Contoh naskah pembuka untuk MC

11332 views

MCContoh naskah pembuka untuk MC (Master of Ceremony) ini untuk acara pelatihan, misalnya, pelatihan jurnalistik.

Contoh pembukaan ini bisa Anda gunakan untuk acara sejenis, tinggal ganti nama acara, pembicara, waktu dan tempat, dan seterusnya.

Contoh naskah pembuka untuk MC (Emci) ini mengacu pada “standar opening emsi”, yaitu Opening Ceremony (membuka acara), Welcome Speech (Ucapan Sambutan atau menyambut peserta), dan elemennya, seperti nama acara, tema acara, pembicara, dan sebagainya.

Pembukaan oleh MC ini sekaligus Mengenalkan Pembicara –bagian dari tugas penting MC/Pembawa Acara.

Jangan lupa, kenalkan diri Anda sebagai MC, minimal sebutkan nama!

Sebelum ke contoh naskah pembukaan MC atau cara MC membuka acara, saya contohkan dulu cara penyiar radio membuka siarannya, sebagaimana saya lakukan saat menjadi penyiar aktif. Membuka siaran tidak jauh beda dengan membuka acara oleh MC.

Ini pembukaan yang biasa saya sampaikan saat membuka acara siaran.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh. Selamat pagi pendengar, berjumpa kembali dengan saya Romeltea, di acara Good Morning Bandung Raya G-M-B-R.

Selama dua jam kedepan, mulai saat ini hingga jam delapan nanti, saya akan sampaikan informasi aktual seputar kota Bandung dan sekitarnya, yang saya ambil dari suratkabar-suratkabar yang terbit di Bandung pagi ini.

Sajian berita aktual ini, akan saya selingi dengan lagu-lagu pop Indonesia pilihan. Di 30-menit akhir nanti, saya undang Anda berpartisipasi melalui telepon atau S-M-S, melalui [no telepon].

Usai lagu berikut ini, saya akan sampaikan headline koran-koran yang terbit di Bandung.

Contoh naskah pembuka untuk MC

Ini dia Contoh naskah pembuka untuk MC (Emsi)/Pembawa Acara Pelatihan

[Baca dulu Bismilah dalam hati ya…. Kata ustadz saya, Biar Berkah! Amin…!]
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi semuanya….!

Bapak pemateri dan peserta pelatihan yang saya hormati.
Saya <NAMA MC>, sebagai emsi dan atas nama panitia, mengucapkan selamat datang, di acara Pelatihan Jurnalistik bertema “Jurnalistik Itu Asyik”, yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Jurnalistik BATIC. Pelatihan ini akan berlangsung sehari saja, dari sekarang hingga sekitar jam empat sore nanti, dibagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama, jam sembilan hingga jam setengah sebelas, pelatihan akan dipandu oleh Bapak <NAMA PEMATERI> yang sudah hadir di tengah-tengah kita. Materi pelatihannya… Dasar-Dasar Jurnalistik.

Sesi kedua, dari jam setengah sebelas hingga jam dua belas, pelatihan akan dipandu Bapak <NAMA PEMATERI> dengan materi Teknik Reportase dan Wawancara.

Sesi ketiga, yaitu sesi terakhir, akan kita laksanakan setelah break untuk istirahat, shalat, dan makan siang, yaitu mulai jam satu hingga jam empat. Sesi terakhir akan dipandu Bapak …. dengan mater pelatihan Teknik Menulis Berita dan Bahasa Jurnalistik.

Bapak pemateri dan peserta pelatihan yang saya hormati. Sebelum memulai pelatihan sesi pertama, mari kita buka acara ini, dengan membaca basmalah bersama-sama….. Bismillahirrohmaanirrohiim…. Terima kasih…..

Para peserta pelatihan yang saya hormati. Sebelum pelatihan sesi pertam dimulai, saya akan perkenalkan dulu pemateri kita. Nama lengkap beliau adalah …. Biasa dipanggil …… dst. (Sampaikan biodata pemateri sesuai dengan yang diberikan pemateri kepada panitia).

Contoh naskah pembuka untuk MC (Emsi) ini, sekali lagi, untuk acara pelatihan. Untuk acara lainnya, silakan “menyesuaikan”. Semoga bermanfaat. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Membuka Acara naskah pembuka pembawa acara Teknik MC

Related Post

Leave a reply