Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H / 2022 M Seluruh Kota di Indonesia

Jadwal Imsakiyah adalah jadwal puasa (shaum) berupa data waktu imsak sebagai dimulainya puasa dan waktu Magrib sebagai saat berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H / 2022 M Seluruh Kota di Indonesia.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan

Di bawah ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2022 (1443 H) untuk seluruh Kota di Indonesia, resmi dari laman Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Bimas Islam Kemenag) RI.

Saya cantumkan di sini Jadwal Imsakiyah Kota Bandung. Saya sertakan link download jadwal puasa untuk kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Jadwal puasa ini dinamakan “imsakiyah” merujuk pada waktu imsak (أمسك), yakni saat dimulainya berpuasa.

Dalam Jadwal Imsakiyah Ramadhan, waktu imsak yaitu 10 menit sebelum masuk waktu shalat Subuh, sebagai “peringatan” untuk siap-siap berpuasa dengan menghentikan makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa.

Baca Juga

Jadwal Imsakiyah Ramadhan untuk seluruh kota di Indonesia ini bisa didownload dan didesain ulang di CorelDraw. Anda bisa custom dengan tambahan gambar, logo, dan lainnya.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H / 2022 M

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 Hijriyah / 2022 Masehi untuk seluruh kota di Indonesia bisa didownload di situs resmi Binmas Islam Kementerian Agama RI.

  1. Pilih Provinsi, Tahun, dan Kota
  2. Klik icon Proses
  3. Klik icon Download

Akan terunduh file Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H / 2022 M dalam format Excel. Nantinya, format excel bisa diubah jadi MS Word dan import ke Corel untuk didesain ulang.

Kita bisa mengeditnya, misalnya dengan CorelDraw, seperti yang saya buat di bawah ini, untuk Kota Bandung.

Jadwal Imsakiyah Kota Bandung

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Bandung

Sebenarnya, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H / 2022 M sama dengan jadwa shalat fardu atau shalat wajib –Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, Isya. Awal puasa saat masuk Subuh. Buka puasa saat adzan Magrib.

Bedanya, untuk tradisi Indonesia, ada waktu imsak. Namun harap diingat,  waktu imsak bukan saat puasa dimulai, tapi sekadar “peringatan” agar tidak “bablas” saat sahur.

Waktu puasa sebenarnya adalah saat adzan Subuh berkumandang. Waktu buka (ifthar) adalah saat adzan Magrib dikumandangkan.

Pengertian Imsak

Imsak Tulisan Arab

Mengutip Republika, imsak secara harfiah berarti ‘menahan’ atau ‘memelihara’. Misalnya, dalam kata fa imsakun bi ma’ruf (QS al-Baqarah:229). Artinya: ”Kemudian tahan atau peliharalah (dia) dengan cara yang baik.”

Dalam percakapan sehari-hari, kata imsak lebih banyak dipergunakan untuk pengertian atau sebutan bagi waktu menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan ibadah puasa menjelang terbit fajar atau waktu Subuh.

Menahan diri dari makan, minum dan lain-lain yang membatalkan puasa di saat-saat menjelang terbit fajar (waktu subuh), bukan merupakan hal yang wajib dilakukan, melainkan hanya “sekadar anjuran dan peringatan” bagi orang-orang yang hendak berpuasa tentang akan segeranya tiba waktu subuh –saat puasa dimulai.

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam” (QS Al-Baqarah:187).

Dalam tradisi muslim Indonesia, waktu imsak sekitar 10 menit sebelum masuk waktu Subuh. Imsak ditentukan sebagai usaha untuk melakukan ihtiyat (kehati-hatian) jangan sampai sahurnya “bablas”.

Ini artinya, ketika sudah masuk waktu imsak –yakni 10 menit sebelum Subuh– kita masih boleh makan-minum karena puasa dimulai tepat saat waktu shalat Subuh tiba.

Saya sendiri biasanya mulai berhenti makan-minum “dan lain-lain” minimal dua menit sebelum waktu Subuh 🙂

Demikian Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H / 2022 M untuk Kota Bandung dan kota-kota lain di Indonesia. Selamat Berpuasa! Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.