Manfaat Blog untuk Personal Branding

  • Whatsapp

personal brandingPersonal branding merupakan salah satu manfaat blog, selain kegunaan lain seperti media ekspresi dan berbagi (sharing) pengalaman dan pengetahuan.

Ekspresi dan berbagi sebenarnya juga bagian dari personal branding.

Dengan menuliskan pemikiran, gagasan, atau pengetahuan, seorang blogger sudah menunjukkan siapa dirinya, karakternya, keahliannya, hobinya, serta minat dan bakatnya (passion).

Saya yakin, Anda yang sering berkunjung ke blog romeltea.com ini, bisa menebak siapa adminnya, bahkan sebelum membaca halaman “About” yang berisi profil singkat saya.

Blog ini memang menjadi sarana personal branding saya.

Baca Juga

Berkah dari blog ini, selain mendapatan uang dari AdSense dan Conten Placement, saya juga sudah banyak mendapatkan undangan menjadi pemateri pelatihan jurnalistik, manajemen media, training public speaking, pelatihan kehumasan, dll.

Pengertian Personal Branding

Personal artinya pribadi. Brand artinya merek. Branding artinya mempromosikan merek. Maka, secara harfiyah, personal branding artinya mempromosikan merek pribadi, yakni nama serta keunikan karakter, kepribadian (personality), dan keahlian yang dimiliki.

Menurut Wikipedia, pengertian personal branding adalah “…the practice of people marketing themselves and their careers as brands.” Waduh, apa terjemahannya yang tepat ya?

Intinya, blog itu merupakan salah satu sarana memperkenalkan diri, promosi diri, dan “jual diri”.

Dengan punya blog dan sering update, orang-orang bakalan tahu kompetensi kita, integritas kita, wawasan kita, dan banyak hal tentang kita. Itulah personal branding!

Branding di blog berbeda dengan di media sosial yang cenderung “narsistis” atau ingin dipuji atau dianggap hebat alias “pupujieun”. Bisa riya’ lho! 🙂

Mengutip karya ilmiah, personal branding adalah sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu ide cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain.

Personal Branding adalah segala sesuatu yang ada pada diri anda yang membedakan dan menjual, seperti pesan Anda, pembawaan diri, dan taktik pemasaran. (Kupta).

Personal Branding adalah sebuah seni dalam menarik dan memelihara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif. (Montoya, 2006).

Elemen Personal Branding

Menurut (Montoya & Vandehey, 2008), personal branding terdiri dari tiga elemen utama:

1. You

Anda sendiri. Kita dapat melakukan personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang disusun untuk menyampaikan kepribadian, keahlian dan kualitas, melalui dua hal penting kepada publik:

  1. Siapakah diri kita sebagai pribadi?
  2. Spesialisasi apa yang kita kuasai dan lakukan?

2. Promise.

Personal Brand adalah sebuah janji, sebuah tanggung-jawab untuk memenuhi harapan yang timbul pada masyarakat akibat dari personal brand itu sendiri.

3. Relationship.

Sebuah personal branding yang baik akan mampu menciptakan suatu relasi yang baik dengan klien.

Ketiga elemen personal branding itu bisa kita bangun melalui blogging.

pengertian blog

Manfaat Blog Lainnya

Seperti disebutkan di awal, personal branding hanyalah satu dari sekian manfaat blog atau keuntungan ngeblog.

Berikut ini beberapa manfaat ngeblog sebagaimana dikutip dari Skill You Need.

1. Mengasah Keterampilan Menulis

Menulis adalah keterampilan yang sangat berharga. Meskipun ada sebagian yang menganggap penulis dilahirkan dengan bakat seperti itu, sebagian besar blogger akan menegaskan bahwa seni komunikasi dipelajari melalui latihan yang konsisten.

Ketika Anda secara konsisten membuat blog, Anda akan mulai lebih memperhatikan pilihan kata, struktur kalimat, nada, dan salinan tulisan.

Mempelajari cara menulis posting blog yang baik pasti akan menyempurnakan keterampilan menulis Anda dalam prosesnya.

2. Menjadi Pemikir yang Lebih Terorganisir

Menulis memberi Anda waktu untuk mengatur pikiran Anda serta memikirkan ulang, menyusun ulang, menghapus, mengedit, dan mengubah keyakinan Anda.

Itulah hal yang indah tentang menulis – ini memberi Anda waktu untuk menganalisis koherensi dan logika di balik pemikiran Anda.

Latihan ini pada akhirnya dapat menjadi bagian dari proses pemikiran mental Anda dalam kehidupan sehari-hari, menuntun Anda menjadi pemikir yang lebih baik.

3. Memiliki Outlet Emosional yang Sehat

Ini terutama benar jika Anda mencari blog untuk tujuan pribadi. Meskipun blog Anda mungkin tidak dimaksudkan sebagai “buku harian rahasia”, itu masih bisa berfungsi sebagai pelampiasan emosional.

Penelitian telah menunjukkan, menulis membantu orang sembuh secara emosional setelah mengalami pengalaman traumatis.

