Cara Membuat Iklan Layanan Masyarakat di Radio

2564 views

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Assalamu’alaykum…isi suara………. saya ingin tanya  pak , gimana cara menyampaikan iklan masyarakat melalui radioo …..??? karna saya baru pertama kalinya , sebagai pengisi suara di radio .

Jawab:

Wa’alaikum salam… saya belum mengerti arah pertanyaanmu, silakan perjelas dan lebih spesifik.

Kalau yang dimaksud pasang iklan di radio, silakan hubungi bagian iklan/marketing radio.

Kalau yang dimaksud durasi, sebaiknya tidak lebih dari 1 menit. Kalo yang dimaksud “cara menyampaikan iklan layanan masyarakat”, maka tiru saja iklan-iklan komersial yang biasa diputar di radio, hanya isi atau pesannya saja yang berbeda.

Iklan komersial mengajak pendengar membeli sesuatu. Iklan layanan masyarakat mengajak pendengar melakukan sesuatu yang baik, misalnya menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya, taat peraturan lalu lintas, jauhi narkoba dan rokok, dll.

Kalau yang dimaksud cara membuat iklan layanan masyarakat, panjang deh bahasannya…. intinya, bikin script-nya, lalu produksi, dst.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Mengutip dari Wikipedia, Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah.

Iklan layanan masyarakat (ILM) dapat dikampanyekan oleh organisasi profit atau nonprofit dengan tujuan sosial ekonomis yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kriteria iklan layanan masyarakat a. l.  tidak komersil, berwawasan nasional, dan diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.

Iklan layanan masyarakat secara resmi diperkenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1942, ketika dibentuk The Advertising Council (Dewan Iklan).

Pada saat itu Perang Dunia II telah mendorong terciptanya ahli-ahli komunikasi yang menggunakan bakat dan kemampuan mereka untuk memenangkan Perang Dunia II.

Dewan iklan AS saat itu didirikan oleh American Association of Advertising Agency (4A), Associatin of national Advertiser (ANA), Magazine Publisers Associations (MPA), Newspaper Advertising Bureau (NAB), dan Outdoor Advertising Association (OAA).

Setelah perang usai dan keadaan masyarakat telah berubah Dewan Iklan gencar melakukan iklan layanan masyarakat untuk memperbaiki sistem pendidikan dan promosi vaksin polio (1950), untuk mencegah bahaya polusi (1960), kampanye untuk bahaya penggunaan obat-obatan terlarang (1970-sekarang).

Undang-Undang Penyiaran pasal 33 menyebutkan, siaran iklan layanan masyarakat harus 10% dari total waktu siaran untuk lembaga penyiaran (radio/tv) swasta. Untuk lembaga penyiaran pemerintah, harus menyediakan sekurangnya 20 menit dalam satu hari.

Demikian ulasan ringkas tentang iklan layanan masyarakat. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Iklan Layanan Masyarakat Iklan Masyarakat Radio

Related Post

Leave a reply