Pengertian Komunikasi Publik

3764 views

komunikasi-publikKomunikasi Publik (Public Communication) adalah salah satu jenis atau bentuk komunikasi dari segi jumlah atau banyaknya komunikan (audiens) selain komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication), komunikasi antarpribadi (interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communcation), dan komunikasi massa (mass communication).

Komunikasi Publik dikenal dengan banyak nama atau istilah, seperti urusan publik (public affairs), informasi publik (public information), dan hubungan publik (public relation) atau humas (hubungan masyarakat).

Karena jumlahnya audiens yang banyak, komunikasi publik juga sering diidentikkan dengan komunikasi massa, padahal keduanya berbeda dari segi saluran (channel). Komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa (communicating with media).

Komunikasi publik lebih luas daripada komunikasi massa. Komunikasi massa ”hanya” menggunakan media massa, seperti suratkabar, majalah, website, radio, dan televisi.

Komunikasi publik lebih luas lagi. Selain menggunakan media massa, komunikasi publik juga menggunakan e-mail, blog, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Yahoo Messengger, Handphone (SMS), dan medium lain yang bisa menjangkau khalayak luas (banyak), seperti aksi demo, seminar, diskusi, dan sebagainya.

Komunikasi publik merupakan kombinasi antara hubungan dengan media masa (media relations), jangkauan komunitas (community outreach), komunikasi krisis (crisis communication), relasi pelanggan (customer relations), perencanaan acara (event planning), komunikasi risiko (risk communication).

Pengertian Komunikasi Publik

Secara bahasa, komunikasi publik artinya penyampaian pesan kepada orang banyak.

Komuniksi artinya penyampaian pesan (ide, pemikiran, informas). Publik artinya orang banyak (umum); semua orang yang datang (menonton, mengunjungi, dan sebagainya) (KBBI).

Secara praktis, komunikasi publik terjadi ketika individu dan kelompok terlibat dalam dialog di ruang publik untuk menyampaikan pesan kepada khalayak tertentu. Peristiwa berbicara di depan umum (public speaking), editorial surat kabar, dan iklan billboard adalah beberapa bentuk komunikasi publik.

Public communication happens when individuals and groups engage in dialogue in the public sphere in order to deliver a message to a specific audience.Public speaking events, newspaper editorials and billboard advertisements are a few forms of public communication.

Komunikasi Publik adalah penyampaian pesan (message), berupa ide atau gagasa, informasi, ajakan, dan sebagainya kepada orang banyak.

Sarananya, bisa media massa, bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau aksi demonstrasi, blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website/blog, e-mail, milis, SMS, surat, surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang bisa menjangkau publik.

Arni Muhammad dalam Komunikasi Organisasi (Jakarta: Bumu Aksara, 2008) mendefinisikan komunikasi publik dalam kontekkomunikasi organisasi. Menurutnya, komunikasi publik adalah “pertukaran pesan dengan sejumlah orang yang berada dalam sebuah organisasi atau yang di luar organisasi, secara tatap muka atau melalui media”.

Komunikasi Publik memerlukan keterampilan komunikasi lisan, tulisan, dan visual agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien.

Komunikasi publik yang dilakukan melalui lisan biasa disebut komunikasi pidato, retrorika, dan public speaking.

Komunikator dalam Komunikasi Publik

Komunikasi publik dapat diakukan oleh siapa pun, dapat pula dilakukan oleh seorang komunikator publik profesional.

Yang termasuk Komunikator Publik Profesional antara lain manager dan staf PR/Humas, wartawan, penyiar radio, presenter, penyaji ramalan cuaca, dan sebagainya.

Kecanggihan teknologi komunikasi saat ini membuat semua orang bisa melakukan komuniksi publik. Sekadar contoh, jika kita memposting sebuah komentar pada sebuah kolom komentar yang dapat diakses banyak orang, maka itu pun termasuk komunikasi publik.

Jika kita mengatakan sesuatu di ruang publik yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik.

Karakteristik Komunikasi Publik

Ciri utama Komunikasi Publik adalah berisi pesan yang penting diketahui publik –dikenal dengan informasi publik. Yang dikomunikasikan menyangkut urusan publik (public affairs) atau yang diharapkan menggugah orang banyak.

Sebagai contoh, mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji memilih jalur komunikasi publik –yakni melalui media massa– ketika ia membeberkan indikasi adanya makelar kasus di internal Polri.

Ciri komunikasi publik lainnya adalah komunikasi terjadi di tempat umum (publik), misalnya di auditorium, kelas, tempat ibadah (masjid, gereja) atau tempat lainnya yang di hadiri sejumlah besar orang.

Demikian pengertian komunikasi publik. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Definisi Komunikasi Publik Komunikasi Komunikasi Publik pengertian komunikasi publik

Related Post

  1. author
    adich6 years agoReply

    like this, me too

  2. author
    Deli Silmi Utammi Rahman KPI A III9 years agoReply

    like this ..
    makasii pak..

Leave a reply