Dapatkan Pekerjaan Idaman dengan Blogging!

298 views

Blog adalah website pribadi. Manfaatnya banyak. Selain media berbagi pengalaman dan pengetahuan, blog juga menjadi “biodata online” dan “personal branding”.

uang blogging

Orang akan tahu pemikiran, keahlian, dan kualitas Anda. Belum punya blog? Silakan buka Cara Membuat Blog.

Sebuah laporan VOA News menyebutkan, blogging ternyata bisa menjadi cara ampuh untuk mencuri perhatian perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan baru.

Dengan menelusuri blog-blog, perusahaan-perusahaan itu dengan mudah memperoleh calon pekerja potensial, setelah mengamati isi blog mereka.

“Popularitas blogging saat ini semakin meningkat.  Di Amerika,  banyak perusahaan kini mendapati blog sebagai satu cara baru mendapatkan calon pekerja yang mereka inginkan,” kata Liz Lynch, pendiri Center for Networking Excellence dan penulis buku Smart Networking.

“Blogging bisa menjadi cara untuk menunjukkan keunggulan Anda dibanding para pesaing lain,” ujar Lynch lagi.

Melalui blog, para perekrut bisa mendapatkan informasi lebih jauh mengenai para pelamar atau calon pekerja. Para blogger biasanya menuliskan pengalaman, pemikiran, dan kehidupan mereka, termasuk soal pekerjaan.

Dengan membaca blog, para perekrut tidak hanya mengetahui tingkat keahlian seseorang, tapi juga mengenali keahlian dan gaya berkomunikasi calon pekerja.

“Blogging bisa menjadi petunjuk kuat mengenai minat, pengalaman dan pengetahuan Anda,” pungkas Lynch.

Jadi, blog tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri (self expression), tapi juga menjadi sarana untuk mempromosikan diri dan keahlian Anda.

Blogging Juga Pekerjaan

Selain hobi, blogging juga menjadi pekerjaan dalam arti menghasilkan pendapatan (uang). Anda bisa menjadi blogpreneur, yaitu wirausahawan blog atau full time blogger.

Blogpreneur adalah seseorang yang mengoperasikan blog sebagai bisnis, mengubah minat dan hasrat mereka menjadi karier penuh waktu, sering kali mengambil risiko finansial untuk melakukannya. (WP Explorer).

Blogging juga bisa menjadi sarana menulis buku. Istilahnya, blog a book.

Saat ini banyak lowongan pekerjaan online, seperti web content writer. Untuk mendapatkannya, bisa dimulai dengan membuat blog dan menekuninya.

Saya sarankan mahasiswa membuat blog dan ngeblog sejak semester pertama. Selain mengasah keterampilan menulis, mahasiswa juga akan belajar SEO, desain, melek IT, dan siap bersaing di era digital. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 



Blog Blogging Pekerjaan

Related Post

Leave a reply