah bahasa Latin, diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.

Di Indonesia, istilah “jurnalistik” dulu dikenal dengan “publisistik”. Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa.

Istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik. Publisistik juga digunakan untuk membahas ilmu komunikasi. (Wikipedia).

Pengertian Jurnalistik dan Jurnalisme menurut kamus
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

  • Jurnalisme yaitu “pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita dl surat kabar dsb; kewartawanan”
  • Jurnalistik artinya “yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran”.

Dari segi kata, jurnalisme berasal dari kata “jurnal” dan “isme”. Jurnal artinya laporan. Isme artinya paham atau ajaran. Jurnalistik berasal dari kata jurnal dan istik. “Istik” ini artinya “hal ihwal” atau “yang berkaitan dengan…”.

Jadi, arti asli “jurnalisme” adalah “paham jurnal” dan “jurnalistik” adalah “hal-ihwal tentang jurnal”.

Kata jurnalistik berasal dari bahasa Belanda: journalistiek. Maknanya, sama dengan pengertian di atas, yaitu penulisan dan penyampaian berita kepada publik  melalui saluran media.

Pada awalnya jurnalistik merujuk pada kegiatan pemberitaan atau publikasi di media cetak. Kini jenis-jenis jurnalistik meluas menjadi jurnalistik cetak (print jornalism), jurnalistik elektronik (electronic journalism), yakni jurnalistik radio dan televisi, serta jurnalistik onile (online journalism) atau cyber journalism. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Dapatkan Tips Komunikasi Praktis Lainnya via Email

About romeltea
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi, trainer, dan konsultan media. Profil lengkap di menu "My Profile". Karya tulis (buku) di menu "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romeltea

Kategori | Jurnalistik, Konsultasi



Tulis Komentar


Simpan File di Ziddu, Share, dan Dapatkan Duit!