Ekskul Jurnalistik di Sekolah

856 views

Saya di sekolah (smk) mengikuti Ekskul Jurnalistik, lalu Jurnalis sekolah telah membuat koran sekolah, tetapi isinya mliputi sekolah dan lingkungan sekitar . tapi masalahnya ekskul kami kekurangan anggota.

Lalu u/ ajaran tahun depan ada pengurangan ekskul yg salah 1 nya Jurnalis….. saya minta saran u/ ekskul Jurnalis di sekolah saya..

lalu apa yang bisa saya lakukan…???

Terima kasih

Shofita

Jawab:

Ekskul jurnalistik sangat baik untuk menumbuhkan tradisi menulis. Sangat disayangkan jika ekskul itu dihapus.

Penghapusan ekskul itu menunjukkan pihak sekolah juga tidak melek media dan tidak mendukung budaya menulis. Sayang sekali! Mereka harus diberi pencerahan tentang pentingnya jurnalistik/menulis.

Saran saya, meski hanya 1-2 orang yang jadi anggota, termasuk Anda, ekskul jurnalistik harus jalan terus. show must go on!

Jika tidak ada biaya buat bikin koran sekolah, bikin aje blog, yang free juga banyak, misalnya di www.wordpress.com atau di www.blogspot.com.

Untuk rekrutmen anggota, adakan pelatihan jurnalistik atau pelatihan menulis di sekolah Anda, misalnya bertema “Menulis itu asyik lho!” atau “Jadi wartawan/penulis itu asyik lho” dengan narasumber dari kalangan praktisi/penulis/wartawan.

Good Luck! Tetap semangat!



Ekskul Jurnalistik pelajar Sekolah

Related Post

Leave a reply