RBS, Tempat Kursus Penyiar Radio dan MC di Bandung

  • Whatsapp

penyiar siaran radio

Kursus merupakan cara terbaik untuk menjadi penyiar radio, presenter televisi, MC (Master of Ceremony), sekaligus bisa membuat podcast atau menjadi podcaster profesional.

Kursus penyiar radio akan membuat Anda bisa siaran radio dengan baik. Jika bisa siaran dengan benar, maka akan otomatis bisa pula menjadi MC (Master of Ceremony), moderator, dan public speaker (pembicara/pemateri) atau jago public speaking, serta menjadi podcaster atau membuat podcast.

Maksud saya begini. Ikut kursus penyiar radio tidak harus bertujuan menjadi penyiar. Pasalnya, ilmu dan teknik siaran radio itu juga bisa menjadi bekal penting untuk profesi presenter, MC, public speaker, dan minimal bisa membuat podcast atau jadi podcaster.

Tempat Kursus Penyiar Radio di Bandung

Dulu ada beberapa tempat kursus penyiar radio di Bandung, termasuk yang saya dirikan dan/atau saya kelola.

Saat berhenti jadi penyiar Radio Antassalam FM (2000-2007), saya mendirikan lembaga kursus penyiar Semai Broadcast. Tempatnya di sebuah Ruko di Kompleks MTC, samping Metro Indah Mall (MIM).

Baca Juga

Tidak sampai setahun, seingat saya hanya dua angkatan, Semai Broadcast harus berhenti karena ruang kelasnya dipakai sang pengelola gedung.

Setelah itu, saya jadi penyiar Radio Shinta FM. Di sana saya juga mendirikan lembaga kursus penyiar Shinta Broadcasting School (SBS) bersama manajemen Shinta FM. Cukup lama SBS berjalan, antara 2008-2012.

SBS berhenti ketika Radio Shinta “beralih manajemen” ke New Shinta (2012). Setelah itu saya dirikan lagi kursus penyiar Batic Broadcast bersama Balai Jurnalistik ICMI Jabar (BATIC) pada 2013. Kelasnya di salah satu ruangan Gedung Bumi Madani, Jl. Cikutra, Bandung.

Batic Broadcast seingat saya tidak sampai setahun. Seingat saya hanya dua angkatan (dua kelas). Setelah itu sang pengelola yang eks penyiar Radio Shinta sudah diterima di radio lain. Batic Broadcast pun terbengkalai dan tutup.

Kursus Penyiar RBS

Pada 2014, saya diajak seorang eks kru Shinta FM merapat ke Radio Komunitas di kawasan Ujungberung. Namanya Maja FM. Nama “Maja” diambil dari nama curug di samping studio, Curug Maja.

Saya menjadi semacam “konsultan”. Saya usulkan nama Maja FM diubah menjadi Radio Komunitas Seni dan Budaya (RKSB). Alasannya, nama Maja FM sudah ada di kota lain. Jadilah namanya RKSB FM sejak akhir Desember 2014.

Lama tidak ke Curug Maja dan tidak bersentuhan dengan dunia siaran radio, sejak awal Desember 2020, saya kembali “mendapatkan panggilan” untuk ke Maja FM.

Radio komunitas ini sudah mendapatkan izin resmi sebagai radio komunitas di Kota Bandung. Namanya juga berubah lagi menjadi RKSB Maja FM 107,8 Mhz Bandung.

Bersama manajemen RKSB Maja FM ini, saya kembali menghadirkan Tempat Kursus Penyiar Radio di Bandung. Saya bikin RBS, singkatan dari RKSB Maja FM Broadcasting School.

Alamat RKSB Maja FM/RSB di Jl. Rd Hasantapura, Curug Maja, Babakan Teureup, Keluragan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Websitenya: www.rksbmajafm.com

Di tempat kursus penyiar radio di Bandung yang baru ini saya harap bisa berbagi pengetahuan dan keterampilan siaran radio dan podcasting. Podcast adalah “the next generation of radio” kata Steve Jobs.

Tentu, bukan saya saja yang jadi instruktur, tapi –sebagaimana lembaga kursus penyiar sebelumnya– saya melibatkan banyak penyiar atau broadcaster profesional dari radio-radio papan atas Kota Bandung.

Ada embel-embel MC dan Podcaster di brosur RBS. Maksudnya selain menjadi penyiar, peserta kursus nantinya diharapkan bisa pula menjadi MC dan podcaster. Atau jika tidak jadi penyiar, minimal jadi MC dan membuat podcast.

Kursus Penyiar Radio RKSB Maja FM Bandung

Daftar Online
Link: Formulir Pendaftaran 

 

Kurikulum: Belajar Apa di RBS?

Radio Announcing Skills atau keterampilan siaran radio menjadi materi pokok RBS. Peserta dipandu untuk menguasai teknik siaran radio.

Materi lainnya yang disiapkan antara lain publik speaking, teknik MC, dan podcasting. Praktik langsung di ruang siaran menjadi “nilai tambah” di RBS.

MATERI POKOK KURSUS

  • Teknik Dasar Siaran (Basic Announcing)
  • Siaran Kata: Script Writing & Script Reading
  • Jurnalistik Radio: Reporting, News Writing, News Presenting/News Reading
  • MC
  • Public Speaking
  • Podcasting

Daftar Online

Minat ikut kursus di RBS? Anda bisa daftar online di link berikut ini: Formulir Pendaftaran 

Werrrr….. ah!

 

Related Posts

Leave a Reply