Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H / 2023 M Seluruh Kota di Indonesia

Jadwal Imsakiyah adalah jadwal puasa (shaum) berupa data waktu imsak sebagai dimulainya puasa dan waktu Magrib sebagai saat berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H / 2023 M Seluruh Kota di Indonesia. Awal Ramadan tahun ini Kamis, 23 Maret 2023. Sidang Isbat 22 Maret 2023.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan

Di bawah ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2023 (1444 H) untuk seluruh kota di Indonesia. Jadwal puasa ini resmi dari laman Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Bimas Islam Kemenag) RI.

Saya cantumkan di sini Jadwal Imsakiyah Kota Bandung. Saya sertakan link download jadwal puasa untuk kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Jadwal puasa ini dinamakan “imsakiyah” merujuk pada waktu imsak (أمسك), yakni saat dimulainya berpuasa.

Dalam Jadwal Imsakiyah Ramadhan, waktu imsak yaitu 10 menit sebelum masuk waktu shalat Subuh, sebagai “peringatan” untuk siap-siap berpuasa dengan menghentikan makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa.

Read More

Jadwal Imsakiyah Ramadhan untuk seluruh kota di Indonesia ini bisa didownload dan didesain ulang di CorelDraw. Anda bisa custom dengan tambahan gambar, logo, dan lainnya.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H / 2023 M

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 Hijriyah / 2023 Masehi untuk seluruh kota di Indonesia bisa didownload di situs resmi Binmas Islam Kementerian Agama RI.

  1. Pilih Provinsi, Tahun, dan Kota
  2. Klik icon Proses
  3. Klik icon Download

Akan terunduh file Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H / 2023 M dalam format Excel. Nantinya, format excel bisa diubah jadi MS Word dan import ke Corel untuk didesain ulang.

Kita bisa mengeditnya, misalnya dengan CorelDraw, seperti yang saya buat di bawah ini, untuk Kota Bandung.

Jadwal Imsakiyah Kota Bandung 2023

Jadwal Imsakiyah Kota Bandung 2023

Sebenarnya, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H / 2023 M sama dengan jadwa shalat fardu atau shalat wajib –Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, Isya. Awal puasa saat masuk Subuh. Buka puasa saat adzan Magrib.

Bedanya, untuk tradisi Indonesia, ada waktu imsak. Namun harap diingat,  waktu imsak bukan saat puasa dimulai, tapi sekadar “peringatan” agar tidak “bablas” saat sahur.

Waktu puasa sebenarnya adalah saat adzan Subuh berkumandang. Waktu buka (ifthar) adalah saat adzan Magrib dikumandangkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *