Mencari Ide Tulisan

736 views

menulis“If you have nothing to say, say nothing,” kata Mark Twain.

Dalam konteks jurnalistik, maknanya begini kali:  “jika Anda tidak punya ide atau tema tulisan, jangan nulis!”

Jika benar bermakna demikian, maka ungkapan Mark Twain itu harus diabaikan oleh para penulis karena mereka (kita) memang harus menulis dan (harus) selalu ada ide untuk menulis.

‘Gak punya ide?

Hmm, You lie! Ide ada di mana-mana! Asal kata ide ( idein) artinya melihat. Bukankah kita setiap detik melihat (membaca, mendengar, dan merasakan) sesuatu? Peristiwa aktual atau masalah hangat.

Nah, apa pendapat Anda tentang yang Anda lihat itu? Pastinya, secara gitu, punya komentar, reaksi, tanggapan, atau “have something to say/write” dong tentang yang kita lihat itu?

Mencari Ide Tulisan

Mencari ide tulisan?

Gak usah dicari! Ide tulisan bisa diperoleh dengan memikirkan sesuatu –peristiwa atau masalah.

Sumber ide, antara lain, bacaan (utamanya baca Quran dan koran/berita aktual), pengamatan, pengalaman, pendapat, obrolan, pengetahuan, perasaan, keinginan, dan tontonan.

Dalam bahasa Inggris, ide antara lain dimaknai dengan (1) “the content of cognition; the main thing you are thinking about; (2) your intention; what you intend to do; (3) a personal view; dan (4) The transcript, image, or picture of a visible object, that is formed by the mind.

Ok deh, masalahnya memang malas dan “gak ada waktu” ya…. Itu soal niat, motivasi, dan “manajemen waktu”. Saya sendiri menulis posting ini di sela-sela maintenance and updating situs-situs yang saya kelola.

Kalau kita memiliki semangat berbagi (share) tinggi, insya Allah kita mau dan mampu menyempatkan diri menulis dan berbagi dengan orang lain. Sharing wawasan dan pengalaman, insya Allah menjadi pengalaman baru dan mengundang wawasan baru pula. Ilmu yang kita bagi, tidak akan habis, malah bertambah. Betul tidak…?

10 Tips Mencari Ide Tulisan

Berikut ini 10 tips mencari ide tulisan dari Jeffrey Baumgartner yang dimuat Indonesiana Tempo.

  1. Dengarkan musik Johann Sebastian Bach. Jika music Bach tidak bisa membuatmu lebih kreatif maka sepertinya ada yang salah dengan otakmu.
  2. Brainstorm. Jika dilakukan dengan benar, brainstorm bisa membantu anda bukan hanya muncul dengan banyak ide segar tapi juga memilih mana yang terbaik.
  3. Bawa selalu catatan kecil dan pulpen atau pensil ke mana saja Anda pergi. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya.
  4. Buka kamus dan pilih kata secara acak. Setelah itu cobalah memformulasikan ide berdasarkan kata tersebut.
  5. Rumuskan masalah! Ambil selembar kertas, netbook, komputer.
  6. Keluar dan berjalan-jalan.
  7. Jangan menonton TV. Menonton TV menyebabkan otak pelan-pelan akan meleleh melalui hidung dan kuping.
  8. Jangan sentuh narkoba!
  9. Membacalah sebanyak mungkin tentang berbagai macam topik.
  10. Latih otak Anda dengan banyak membaca, ngobrol dengan orang pintar, dan berdebat dengan orang lain.

Demikian tips mencari ide tulisan atau topik untuk ditulis. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Arti Ide Ide Ide Menulis Jurnalistik Makna Ide Mencari Ide Menulis

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

  1. author
    Chilix's chilik's9 years agoReply

    Setuju..menulis..menulis..&terus menulis

  2. author
    rima khumaira9 years agoReply

    bettuuullllll….d^_^b

Leave a reply