Pengertian & Kata Baku Politisi – Politikus

5843 views

politisi politikusTanya: Menarik sekali dikala kita bisa memahami komunikasi politik, cuma saya masih belum mendapatkan definisi “politisi”, kalau boleh saya minta informasi tentang definisi “politisi” dan di literatur mana saya bisa mendapatkannya?…

Jawab: “Politisi” adalah kata tidak baku dari kata baku “politikus”. Politisi itu terjemahan dari bahasa Inggris, “Politician”, yang artinya “pelaku politik”, yakni orang-orang yang terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis, seperti pengurus/aktivis partai politik, para pejabat negara, orang-orang yang duduk di lembaga pemerintahan, dsb.

Menurut KBBI, pengertian politisi atau politikus adalah sebagai berikut:

  1. ahli politik; ahli kenegaraan
  2. orang yang berkecimpung dalam bidang politik

Kita sering mendengar istilah “politisi partai anu” merujuk pada orang yang menjadi pengurus, aktivis, atau kader partai anu itu. Penggunaan istilah politisi dalam frasa itu tidak baku. Yang baku: politikus partai anu.

pengertian politisi

Demikian ulasan ringkas tentang pengertian dan kata baku politisi – politikus. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

pengertian politisi Politik politikus Politisi

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply