Manfaat Blog untuk Personal Branding

314 views

personal brandingPersonal branding merupakan salah satu manfaat blog, selain kegunaan lain seperti media ekspresi dan berbagi (sharing) pengalaman dan pengetahuan.

Ekspresi dan berbagi sebenarnya juga bagian dari personal branding. Dengan menuliskan pemikiran, gagasan, atau pengetahuan, seorang blogger sudah menunjukkan siapa dirinya, karakternya, keahliannya, hobinya, serta minat dan bakatnya (passion).

Saya yakin, Anda yang sering berkunjung ke blog romeltea.com ini, bisa menebak siapa adminnya, bahkan sebelum membaca halaman “About” yang berisi profil singkat saya.

Blog ini memang menjadi sarana personal branding saya.

Berkah dari blog ini, selain mendapatan uang dari AdSense dan Conten Placement, saya juga sudah banyak mendapatkan undangan menjadi pemateri pelatihan jurnalistik, manajemen media, training public speaking, pelatihan kehumasan, dll.

Pengertian Personal Branding

Personal artinya pribadi. Brand artinya merek. Branding artinya mempromosikan merek. Maka, secara harfiyah, personal branding artinya mempromosikan merek pribadi, yakni nama serta keunikan karakter, kepribadian (personality), dan keahlian yang dimiliki.

Menurut Wikipedia, pengertian personal branding adalah “…the practice of people marketing themselves and their careers as brands.” Waduh, apa terjemahannya yang tepat ya?

Intinya, blog itu merupakan salah satu sarana memperkenalkan diri, promosi diri, dan “jual diri”.

Dengan punya blog dan sering update, orang-orang bakalan tahu kompetensi kita, integritas kita, wawasan kita, dan banyak hal tentang kita. Itulah personal branding!

Branding di blog berbeda dengan di media sosial yang cenderung “narsistis” atau ingin dipuji atau dianggap hebat alias “pupujieun”. Bisa riya’ lho! 🙂

Mengutip karya ilmiah, personal branding adalah sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu ide cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain.

Personal Branding adalah segala sesuatu yang ada pada diri anda yang membedakan dan menjual, seperti pesan Anda, pembawaan diri, dan taktik pemasaran. (Kupta).

Personal Branding adalah sebuah seni dalam menarik dan memelihara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif. (Montoya, 2006).

Elemen Personal Branding

Menurut (Montoya & Vandehey, 2008), personal branding terdiri dari tiga elemen utama:

1. You

Anda sendiri. Kita dapat melakukan personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang disusun untuk menyampaikan kepribadian, keahlian dan kualitas, melalui dua hal penting kepada publik:

  1. Siapakah diri kita sebagai pribadi?
  2. Spesialisasi apa yang kita kuasai dan lakukan?

2. Promise.

Personal Brand adalah sebuah janji, sebuah tanggung-jawab untuk memenuhi harapan yang timbul pada masyarakat akibat dari personal brand itu sendiri.

3. Relationship.

Sebuah personal branding yang baik akan mampu menciptakan suatu relasi yang baik dengan klien.

Ketiga elemen personal branding itu bisa kita bangun melalui blogging. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, buat blog sekarang dan promosikan diri Anda, eksiskan diri Anda, kecuali Anda ingin menjadi misterius atau tidak eksis di dunia maya. Wasalam.  (www.romeltea.com).*

 



Blog Blogging Personal Branding

Related Post

  1. author
    okty6 years agoReply

    MANTEBBBB

Leave a reply