Presenter vs Komentator: Pengertian dan Perbedaannya

Di postingan sebelumnya saya sudah bahas pengertian host, presenter, dan penyiar. Kali ini saya akan bahas pengertian dan perbedaan presenter dan komentator.

Presenter vs Komentator: Pengertian dan Perbedaannya

Postingan “Presenter vs Komentator: Pengertian dan Perbedaannya” ini saya buat setelah “ngintip” trending topics “Komentator” di Twitter, Sabtu (18/6/2022) malam. Warganet pengguna Twitter (tweeps) sekaligus pecinta sepakbola tanah air membicarakan “komentator” siaran langsung Piala Presiden 2022 Persija vs Barito yang “bingung”.

Sang “komentator” –tepatnya presenter– mengaku bingung untuk “menghidupkan” pertandingan Persija vs Barito yang terkesan “tidak seru”.

Dikutip @FaktaSepakbola, ini kata Valentino Simanjuntak, sang presenter yang disebut “komentator” itu: “Saya Bingung untuk menghidupi pertandingan ini mau bagaimana lagi,”  ujar Valen.

“Apakah ini yang disebut professional dalam bekerja? Tolonglah yang berbobot dikit kayak ulas stats atau apa kan bisa..” imbuh Fakta Bola.

Baca Juga

Perbedaan Presenter dan Komentator

Yang dimaksud “komentator” oleh warganet di Twitter itu tak lain adalah “presenter”. Yang menjadi komentator saat itu adalah Kusnaeni alias Bung Kus.

Jadi, rupanya warganet “salah alamat”. Maksud mereka dalah presenter atau pemandu acara, bukan komentator yang menjadi analis pertandingan.

Cukup banyak rujukan tentang pengertian sekaligus perbedaan presenter dan komentator. Tanpa referensi pun, kita paham, presenter adalah orang yang memandu atau membawakan acara/program di radio atau televisi.

Presenter disebut juga “host” karena ia menjadi “tuan rumah” sebuah program acara radio/TV.

Mengutip WikiDiff, berikut ini perbedaan presenter dan komentator.

Sebagai kata benda, perbedaan antara presenter dan komentator adalah presenter adalah seseorang yang menyajikan program siaran; seorang pembawa acara (pewara) sedangkan komentator adalah orang yang berkomentar; terutama seseorang yang dibayar untuk memberikan pendapatnya di media tentang urusan terkini, olahraga, dll.

  • Presenter: Seseorang yang menyajikan program siaran; seorang pembawa acara atau host.
  • Komentator: Seseorang yang berkomentar; terutama seseorang yang dibayar untuk memberikan pendapatnya di media tentang urusan terkini, olahraga, dll.

Jelas ya perbedaan presenter dan komentator? Dalam kasus siaran langsung bola, presenter itu misalnya Valentino. Komentatornya Bung Kus.

Di laman Hinative juga ada yang bertanya perbedaan presenter dan komentator. Jawabannya:

  • Presenter adalah seseorang yang menyapa pemirsa mengumumkan apa yang akan terjadi dalam program TV dan mengucapkan selamat tinggal di akhir.
  • Seorang komentator memberikan komentar yang merupakan deskripsi dari suatu peristiwa, terutama disiarkan oleh televisi atau radio.

Pengertian presenter dijelaskan BBC sebagai berikut: “Presenter adalah orang yang memperkenalkan atau menyelenggarakan program televisi atau radio.”

Kata-kata pembuka presenter pada sebuah program biasanya, seperti,

“Selamat malam, dan selamat datang di[nama acara] bersama saya [nama pembawa acara]. Pada acara malam ini kita akan… [pembawa acara berbicara tentang isi acara].”

Presenter adalah orang yang memperkenalkan program, memperkenalkan atau menghubungkan bagian-bagian dari program bersama-sama dan mengucapkan selamat tinggal di akhir.

Presenter Bola TV Mirip Siaran Radio!

Saya sendiri “kurang berkenan” dengan presenter bola yang membawakan acaranya mirip siaran radio. Sang presenter menyebutkan apa yang terlihat penonton di layar.

Misalnya, “Beckham Putra membawa bola… terjatuh, pelanggaran!” Itu ‘kan gak usah dibilangin. Penonton juga lihat kok!

Baca ada deh: Perbedaan Kualitas Presenter Bola Indonesia dengan Luar Negeri.

Ini contoh presenter bola berkelas dari Liga Inggris:

Demikian pengertian dan perbedaan presenter dan komentator. Wasalam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.