Mengubah Gaya Siaran

DASAR SIARAN RADIOMENGUBAH GAYA SIARAN

Gimana yah cara mengubah image qta,,,
Maksudnya gini, q kan siaran di dua acara yang berbeda. Yang pertama siaran dengan sasaran anak muda, trus acara yang kedua q harus berbahasa formal karena q bawain acara berita gt.

Jd q ngrasa agak kesusahan ngrubah image gt,secara kan di acara awal q gila2n gt,trus dsambung acara formal,jd ngrasa gmn gt.pa lgi parah nya jam nya itu berurutan gtu,,,,,,,, (riev_cenayang88@yahoo.co.id).

Jawab:

Ya… mestinya gak ada jadwal siaran yang berurutan kayak gitu, satu acara satu penyiar, begitu selesai ganti penyiar lain… But, jika itu gak bisa diubah, kuncinya adalah “VISUALISASI”, mental image.

Saat siaran pertama (target anak muda), kamu mesti bayangin pendengarmu adalah seorang anak muda, lalu sesuaikan gaya bicaramu dengan gaya bicara anak muda (misalnya bicara agak cepat, gunain kata-kata slank, sapaan “kamu”, “lu”, gue, de el el).

Baca Juga

Begitu siaran di acara kedua (berita/formal), ubah visualisasi kamu tentang pendengar seorang dewasa atau anak muda yang serius dengerin berita.

Baca berita memang kudu serius, tapi tetap santai, jangan dimainin ntu berita! Ada kode etiknya ‘kan, seperti jangan beropini dll.

Jadi, intinya, kuncinya adalah visualisasi itu… Terus berusaha dan improve! Kamu pasti bisa, Good Luck!

MAU BELAJAR BROADCAST & JURNALISTIK

Ass, kang Romel…
Akhirnya..aku bisa liat blogmu. Tiap pagi aku dengerin Shinta dan tertarik banget dengan dunia Broadcast dan jurnalistik. Dan sepertinya Anda guru yang tepat…. (kharunia82@yahoo.com)

Jawab: Wa’alaikum salam…

Thank udah kunjungi blogku. Thanks juga udah setia dengerin aku siaran tiap pagi di Shinta 97.2 FM Bandung di acara Good Morning Bandung Raya (GMBR). Mo belajar Broadcast?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 comments