Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Membuat aplikasi android sendiri bisa menjadi trend baru, seiring perkembangan cepat HP Android. Banyak situs dan software yang mempermudah kita membuat aplikasi android sendiri, mulai “mengandroidkan” blog hingga membuat aplikasi android berupa “posting” layaknya nge-blog. Berikut ini cara membuat aplikasi android.

UPDATE DI SINI

membuat aplikasi android

Cara membuat aplikasi android untuk website atau blog sangat mudah, yaitu dengan memanfaatka website pembuat aplikasi, misalnya Basic4android,  AppGeyser dan Eclipse.

Yang mau saya share di sini adalah membuat aplikasi android sendiri di TheAppBuilder dan AppsGeyser. Sebelum ke teknis cara membuat aplikasi android untuk website atau blog, kita pahami dulu apa itu aplikasi.

Pengertian Aplikasi

Secara bahasa, aplikasi (application, biasa disingkat app) adalah penerapan. Secara istilah umum, aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan suatu tugas khusus.

Baca Juga

Mengutip Wikipedia, aplikasi atau aplikasi perangkat (software application) adalah suatu sub-kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

Contohnya adalah Microsoft Office dan Open Office, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.

Yang dimaksud aplikasi dalam postingan ini dan umumnya pengertian aplikasi adalah “perangkat lunak (software) yang dirancang untuk tujuan tertentu yang dapat Anda unduh ke ponsel atau perangkat seluler lainnya” (Cambridge Dictionary).

Untuk mengakses sebuah informasi di aplikasi, pengguna harus download dan install aplikasi. Berbeda dengan akses website yang hanya tinggal membuka alamat web atau URL di browser internet.

Cara Membuat Aplikasi di AppBuilder

Berikut ini garis besar Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri di The App Builder:

  1. Buka The App Builder.
  2. Sign Up dengan email Gmail
  3. Klik Create an App.
  4. Ikuti panduan selanjutnya dengan mengisi form yang tersedia.

Itu dia cara membuat aplikasi web di AppBuilder. Sangat mudah.

Membuat Aplikasi di AppsGeyser

Berikut ini cara membuat aplikasi di AppsGeyser.

1. Buka AppsGeyser

Membuat Aplikasi di AppsGeyser

2. Pilih Create Now for Free
3. Pilih Website
4. Isi form yang tersedia

Aplikasi bisa kita download dengan login menggunakan akun Gmail atau Facebook.

Saya sudah membuat aplikasi android untuk blog www.romeltea.com ini di Geyser. Silakan klik Download di link berikut ini atau Scan QR Code berikut ini untuk diinstal di SmartPhone Anda:

aplikasi romelteadotcom qr code

Link Download: https://appsgeyser.io/15712106/Romeltea-Dot-Com

Selain di App Builder dan AppGeyser, tempat membuat aplikasi android lainnya antara lain Android Studio. Good Luck! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 comments