Biaya Membuat Website: Gratis Hingga Jutaan Rupiah

2410 views

biaya membuat website

Posting tentang biaya membuat website ini saya buat karena belakangan sering menerima email berisi pertanyaan tentang biaya pembuatan website atau blog.

Kang, berapa biaya membuat web? Bikin media online berapa harganya? Mau dibuatkan blog berapa harganya? Begitu kira-kira.

Biasanya saya jawab, harga jasa membuat website atau blog itu relatif, antara nol rupiah alias gratis hingga jutaan rupiah.

Bahkan, dulu pernah diberitakan anggota DPR yang menganggarkan pembuatan website DPR senilai Rp 9,7 miliar! Gelo!!!

Membuat website itu mudah dan murah, bahkan gratis. Tinggal maunya (niat) dan meluangkan waktu.

Anda bisa bikin website pribadi (personal web) –biasa disebut blog– di Blogger atau WordPress. Gratis! Tinggal beli/sewa domain seharga 100-200 ribuan per tahun jika ingin menggunakan nama domain (domain name) sendiri.

Masalahnya, bagaimana jika ingin dibuatkan orang lain? Berapa biayanya? Harga jasa pembuatan web itu berapaan?

Jika Anda Googling dengan kata kunci “biaya membuat website”, maka akan banyak muncul situs penyedia jasa pembuatan web. Umumnya sih webhosting provider (penyedia domian dan hosting) atau perusahaan jasa website development.

Harga yang ditawarkan bervariasai, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung biaya hosting dan jenis webnya.

Jadi, berapa tepatnya biaya membuat website? Kuy, kita ulas!

Rincian Biaya Membuat Website

Tadi, di atas, saya bilang, biaya membuat website/blog itu relatif, antara nol rupiah alias gratis hingga jutaan rupiah. Kita bahas.

Namun, ada biaya yang wajib dikeluarkan, yakni sewa nama domain, jika Anda akan membuat website dengan nama domain sendiri.

Berikut ini rincian biaya membuat website:

1. Domain

Langkah pertama dalam membuat website adalah memilih nama domain dan membelinya. Harga domain sangat beragam. Top Level Domain (TLD) yang banyak digunakan adalah .com, .co.id, .id, .net, dan .org. Harga sewa domain per tahun umumnya antara Rp 100-150 ribu.

Domain umumnya gratis jika Anda memilih paket tertentu di provider domain & hosting seperti Qwords atau Niagahoster.

2. Web Hosting

Website yang dibuat dengan CMS WordPress misalnya membutuhkan web hosting untuk menyimpan file-file yang membangun website serta kontennya, seperti teks, foto, video, dan sebagainya.

Harga sewa hosting beragam, mulai Rp250 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung kapasitas dan fiturnya. Harga paket hosting standar untuk website pribadi di kisaran Rp 500-900 ribu per tahun.

Anda bisa coba Business Cloud Hosting.



3. Desain

Desain website banyak yang gratis. Tinggal pasang. Namun, untuk desain web yang bagus, tentu membutuhkan desain tema (theme) berbayar. Harga tema premium di kisaran Rp300-600 ribu.

Selain tema atau template web, ada juga biasa setting. Apalagi jika ada permintaan fitur tambahan, seperti membership, forum diskusi, dan sebagainya.

4. Konten

Membuat website itu mudah dan cepat. Yang susah adalah mengisinya (membuat konten), baik berupa berita, artikel, ataupun konten lain.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan konten menarik mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Sangat tergantung dari jumlah konten yang ingin dikembangkan.

Saat ini banyak jasa pembuat konten atau jasa menulis artikel. Harganya di kisaran R 100-500 ribu per tulisan. Anda tidak memerlukan jasa konten jika bisa menulis sendiri atau mengisi website sendiri.

5. SEO

Sebuah website juga membutuhkan pengoptimalan mesin pencari yang dikenal dengan istilah SEO. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembaca web.

Desain dan konten website harus dioptimalkan SEO-nya agar bisa cepat dirambah, diidendeks, dan diperingkat oleh mesin pencari khususnya Google. Crawling, Indexing, dan Ranking itulah yang menjadi sumber pengunjung atau trafik web.

Daftar Harga Pembuatan Website

1. Harga Nol Rupiah (Rp0) alias Gratis.

Anda tidak perlu keluar biaya untuk membuat website atau blog, baik web pribadi maupun blog organisasi, yayasan, sekolah, toko online, bahkan media online.

Harga membuat website nol rupiah ini berlaku jika Anda membuat website di platform blog gratis seperti blogger.com dan wordpress.com. Contohnya: blogromeltea.blogspot.com dan romeltea.wordpress.com

Itu juga website namanya, meski lebih dikenal dengan sebutan blog. (Baca: Perbedaan Website dan Blog).

