Daftar Profesi Baru Era Internet, Lowongan Kerja Online

42 views

Sebelumnya saya sudah ulas lowongan kerja online web content editor dan Top 5 Internet Job Lowongan Kerja Online.

Kali ini saya lengkapi dengan menyusun daftar pekerjaan atau profesi baru era internet, sekaligus lowongan kerja online atau menghasilkan uang dari internet (make money online).

kerja online

Dari daftar “online job” berikut ini, beberapa di antaranya pernah dan sedang saya jalani. Semua profesi di bawah ini bisa dirintis melalui blogging.

Daftar Profesi Baru Era Internet, Lowongan Kerja Online

Berikut ini daftar profesi baru era digital, sekaligus merupakan lowongan kerja online yang selalu terbuka. Pengangguran seperti saya bisa memilih pekerjaan online ini “untuk bertahan hidup”.

1. Blogger

Blogger adalah orang yang mengelola website pribadi. Istilah blogger sudah masuk dalam kamus  bahasa Indonesia, bloger, satu “g”, yang artinya “orang yang mengeblog; pengeblog; narablog”.

blog

Blogger juga merujuk pada salah satu platform blog gratis milik Google, yakni blogger.com, dengan domain blogspot.com.

Awalnya blog hanya menjadi media untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, atau “dokumentasi pemikiran”. Belakangan, blog berkembang menjadi lahan bisnis online atau menghasilkan uang dengan cara monetisasi blog.

Monetisasi blog terpopuler adalah dengan menjadi publisher Google AdSense atau penayang iklan Google.

Minat jadi blogger?

Ikuti panduan berikut ini:

  1. Cara Membuat Blog
  2. Cara Mengisi Blog
  3. Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog
  4. Cara Menghasilkan Uang dari Blog
  5. Cara Daftar Google AdSense

Saya sudah menulis buku khusus tentang blogging. Judulnya: Blogpreneur. Bisa pesan langsung ke penerbitnya, Nuansa.

blogpreneur-buku

2. Youtuber/Vlogger

Youtuber dan vlogger adalah blogger juga. Namun, Youtuber adalah orang yang ngeblog di Youtube dengan membuat video dan diposting di Youtube.

Vlogger (Video Logger) adalah orang yang ngeblog dengan konten khusus video, baik diposting di Youtube maupun di blog pribadi atau situs penyimpan video lainnya. Aktivitasnya disebut vlogging.

Youtuber/Vlogger lagi trend. Banyak selebritas bahkan “ikut-ikutan” jadi Youtuber/Vlogger, dan sebaliknya banyak Youtuber yang kemudian jadi selebritas.

Untuk menjadi Youtuber atau Vlogger, Anda harus kreatif membuat video, lalu lakukan monetisasi video.

3. Content Writer/Online Writer

Content Writer (penulis konten) adalah orang yang mengisi website, terutama berupa tulisan atau artikel. Content Writer disebut juga Online Writer (penulis online).

website-content-writing

Modalnya adalah keterampilan menulis (writing skills), termasuk piawai menulis artikel SEO. Ulasan tentang profesi online ini sudah saya share di Lowongan Kerja Content Writer.

4. Social Media Specialist/Social Media Strategist

Saat ini media sosial menjadi sarana promosi efektif. Semua perusahaan besar melakukan promosi, branding, customer service, bahkan penjualan melalui media sosial –terutama Facebook, Twitter, dan Instagram.

Untuk itu, perusahaan membutuhkan staf khusus yang menangani media sosial. Instansi atau lembaga apa pun saat ini memiliki akun resmi media sosial untuk kehumasan dan pemasaran.

5. Buzzer/Influencer/Endorser

Jika tidak bekerja sebagai admin media sosial lembaga/instansi/perusahaan, Anda bisa menjadi admin medsos “freelance” dengan menjadi buzzer, influencer, atau endorser.

Buzzer adalah orang yang mempromosikan atau mengkampanyekan produk, jasa, dan isu melalui akun Twitter miliknya. Untuk menjadi buzzer harus banyak follower, minimal 2000 followers.

Influencer adalah orang yang punya followers atau audiens yang cukup banyak di media sosial dan punya pengaruh. Biasanya selebritas, public figure, atau tokoh.

Dari sini muncul konsep influencer marketing yaitu cara promosi, pemasaran, atau marketing yang menggunakan influencer di media sosial seperti Instagram, YouTube, Blog, atau Twitter.

Endorser adalah pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan dalam mendukung iklan produknya. Menurut Terence A. Shimp dalam Periklanan Promosi (Erlangga, 2007), ada dua jenis endorser:

  1. Typical-Person Endorser adalah orang-orang biasa yang tidak terkenal untuk mengiklankan suatu produk.
  2. Celebrity Endorser adalah penggunaan orang terkenal (public figure) dalam mendukung suatu iklan.

Pada umumnya endorsement dilakukan dengan mengiklankan suatu produk melalui foto, video, atau memberi review pada produk tersebut.

6. Freelancer/penulis lepas

Di era kejayaan media cetak, penulis artikel dibutuhkan oleh surat kabar, tabloid, atau majalah untuk mengisi rubrik “opini”. Di era digital, penulis lepas juga dibutuhkan banyak pihak yang membutuhkan konten (tulisan) untuk websitenya.

Sejumlah website bahkan khusus menampung tulisan para freelancer writer. Silakan buka Lowongan Menulis Online.

7. SEO Specialist

Spesialis Search Engine Optimization (SEO) menganalisis, meninjau, dan mengimplementasikan perubahan pada situs web sehingga dioptimalkan untuk mesin pencari. Ini berarti memaksimalkan lalu lintas ke situs dengan meningkatkan peringkat halaman dalam mesin pencari.

Target utama pekerjaan SEO Specialist adalah meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung  website.

Syarat menjadi SEO Specialist adalah menguasai teknik SEO, pemasaran digital, konten, blogging, memahami algoritme mesin pencari, link building, robots.txt, sitemap, skema, mikrodata, audit kecepatan halaman, perencanaan dan penerapan kata kunci, strategi kata kunci, dll.

SEO Specialist harus memahami dan menerapkan 200 Faktor SEO.

8. Web Developer

Web Developer adalah orang yang membuat website. Web developer membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Ada juga profesi web designer, yaitu orang yang menata tampilan web. Biasanya web developer sudah merangkap web designer.

Gabungan web developer dan web designer disebut webmaster yang juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang digunakan. Webmaster mungkin juga bertanggung jawab untuk optimisasi mesin pencari ( SEO ), mengisi content pada website, hingga ‘memasarkan’ website tersebut. (Sumber).

9. App Developer

Hampir sama dengan Web Developer, Application Developer bertugas membangun atau mengembangkan software menggunakan bahasa pemrograman. Bedanya, yang dibangun adalah aplikasi (apps).

Secara umum, halaman web itu terdiri dari website dan aplikasi. Setidaknya, dua jenis halaman internet itulah yang dicantumkan Google di Webmaster Tools.

website dan aplikasi

 

Demikian daftar profesi baru era internet, lowongan kerja online. Bukan daftar lengkap, tapi Anda bisa menambahkan “online jobs” lain di kolom komentar. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Kerja Online lowongan kerja online online job profesi online uang internet

Related Post

Leave a reply