Sekalipun pengalaman Anda mungkin tidak dianggap traumatis, menulis dapat berfungsi sebagai cara untuk mengatasi kesulitan mental dan fisik dalam hidup.

4. Mengembangkan Kebiasaan yang Lebih Sehat

Blogging adalah aktivitas yang membutuhkan tingkat kedisiplinan, komitmen, dan waktu tertentu.

Tentu, Anda dapat mengabaikan blog Anda saat Anda menginginkannya, tetapi jika Anda memiliki tujuan dan ingin orang benar-benar mengunjungi blog Anda, Anda memerlukan beberapa derajat pengaturan dan manajemen waktu.

Bagian terbaiknya adalah penguatan positif. Semakin banyak orang mulai membaca, berkomentar, dan berbagi blog Anda, Anda akan semakin termotivasi.

Begitulah cara sebagian besar blogger amatir bertransisi menjadi blogger profesional penuh waktu.

5. Anda Akan Terkena Perspektif Lain

Dalam proses meneliti ide posting blog baru, blogger dihadapkan pada perspektif yang berbeda.

Mirip dengan berinteraksi dengan orang baru yang memiliki ide dan pendapat berbeda, blog membuka Anda untuk belajar dan memperluas wawasan Anda.

Dengan audiens Anda berpotensi menjadi seluruh internet, Anda memiliki bonus tambahan untuk menemukan budaya yang berbeda, cara hidup, proses berpikir, dan masalah kehidupan.

Hasilnya adalah Anda akan menjadi individu yang berpikiran terbuka dan berpengetahuan luas.

6. Dapat Membuat Perubahan dalam Kehidupan Orang Lain

Ya, Anda memulai sebuah blog tentunya dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.

Tidak peduli apa yang Anda diskusikan atau seberapa unik situasi Anda, selalu ada kemungkinan orang lain mengalami tantangan, dilema, atau situasi yang serupa.

Posting blog Anda dapat terhubung dengan pembaca pada tingkat intelektual atau emosional, membantu mereka mengatasi peristiwa traumatis, menginspirasi mereka untuk mencoba sesuatu yang baru, dan / atau membuat keputusan untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Jika Anda pakar finansial, Anda bisa membantu orang membuat keputusan keuangan yang lebih baik.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa potensi blog Anda tidak akan memenuhi syarat untuk “mengubah dunia”, bagi satu orang itu Anda mungkin telah menjadi katalisator untuk acara yang mengubah hidup, membuat semua perbedaan di dunianya!

7. Anda Akan Lebih Percaya Diri

Perlu membangun kepercayaan diri? Mulailah ngeblog, dan Anda mungkin mendapatkan apa yang Anda inginkan / butuhkan.

Ketika Anda membuat blog tentang topik yang menarik perhatian pembaca Anda dan mereka menanggapi Anda melalui komentar, email, atau jejaring sosial, Anda pasti akan mendapatkan aliran emosi positif.

Anda akan segera menyadari bahwa Anda memang memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan dan dibagikan kepada dunia, dan itu akan mendorong Anda untuk mengungkapkan pikiran Anda lebih sering.

8. Blogging dapat Menawarkan Peluang Baru

Blogging membuka peluang baru terutama karena blog dapat dibaca oleh siapa saja di dunia.

Siapa yang tahu siapa yang menemukan blog Anda? Jika Anda memiliki tujuan konkret sejak awal (misalnya menggunakan blog Anda sebagai resume atau menjadikan diri Anda sebagai ahli yang kredibel dalam suatu industri), maka Anda secara alami akan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diundang untuk berbicara di konferensi, menulis kolom untuk media besar, atau menetapkan diri Anda sebagai pemimpin komunitas.

Anda bahkan dapat menemukan karier yang Anda sukai dan lebih sesuai dengan keterampilan dan bakat Anda.

Terakhir, pekerjaan baru mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan blog Anda, tetapi seperti yang telah kita diskusikan di atas, blog dapat membantu Anda mengembangkan sejumlah keterampilan yang dapat ditransfer yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan profesional.

Misalnya, hampir semua perusahaan mencari keterampilan menulis, komunikasi, presentasi, pemikiran kritis, dan kepemimpinan – semua efek samping dari menulis blog. Perusahaan modern memerlukan contrent writer untuk pemasaran konten.

9. Potensi Menghasilkan Uang

Blogging untuk uang adalah salah satu topik terpanas hari ini, dan sebenarnya ini adalah ceruk yang penuh dengan peluang.

Anda bisa memulai blog dengan tujuan menghasilkan uang, tetapi Anda juga bisa memulai blog tanpa tanda dolar sekejap mata.

Apa pun titik awal Anda, bagaimanapun, ada potensi untuk menghasilkan uang.

Baik Anda menjual ruang iklan, merekomendasikan produk atau layanan, atau menjadi pekerja lepas, blog dapat menjadi penghasilan sampingan atau bisnis penuh waktu.

Selengkapnya: 28 Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, buat blog sekarang dan promosikan diri Anda, eksiskan diri Anda, kecuali Anda ingin menjadi misterius atau tidak eksis di dunia maya. Wasalam.  (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment