Cara Ganti Background OBS Studio Tanpa Ribet Menggunakan XSplit Vcam

  • Whatsapp

XSplit Vcam OBS Studio Background

Sebelum ke tutorial cara mengganti background atau latar belakang OBS Studio, kita ulas sedikit tentang apa itu OBS Studio.

Pengertian OBS dan Fungsinya

OBS Studio merupakan salah satu software atau aplikasi untuk membuat konten video. OBS dikenal luas di kalangan content creator video, termasuk Youtuber dan gamer, karena memiliki fitur dapat melakukan perekaman layar secara real-time.

OBS juga dapat digunakan untuk merekam layar laptop.

Dengan live menggunakan OBS, kita bisa merekam proses live dan dapat dijadikan konten Youtube. Anda bisa lihat video-video saya menggunakan OBS di kanal Youtube Romeltea Media.

Video Rekaman OBS Studio di Zoom Meetings + Webcam

 

OBS Studio adalah aplikasi video recording dan live streaming gratis. OBS –singkatan dari Open Broadcaster Software atau “perangkat lunak penyiar terbuka”– bisa digunakan saat Zoom Meeting, Webinar, Live Youtube, Facebook, Instagram, dll.

OBS Studio dapat meningkatkan kualitas video saat live di berbagai platform. OBS dimanfaatkan untuk mengoptimalkan video dan kualitas streaming secara real-time.

OBS dapat kita gunakan di perangkat dengan versi Windows 7, Mac OS X 10.10, Ubuntu 14.04 atau yang lebih baru.

Awalnya, OBS dikenal luas di kalangan gamer karena memiliki fitur dapat melakukan perekaman layar secara real-time. OBS dapat digunakan dengan dukungan kamera eksternal yaitu Web Kamera atau Webcam, misalnya ASHU Full HD 1080P.

Video Uji Coba Webcam ASHU

 

Itu di penjelasan singkat tentang OBS Studio dan contoh hasil rekamannya dengan menggunakan Webcam.

Cara Menggunakan OBS Studio

Cara menggunakan OBS Studio sangat mudah.

  1. Download Aplikasi OBS Studio
  2. Install dan jalankan.
  3. Di kolom Source, klik + di bawahnya
  4. Untuk merekam layar, pilih “Display Capture”
  5. Pilih merek atau jenis kamera yang digunakan untuk merekam.

Aplikasi OBS Studio

 

Silakan eksplor alias utak-atik fitur-fitur OBS agar lebih mengenal dan lebih paham cara menggunakannya. Fitur intinya sih untuk live dan rekaman atau membuat konten video, termasuk video podcast (vodcast).

Cara Ganti Background OBS Studio 

Saat Zoom Meetings, kita dengan mudah mengganti background atau gambar latar belakang menggunakan Virtual Background. Bagaimana dengan background di OBS Studio?

OBS juga memiliki fitur ganti background. Namun, bagi saya, cukup ribet! Saya pilih cara ganti background OBS tanpa ribet berikut ini.

Untuk mengganti background saat menggunakan OBS Studio, kita bisa gunakan aplikasi tambahan bernama XSplit Vcam. Aplikasi ini khusus untuk mengganti, menghapus, atau memburamkan background saat kita syuting atau menggunakan kamera.

XSplit VCam memungkinkan penghapusan latar belakang yang canggih dan pemburaman dengan webcam apa pun, tanpa perlu layar hijau yang mahal, dan pengaturan pencahayaan yang rumit.

Ini tahapannya:

  1. Download XSplit VCam
  2. Install dan jalankan (buka)
  3. Di bagian kanan akan ada background dan fitur menambahkan background, seperti halnya Virtual Background Zoom.

Screenshot Background XSplit Vcam 

Setelah membuka dan setting XSplit VCam, kita langsung buka OBS Studio dan memadukannya untuk live atau rekaman (membuat konten video).

  1. Jalankan atau buka OBS Studio
  2. Di kolom Source, pilih Video Capture Device
  3. Sumber device, pilih XSpit VCam

Demikian cara mengganti background OBS Studio menggunakan XSplit VCam. Mudah dan antiribet. Kita tinggal siapkan gambarnya yang akan dijadikan background. Wasalam.

 

Artikel Terkait

Leave a Reply