Menekuni Blogging, dari Hobi Menjadi Profesi

  • Whatsapp

Pengertian Blog Blogger Blogging

Menjadi Blogger sebagai Hobi dan Profesi. Di dunia yang semakin canggih saat ini, beragam jenis profesi bisa ditekuni. Bahkan profesi yang berawal dari hobi blogging.

Banyak sekali blogger yang sukses berkarier dan mengawali perjalanannya dari sekadar hobi. Bahkan uang yang bisa didapatkan dengan menjadi blogger cukup besar dan sangat menjanjikan.

Kali ini akan dibahas lebih lengkap bagaimana cara mengubah hobi nge-blog menjadi profesi yang menguntungkan.

Tips Menjadi Blog Profesional

Tidak sulit sebenarnya untuk menekuni dunia blog dan menjadikannya sebagai sebuah profesi menguntungkan. Hanya saja pastikan Anda benar-benar punya niat yang kuat untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips menekuni dunia blog agar bisa mendatangkan keuntungan:

Baca Juga

1. Tentukan Tema Blog

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih tema blog. Blog yang akan dikelola harus punya tema yang jelas. Pilihlah jenis topik atau tema yang sesuai dengan passion. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Jika Anda memilih tema blog yang sesuai dengan minat maka akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

Rasa bosan saat mengelola blog sangatlah mungkin terjadi. Namun hal ini bisa dihindari dengan memilih tema blog yang disukai. Jika temanya disukai maka secara otomatis Anda akan bersemangat mencari materi dan mengelola blog tersebut. Jangan lupa lihat juga seperti apa minat masyarakat dan sesuaikan jenis topik dengan ketertarikan target pembaca Anda.

2. Gunakan Platform yang Tepat

Penting sekali bagi calon blogger untuk memilih jenis platform yang tepat. Lancar atau tidaknya pembuatan blog akan sangat bergantung pada jenis platform yang akan dipakai. Ada banyak jenis platform yang saat ini bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah blog.

Bagi para pemula, platform Content Management System atau CMS sangat direkomendasikan.

Salah satu contoh platform CMS adalah WordPress. Platform ini sudah sangat populer dimanfaatkan oleh para blogger. Salah satu keunggulannya adalah blogger bisa memakai platform ini dengan sangat mudah. Bahkan blogger tidak membutuhkan kemampuan coding sama sekali dan platform ini juga sangat mudah dikenali oleh mesin pencari.

3. Tingkatkan Skill Menulis

Selanjutnya silakan tingkatkan skill menulis yang dimiliki. Ketika memutuskan untuk membuat blog, maka Anda harus tahu konten apa yang akan dimasukkan ke dalam blog tersebut. Artikel merupakan konten utama yang akan mengisi blog Anda. Karena itulah Anda akan membutuhkan kemampuan menulis yang bagus agar bisa menghasilkan konten artikel yang berkualitas.

Semua orang punya peluang yang sama untuk menekuni profesi sebagai seorang blogger. Namun, kualitas tulisan setiap orang sudah pasti berbeda dan hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas blog itu sendiri.

Jika Anda ingin blog mendapatkan angka pengunjung yang tinggi maka terus tingkatkan kemampuan menulis. Tulisan yang bagus dan berkualitas sudah pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi blog Anda.

4. Gali Kreativitas

Persaingan di dunia blogging sangatlah ketat. Jika Anda tidak mengembangkan diri dan menggali kreativitas maka akan sulit untuk bertahan di bidang ini. Teruslah berusaha untuk menggali kreativitas dengan berbagai macam cara. Anda bisa mencoba mengunjungi banyak blog untuk merangsang kreativitas di dalam pikiran Anda.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk membantu Anda berpikir secara kreatif. Tontonlah lebih banyak film atau dengarkan musik sebagai sumber inspirasi. Banyak mengobrol dengan orang lain juga bisa jadi sumber inspirasi. Intinya lakukan berbagai jenis hal yang bisa merangsang Anda untuk semakin kreatif dari hari ke hari agar isi blog tidak membosankan.

5. Jangan Malas Belajar

Blogger yang baik tidak boleh malas belajar untuk lebih baik lagi. Agar bisa lebih produktif menghasilkan konten-konten berkualitas di dalam blog maka penting untuk terus belajar mengasah keterampilan. Banyak sekali sumber yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk belajar. Anda bisa belajar langsung dari blogger yang lain, misalnya.

Sebagai blogger, usahakan untuk terus haus akan ilmu. Dunia blog akan terus berkembang dan kehidupan masyarakat juga terus berubah. Hal ini mendorong Anda untuk selalu belajar agar konten blog juga terus menyesuaikan minat masyarakat. Semakin banyak belajar, semakin kreatif, dan semakin bagus kualitas blog yang Anda miliki.

6. Jalin Koneksi

Sangatlah penting untuk menjalin koneksi seluas mungkin bagi seorang blogger. Dunia blog begitu luas sehingga jalinan koneksi ini sangatlah penting. Semakin banyak koneksi maka akan semakin mudah untuk mengembangkan karier sebagai blogger.

Bagaimana caranya menjalin koneksi yang luas bagi seorang blogger. Pertama, cobalah bergabung dengan komunitas blogger untuk sharing dengan blogger lainnya.

Selain itu, bagikan konten-konten atau komentar ke blog-blog yang lain. Tawarkan juga kolaborasi dengan blogger yang lain untuk menjalin koneksi dan menghasilkan keuntungan.

7. Lakukan Promosi

Blogger juga harus melakukan promosi agar konten di blog-nya semakin sering diakses oleh banyak orang. Bagikan link konten blog anda ke berbagai media sosial. Zaman sekarang ini menyebarkan informasi blog semakin mudah untuk dilakukan. Promosi lewat media sosial dan media digital lainnya begitu mudah untuk dilakukan dan bisa secara efektif meningkatkan traffic blog Anda.

8. Harus Konsisten

Kunci penting yang harus dipahami jika Anda ingin mengubah hobi ini menjadi karier adalah harus konsisten. Pastikan bahwa Anda terus konsisten mengunggah konten ke blog. Pengikut blog akan jauh lebih senang jika konten blog terus diperbarui. Jangan mudah menyerah di tengah jalan karena karier sebagai blogger tidak bisa dicapai dalam waktu singkat.

Anda harus mengatur sebaik mungkin agar bisa mengisi blog dengan konten-konten berkualitas. Buatlah jadwal untuk membuat konten dan mengunggahnya ke blog. Pastikan untuk mengikuti jadwal tersebut agar Anda terpacu untuk mengisi blog secara konsisten.

Kesalahan Blogger Pemula

Penting sekali bagi para blogger untuk menghindari kesalahan agar bisa sukses di bidang ini. Para pemula sering sekali melakukan kesalahan-kesalahan yang ternyata menghambat mereka berkembang sebagai blogger.

Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah tidak konsisten dalam mengelola blog. Banyak sekali pemula yang akhirnya menyerah di tengah jalan karena merasa kesulitan mendapatkan traffic banyak untuk blog-nya.

Selain itu, kesalahan lain yang sering terjadi adalah tidak bisa memilih platform blog secara tepat. Pemilihan layanan hosting juga tidak bisa dilakukan dengan baik sehingga akses menuju blog menjadi sulit dan membuat orang malas mengunjungi blog tersebut. Pemula juga biasanya mengabaikan pentingnya strategi SEO untuk memaksimalkan performa blog-nya.

Masalah hak cipta juga seringkali membuat para blogger pemula tidak bisa berkembang lebih jauh lagi. Perlu diketahui bahwa setiap karya memiliki hak cipta dan tidak boleh dilanggar sesuka hati.

Kasus yang paling sering terjadi adalah tidak adanya sumber atau keterangan pada foto yang digunakan di dalam konten. Pastikan untuk selalu menyertakan sumber agar tidak dianggap melanggar hak cipta.

Pembuatan blog pada dasarnya mudah untuk dilakukan. Bagian yang sulit adalah mengelola dan membuat blog tersebut berkembang lebih besar lagi. Dibutuhkan niat yang kuat dan kesabaran untuk menjalani setiap proses agar bisa menjadi blogger profesional.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply