Pengertian Digital Marketing dan 10 Skill Dasar untuk Sukses Bisnis Online

Digital Marketing
Digital Marketing Dasar (Image)

Digital markerting atau pemasaran digital adalah pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, terutama Internet.

Belajar skills digital marketing konon tak semudah yang dibayangkan. Meski begitu, Anda dapat memahaminya secara praktis lewat artikel di bawah ini!

Lewat skill digital marketing yang mumpuni, kita bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan bahkan mencapai target dalam waktu singkat!

Namun, semua hal tersebut tak dapat ditempuh secara singkat. Butuh waktu, niat, dan ujicoba mengingat strategi digital marketing perlu disesuaikan dengan kebutuhan pribadi.

Pengertian Digital Marketing

Secara garis besar, digital marketing atau pemasaran digital adalah upaya penggunaan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencarian, dan sebagainya untuk menjangkau konsumen.

Baca Juga

Jika Anda ingin mendalami skill digital marketing, adaptasi dan intensitas mengikuti tren di internet adalah kunci dalam keberhasilan.

Tak cuma itu, masih ada 10 skill digital marketing lainnya yang terbagi berdasarkan soft skill dan hard skill di bawah ini. Apa saja, kira-kira? Yuk, simak!

Digital Marketing

10 Skill Digital Marketing

Soft Skills

1. Etos Kerja Keras

Skill digital marketing yang pertama, etos kerja keras, mungkin terdengar umum. Tapi jangan salah, kemampuan ini penting banget lho!

Selama proses penerapan strategi digital marketing, mungkin Anda akan menemukan sejumlah halangan baik dari kompetitor, perubahan pasar, dan lain-lain.

Nah, ketika kondisi tersebut menggempur, satu hal yang mesti dilakukan adalah terus berusaha dan tidak menyerah. Di sinilah, etos kerja keras sangat dibutuhkan

2. Kerja Sama dalam Tim

Bagaimana mungkin sebuah strategi dapat berjalan dengan baik, jika Anda tak mampu berbaur dengan anggota lainnya?

Kerja sama dalam tim bisa menjadi faktor krusial sukses atau tidaknya teknik pemasaran. Semakin kompak, semakin mulus pula strategi dan persepsi yang dibangun.

Wajar jika perbedaan pandangan kerap terjadi. Namun lewat diskusi dan bertukar pikiran, hal-hal tersebut seharusnya bisa diselesaikan dengan baik.

3. Kemampuan Multitasking

Salah satu skill digital marketing yang perlu ada dewasa ini adalah multitasking alias kemampuan untuk menggarap sejumlah pekerjaan dalam satu waktu.

Saat sedang menggarap konten media sosial misalnya, Anda juga diminta menyelesaikan laporan bulanan oleh atasan. Maka dari itu, cobalah untuk membiasakan multitasking dari sekarang.

4. Belajar dari Banyak Orang

Kejarlah ilmu sampai ke batas cakrawala. Ya, ungkapan tersebut mengingatkan kita bahwa sampai kapan pun, belajar dan memperluas wawasan tak boleh berhenti.

Kita tak akan pernah tahu dari mana ilmu akan datang. Berangkat dari situ, biasakan untuk membuka pikiran akan hal-hal menarik dan edukatif di luar sana. Tak rugi, kok!

5. Penasaran akan Banyak Hal

Ada begitu banyak aspek dalam digital marketing yang menarik untuk dibahas. Jika terus-terusan bersikap acuh, kelak kita sendiri yang bakal merugi!

Rasa penasaran yang tinggi akan banyak hal, bisa jadi pemicu dirimu untuk belajar sampai benar-benar paham.

Hard Skill

Hard Skill
Hard Skill (ML)

6. Content Marketing

Salah satu aspek krusial dalam pemasaran digital adalah konten. Semakin kreatif dan berkaitan dengan kebutuhan pasar, semakin banyak pula traffic yang dikumpulkan!

Konten dapat berbentuk copywriting, video, desain, dan sebagainya. Selain kreatif, tonjolkan pula aspek lainnya seperti edukatif, informatif, dan lain-lain.

7. SEO & SEM

Sudah merasa membuat konten bagus, tapi hasilnya tetap nihil di mesin pencarian? Bisa jadi Anda lupa dengan SEO dan SEM!

Search Engine Optimization (SEO) adalah Search Engine Marketing (SEM) adalah upaya mengoptimasi konten agar tampil secara optimal di mesin pencarian dan media sosial.

SEO dan SEM bakal menginformasikan seluruh strategi digital dalam bentuk data serta konten. Tugas kita selanjutnya adalah melakukan pemasaran berdasarkan pegangan data tersebut.

8. Google Analytics

Setelah membuat konten, lalu optimasi menggunakan SEO dan SEM, kini saatnya memantau perkembangan menggunakan Google Analytics. Sudah pernah mencoba sebelumnya?

Pengoperasian Google Analytics cukup mudah. Cobalah untuk mempelajari perilaku konsumen dan menerapkannya sebagai solusi baru untuk meningkatkan traffic dan konversi.

9. Produksi Konten Video

Secara pemasaran, video berpotensi meningkatkan peluang traffic untuk berada di peringkat teratas. Tak heran jika dari dulu, produk audiovisual amat menarik di mata masyarakat.

Selain itu, lebih dari 80 persen pelanggan lebih cenderung membeli produk setelah melihatnya secara terperinci dalam video. Patut dicoba!

10. Menyusun Data Lewat Excel

Setidaknya, Anda harus bisa melakukan fungsi dasar di Excel. Data-data kantor yang banyak dan berserakan, perlu dirapikan agar lebih efisien lewat aplikasi tersebut.

Biasakan menaruh, menyusun dan menyimpan data lewat Microsoft Excel atau aplikasi sejenisnya. Kelak jika membutuhkan data lama, Anda dapat mengaksesnya secara praktis.

Digital Marketing Chart With Keywords And Icons Sketch Stock ...

Itu tadi penjelasan soal 10 skill digital marketing dari aspek soft skill dan hard skill yang penting untuk dipelajari. Sudah siap meningkatkan strategi dan promosi bisnis Anda?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *