11 Manfaat Tanaman Hias

Tanaman hias tidak hanya mempercantik ruangan, tapi juga ada manfaat bagi kesehatan. Artikel ini membahas manfaat tanaman hias atau berkah memelihara tanaman.

11 Manfaat Tanaman Hias

SEJAK saya punya “studio podcast” –tepatnya menyulap ruang kerja menjadi studio rekaman podcast dan vlog, saya mencari cara untuk memperindah ruangan (dekorasi indoor).

Selain menggunakan striker dinding wallfoam dan busa peredam suara, saya juga mencari tanaman hias dalam ruangan (indoor). Saya suka warna hijau, bunga berdaun rindang atau rimbun, agar tampak alami dan segar.

Saya coba tanaman hias Bunga Lily yang katanya mampu menyerap udara kotor. Ternyata, bunga Lily harus sering juga keluar ruangan untuk disiram dan kena sinar matahari.

Saya coba lagi beli tanaman hias pengusir nyamuk, yaitu Bunya Lavender. Eh, malah mati, gak bisa ngerawatnya sih. Lalu saya terus mencari, ubek-ubek toko online, termasuk membeli tanaman hias plastik artifisial.

Ah, bunga plastik mah gak alami, gak bikin segar udara! Saya ingin yang alami, benar-benar tanaman hias atau bunga alami, beneran!

Akhirnya, saya menemukan tanaman hiar Bambu Hoki alias bambu keberuntungan (lucky bamboo). Saya suka hijaunya, rimbunnya.

Setelah “riset online”, ternyata Bambu Jepang ini dipercaya sebagian kalangan sebagai pembawa keberuntungan alias hoki –makanya disebut bambu hoki atau lucky bamboo dan disebut juga Bambu Sri Rezeki atau Pembawa Rezeki.

Wah! Asyik dong!

Selain itu, manfaat lain tanaman hias bambu hoki ini adalah membuang “energi negatif” dan masih banyak lagi –menurut kepercayaan sebagian kalangan.

Terlepas dari “mitos” yang ada, saya suka bambu hoki ini karena kemudahan menanam dan merawatnya. Cukup disimpan dalam vas berisi air, simpan di ruangan tertutup, hindari sinar matahari langsung, simple!

Nah, kegampangan perawatan plus bisa disimpan dalam ruangan tertutup inilah yang membuat saya jatuh cinta pada tanaman hias bambu hoki ini. Semoga bener juga mendatangkan rezeki dan membawa keberuntungan. Amin!

Ini tanaman hias bambu hoki yang saya punya. Beli 35K per 10 batang di toko online.

tanaman hias bambu hoki
Tanaman hias bambu hoki.

11 Manfaat Tanaman Hias

Untuk meyakinkan diri bahwa saya berada di jalan yang benar mulai mencintai dan mengoleksi tanaman hias, saya coba “Googling” tentang manfaat tanaman hias khususnya tanaman bunga dalam ruangan (indoor).

Secara umum, tanaman hias bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ maupun mental. Diberitakan Detik, tanaman hias dapat membantu meningkatkan kadar oksigen serta mengurangi berbagai polutan dan racun di udara.

Debu-debu bisa ditangkap melalui tanaman yang memiliki peran “fitoremediasi”, yaitu berfungsi menangkap polutan mengganggu di lingkungan sekitar tanpa perlu membuangnya di tempat lain.

Berikut ini manfaat tanaman hias selengkapnya.

1. Membantu Bernapas

Tanaman hias membantu bernafas karena menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Contoh tanaman hias yang cocok yaitu anggrek, sukulen, dan bromeliad.

Sukulen cocok untuk hiasan di rumah, karena bisa menyimpan air di tanaman tersebut dalam jangka yang lama dan tanpa membutuhkan sinar matahari.

2. Membantu Mencegah Penyakit

Boston fern atau pakis boston, cemara, dan tanaman laba-laba adalah tanaman hias yang berfungsi menambah kelembaban.

Menurut penelitian dari Norwegia, tanaman hias yang ada di dalam ruangan dapat mengurangi timbulnya kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

Sumber penyakit mulanya juga bisa datang dari pikiran. Nah, pakis boston ini bisa membantu kelembaban di lingkungan rumah, tanpa dipetik bisa memberikan manfaat kepada kita.

3. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Tanaman hias yang cukup populer lainnya yaitu lidah mertua (Sansevieria) atau laba-laba (Chlorophytum comosum). Tanaman ini dipercaya dapat mengurangi kecemasan dan stress.

Hanya dengan menarik napas dalam-dalam, sambil menyiram tanaman hias setiap hari, bisa cukup menangkal kecemasan dan stres!

Selain tiga manfaat tanaman hias di atas, saya kutipkan manfaat tanaman hias dari laman Hello Sehat berikut ini.

4. Membantu mengurangi stres

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman hias dalam rumah atau kantor dapat membuat Anda lebih nyaman dan tenang.

5. Membantu agar lebih fokus

Meskipun penampilannya serupa, manfaat merawat tanaman hias ternyata lebih baik bagi tubuh daripada sekadar menaruh tanaman palsu (bunga plastik/artigisial) sebagai pajangan.

Hasil studi yang diterbitkan International Journal of Environmental Research and Public Health menunjukkan, siswa memiliki fokus yang lebih baik dan lebih mudah berkonsentrasi saat mereka berada di ruangan yang memiliki tanaman yang hidup.

6. Membantu mengatasi beberapa gangguan mental

Manfaat tanaman hias lain dan tanaman pada umumnya adalah sebagai terapi untuk mengatasi masalah kejiwaan.

Menurut studi dari Cambridgeshire and Peterborough NHS Foundation, memelihara tanaman dapat membantu memperbaiki suasana hati pada penderita depresi, demensia, anxiety, dan gangguan mental lainnya.

7. Membantu proses pemulihan setelah sakit

Setelah sakit, Anda mungkin tidak bisa langsung memelihara tanaman. Akan tetapi, jangan khawatir, ternyata dengan melihatnya saja sudah cukup membantu proses pemulihan tubuh!

Hal ini dibuktikan melalui sebuah riset sederhana yang dilakukan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine terhadap beberapa pasien yang baru saja menjalani operasi.

Hasilnya menunjukkan, mereka yang melihat tanaman saat masa pemulihan, ternyata memiliki kondisi yang lebih cepat stabil daripada yang tidak melihat tanaman.

8. Meningkatkan produktivitas kerja

Studi yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology mengungkapkan, karyawan yang bekerja di kantor yang terdapat tanaman hidup, lebih jarang jatuh sakit.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan di Belanda dan Inggris, menaruh tanaman di lingkungan kerja dapat meningkatkan produktivitas sebanyak 15%.

9. Meningkatkan kreativitas karyawan

Sebuah riset yang diterbitkan pada Personality and Social Psychology Bulletin menyatakan, karyawan lebih mampu mengerjakan pekerjaan kreatif bila melihat ke arah tumbuhan sekitar 2 detik sebelum bekerja.

Selain meningkatkan kreativitas, rasa nyaman yang bisa diberikan oleh tanaman dapat mengoptimalkan konsentrasi dan rasa percaya diri serta mengurangi stres.

10. Membantu membersihkan udara

Udara yang Anda hirup di luar dan di dalam ruangan bisa jadi mengandung polutan. Tidak hanya dari asap kendaraan, polutan bisa dilepaskan oleh barang-barang elektronik. Salah satu manfaat tanaman hias adalah membantu membersihkan udara dari gas-gas polutan tersebut.

11. Menyejukkan udara

Bila memelihara tanaman pembersih udara tidak memungkinkan, Anda bisa memilih jenis tanaman apa pun yang Anda sukai agar udara lebih sejuk.

Tumbuhan adalah penghasil oksigen. Begitu pun tanaman rumah yang ukurannya relatif kecil. Dalam proses fotosintesis, tanaman menyerap karbondioksida di lingkungan sekitarnya dan menghasilkan oksigen. Udara yang kaya oksigen akan membuat pernapasan Anda lebih baik.

Demikian manfaat tanaman hias dan tentu saja tanaman pada umumnya. Kata ustadz saya, menanam pohon atau tanaman sangan dianjurkan dalam Islam lho!

Ini salah satu dalilnya. Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah Saw bersabda: “Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman, kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia, atau binatang, melainkan (tanaman tersebut) menjadi sedekah baginya.” (HR Imam Bukhari).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.