Saya juga sering membuatkan website teman dengan harga nol rupiah, meskipun sang teman suka bayar juga “dengan cara lain”.

Beberapa kali pula membuatkan website lembaga dan perusahaan dengan “biaya standar” 1-3 jutaan. Ada lembaga pendidikan yang hingga kini belum bayar 2,5 juta untuk pembuatan websitenya. Gak saya tagih, biar aja, ikhlaskan!

2. Rp15 – 250 Ribu 

Biaya membuat website antara Rp15.000 hingga Rp250 ribu ini berlaku jika Anda membuat web gratis di Blogger dan WordPress, namun menggunakan nama domain sendiri (Custom Domain).

Misalnya, saya bikin web dengan nama Romeltea Media dan alamat www.romelteamedia.blogspot.com, lalu saya gunakan nama domain sendiri, sehingga nama domain dan alamat webnya berubah menjadi www.romelteamedia.com.

Harga 15-250 ribu itu untuk membeli/menyewa nama domain (domain name). Biaya sewa domain per tahun sekitaran itu, meski ada juga yang harga sewa domain yang mencapai Rp1,8 juta.

Silakan Anda cek harga domain.

Jika menggunakan nama domain sendiri, Anda harus membayar sewa domain itu per tahun.

3. Rp300 – 500 Ribu 

Biaya Membuat Website antara 300 ribu hingga 500 ribu rupiah ini berlaku jika Anda menggunakan jasa pembuatan website dan menggunakan hosting gratis di Blogger.

Rinciannya, 150.000 untuk biaya sewa domain dan sisanya untuk jasa pembuatan website, mulai dari Custom Domain (memasangkan domain), pemilihan tema/template yang cocok dan bagus, hingga pengoptimalan mesin pencari (SEO standar).

Harga pembuatan website dengan Blogger ini bisa lebih dari 500 ribu (misalnya hingga Rp3 juta), jika ada permintaan desain khusus (edit template) serta tambahan pembuatan konten atau isi web, misalnya profil, visi misi, dan konten lainnya.

Jika yang membuatkan websitenya teman Anda, mungkin harganya cuma 150 ribu (untuk menyewa nama domain doang), karena sewa domainnya tidak kepada teman Anda itu, tapi ke piha ketiga (domain provider).

4. Rp500 – 1 Juta

Biaya Membuat Website Rp500 ribu hingga tiga jutaan rupiah ini berlaku jika Anda membuat website sediri dengan menggunakan open source CMS WordPress, Joomla, atau Drupal.

Rinciannya, Rp150.000 untuk sewa domain, sisanya untuk sewa hosting. Paket webhosting itu bervariasi, antara Rp350 ribu hingga jutaan rupiah per tahun.

Contoh Daftar Harga Domain & Hosting 

(Klik Gambar untuk Order Domain & Hosting)
Hosting Unlimited Indonesia

Hosting Unlimited Indonesia

5. Rp1 – 3 Juta

Biaya membuat website antara 1 – 5 juta ini berlaku jika Anda membuat website dengan CMS WordPress atau Open Source CMS lainnya dan dibuatkan orang lain (jasa pembuatan website).

Harga tersebut untuk pembelian nama domain, penyewaan webhosting, dan desain atau pembuatan web (website development). Harga domain dan hosting harus dibayar per tahun setelahnya. Biaya desain atau pembuatan web hanya sekali.

Jika Anda menggunakan jasa saya untuk membuat website dengan CMS WordPress, saya pasang “harga promosi” Rp2 juta, dengan rincian Rp500 untuk sewa domain+hosting standar, sisanya (1,5 juta) untuk biaya setting, desain, atau pembuatan webnya, sudah termasuk SEO standar agar web Anda mudah dan ceat terindeks mesin pencari (khususnya Google).

6. Rp3 – 10 Juta

Harga atau biaya membuat website 3-10 juta ini berlaku untuk jasa pembuatan website profesional, organisasi, perusahaan, atau lembaga dengan menggunakan jasa pembuatan web profesional dan tidak menggunakan Open Source CMS gratisan seperti WordPres (WP) alias “nyekrip” sendiri.

Biaya pembuatan website bisa lebih dari Rp10 juta, tapi tidak akan sampai ratusan juta apalagi miliaran rupiah.

Taksiran saya, sekaligus kesimpulan postingan ini, harga atau biaya membuat website itu nol rupiah hingga paling mahal Rp10 juta. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Biaya Website desain web Desain Website Harga Website Membuat Web Website

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply