Announcer Qualification: 10 Syarat Jadi Penyiar

  • Whatsapp

jadi-penyiar-itu-asyikJadi penyiar itu asyik lho! Saya sudah “share” melalui buku yang jadi ilustrasi posting ini.

Apa saja syarat jadi penyiar? Di bawah ini ulasannya.

Semua orang bisa jadi penyiar atau siaran. Namun, tidak semua orang mampu siaran dengan baik dan benar sesuai dengan karakteristik radio dan pendengar.

Penyiar adalah seorang profesional dalam arti memiliki keahlian atau ketermpilan khusus –yakni keterampilan komunikasi massa dalam hal ini komunikasi melalui radio.

Syarat Jadi Penyiar Radio

Berikut ini 10 syarat jadi penyiar radio. Seorang penyiar hendaknya memenuhi kualifikasi atau persyaratan sebagai berikut:

1. Suara Standar 

Baca Juga

Memiliki suara umum, tidak ada ”kelainan” dalam berbicara. Suaranya tidak aneh. Suara standar ini nanti “dibentuk” oleh visualisasi, teknik vokal, dan dibantu “mixer” agar terdengar “merdu” tanpa melupakan keaslian suara (natural).

2. Suka Ngomong

Bukan pendiam atau ”pelit kata”. Penyiar harus ”cerewet” dan sigap mengomentari apa pun dan menyuarakan apa pun yang terlintas di pikirannya.

3. Wawasan

Penyiar yang baik memiliki wawasan atau memiliki pengetahuan yang luas, ”tahu banyak dan banyak tahu”, mengikuti peristiwa, isu, atau berita terkini. Jangan sampai “kudet” 🙂

4. Hilangkan dialek

Dalam berbicara di radio, dialek atau logat kedaerahan harus hilang. Penyiar harus menggunakan “dialek nasiona”. Ini untuk siaran berita.

Kalau siaran biasa mah, misalnya request lagu, talkshow, bebas lah, dialek daerah dan campuran bahasa Indoneia dan daerah juga boleh. Bebas…!

5. Ramah

Penyiar harus friendly karena ia akan menjadi ”teman baik semua orang”, yaitu pendengarnya. Orang ramah disukai semua orang. Ia juga mewakili lembaga radionya.

6. Sense of Humor

Karena penyiar juga seorang “penghibur” (entertainer), maka ia harus humoris, suka bercanda. Minimal punya teka-teki atau bahan pembicaraan untuk membuat pendengar tertawa.

7. Sense of Music

Penyiar harus suka musik, lagu, bahkan mampu bernyanyi. Radio itu identik dengan musik, gudangnya lagu. Kecuali radionya “mengharamkan lagu”.

8. Sociable

Penyiar harus suka bergaul, luwes, fleksibel, mau dan mampu berbaur dengan orang banyak dan siap bekerja sama dengan tim.

Penyiar tidak bekerja sendiri, tapi ditopang “tim kerja” seperti programmer, produser, penulis naskah, dll.

9. Entertainer

Penyiar harus berjiwa penghibur, selalu berupaya menyengkan pendengar. Harus mampu berekspresi secara fleksibel terdepan mengikuti segala trend lifestyle & information.

10. Adaptable

Penyiar bagian dari team work. Ia tidak bekerja sendiria. Karenanya, ia harus luwes dan sanggup menyesuaikan diri (adaptable) dengan anggota tim dan situasi-kondisi, termasuk tuntutan program dan jadwal siaran yang berubah-ubah atau dijadwal tidak sesuai dengan keinginan.

Penyiar profesional, prinsipnya, harus siap ditugaskan siaran kapan dan pada program apa saja. Karenanya, ia juga harus memahami atau menguasai keseluruhan program siaran.

Demikian syarat jadi penyiar. Minat? Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

1 comment

  1. ya allah mudah”an sayaa mampu utk mnjadii apa yg saya impikan slama inii ..
    terlihat susah tapii saya akan teruz belajar sampai saya bisa dan sampai kapan pun akan teruz belajar ..
    alhamdulillah ya allah ..
    makasii banyak iia pak ..
    maaf saya comment smua tulisan” bpak ..
    tiap udah baca tulisan” bapak,,slalu ingin nulis di kolom yg sudah disediakan ..
    hhhheeeee