Tips Membuat Buletin Masjid

1027 views

buletin-masjidCara Membuat Buletin Masjid (Buletin Jumat/Buletin Dakwah) itu mudah. Tinggal ada niat dan kemauan dari pengurus DKM, terutama Ketua DKM.

Biasanya tiap masjid menerbitkan buletin masjid, buletin jumat, atau buletin dakwah yang disebarkan tiap hari Jumat.

Buletin masjid berfungsi sebagai media dakwah, komunikasi, dan informasi pihak DKM atau aktivis masjid. Melalui buletin, DKM dapat secara rutin dan transparan mengumumkan keadaan keuangan (dana zakat, infak, dan sedekah) sehingga menambah kepercayaan jamaah.

Pengurus DKM juga dapat menjadikan buletin masjid sebagai media promosi (ekspose) sekaligus undangan bagi berbagai program kegiatan di lingkungan mesjid. Jadi, tidak selalu harus membuat surat undangan jika mengadakan pengajian misalnya.

Penerbitan buletin masjid atau buletin jumat dapat menambah sumber dana baru bagi mesjid, yakni dengan adanya pemasukan dari iklan. Kru penerbitan buletin dapat mencari iklan, misalnya toko-toko atau warung di sekitar mesjid, tanpa mengurangi nilai religius buletin.

Buletin dapat juga menjadi media komunikasi jamaah.

Opini jamaah, misalnya berupa surat pembaca, dapat ditampilkan. Hal ini dapat mendorong dinamika jamaah sekaligus mencapai idealisme mesjid sebagai pusat kegiatan umat Islam sebagaimana zaman Rasulullah Saw.

Format Buletin

Buletin biasanya terdiri dari satu lembar kertas kwarto (A4) atau folio (F4) yang dilipat, kedua halamannya terisi, sehingga menjadi empat halaman.

Isi buletin dakwah/buletin masjid biasanya adalah artikel dakwah –ditulis oleh redaksi atau hasil transkrip penceramah pengajian/khotbah jumat— dan berita kegiatan masjid dan jamaah, plus kutipan ilmu agama Islam.

Sebagaimana media cetak pada umumnya, manajemen buletin dimulai dengan penentuan visi-misi (dalam hal ini media komunikasi, informasi, dan dakwah), nama, moto, periode terbit, susunan redaksi/pengelola, dan rubrikasi.

Contoh rubrikasi buletin

  • Hlm. 1: Logo/Nama Buletin, Indeks, dan Artikel Dakwah;
  • Hlm. 2 : Lanjutan Artikel Dakwah;
  • Hlm. 3 : Berita singkat seputar kegiatan masjid dan/atau jamaah masjid;
  • Hlm. 4 : Kisah-kisah sufistik, kutipan hadits, iklan, dan box redaksi.

buletin masjid

Cara Membuat Buletin Masjid

Secara teknis (desain, layout), buletin masjid dengan mudah bisa dibuat di CorelDraw. Instal CorelDraw di komputer.

Jika sudah dipasang, silakan kontak saya untuk mendapatkan “template buletin masjid” yang tinggal diubah nama, logo, edisi, dan isi buletinnya. Gampang ‘kan?

Demikian cara membuat buletin masjid. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Referensi: ASM. Romli, “Jurnalistik Dakwah: Visi dan Misi Dakwah Bil Qolam”, Penerbit Rosdakarya, Bandung 2003.

 

Buletin Dakwah Buletin Jumat Buletin Masjid Jurnalis Masjid

Related Post

Leave a reply