Apa Sih Pengertian Jurnalistik Immersion?

830 views

kamus jurnalistikAssalamu’alaikum Kang, mau nanya, apa sih arti jurnalistik immersion. Wassalamu’alaikum.

Jawab: Wa’alaikum salamu’alaikum wr. wb. 

Jurnalistik (jurnalisme) immersion disebut juga teknik immerse reporting, yaitu gaya peliputan dan pemberitaan dengan cara reporter seakan-akan “menyusup” dalam peristiwa yang sedang diliputnya atau berita yang ditulisnya.

Sang jurnalis immerse (berbaur) dengan lingkunga sekitar kejadian agar dapat lebih mengdalaminya dan menghasilkan laporan jurnalistik yang realistis dan “objektif”.

Immersion/Immerse secara harfiyah artinya larut atau lebur. Maka, jurnalistik immersion merujuk pada sikap wartawan yang larut dalam peristiwa yang diliputnya, sehingga “memunculkan keberpihakan” pada berita yang ditulisnya.

Jurnalistik demikian disebut juga Journalism of Attachment atau Jurnalisme Keterikatan. Dalam hal ini, wartawan merasa simpati pada pihak tertentu yang menjadi korban ketidakadilan atau kezaliman.

Misalnya, wartawan peliput perang di Palestina simpati pada penderitaan Muslim Palestina sehingga beritanya (sengaja atau tidak) “memihak” Muslim Palestina.

Dalam Wikipedia disebutkan,  jurnalisme immersion adalah gaya jurnalisme yang mirip dengan “gonzo journalism”, yaitu gaya jurnalisme yang “merinci pengalaman individu” dari perspektif sangat pribadi.

Seorang individu akan memilih situasi dan “membenamkan diri” dalam peristiwa yang diliputnya dan “menyatu” dengan orang-orang yang terlibat.

Para pengeritik jurnalisme immersion kadang-kadang menyebutnya “stunt journalism”,  jurnalisme “aksi” layaknya “pemeran pengganti” (stuntman), yakni hanya “turis bermain” dalam kehidupan (seperti  tragedi) dari orang lain. Wallahu a’lam. (www.romeltea.com).*

 

Jurnalisme Jurnalisme Immersion Jurnalistik Jurnalistik Immersion

Related Post

Leave a reply