Tips SEO dari Google untuk Situs Berita dan Artikel Pendek

  • Whatsapp

seo pengoptimalan mesin pencari

Situs web (website) apa pun memerlukan Search Engine Optimization (SEO) agar banyak pengunjung. SEO mengacu pada pengoptimalan mesin telusur atau proses pengoptimalan situs web agar mudah ditemukan melalui mesin telusur seperti Google.

SEO adalah praktik pengoptimalan situs web secara terus-menerus untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi secara organik.

Situs berita juga membutuhkan sentuhan SEO agar banyak pembaca. Portal berita yang menerapkan SEO dengan baik akan sering muncul di halaman satu hasil pencarian Google (SERP).

Situs berita banyak yang berisi artikel pendek atau postingan ringkas, sesuai dengan data atau fakta peristiwa yang didapat wartawan yang menulis beritanya.

Bagaimana praktik terbaik SEO Google untuk situs berita dan artikel pendek?

Baca Juga

Belum lama ini John Mueller dari Google menawarkan saran untuk situs berita yang menerbitkan artikel pendek.

John Mueller dari Google menjawab pertanyaan tentang praktik terbaik SEO untuk situs web berita, terutama yang berkaitan dengan penerbitan artikel yang lebih pendek.

Menurutnya, situs berita tidak boleh terlalu mementingkan panjang artikel karena artikel yang lebih pendek terkadang cocok untuk kueri tertentu.

Praktisi SEO bernama Lene Hegland, yang menjalankan situs berita, bertanya kepada Mueller tentang risiko artikel pendek dipandang sebagai “konten tipis”.

Dia menyebutkan, dirinya bahkan mempertimbangkan “noindex” untuk artikel pendek, yang bisa menjadi satu paragraf panjangnya, jika itu akan membantu situsnya dalam peringkat penelusuran.

Kekhawatirannya tentang “konten tipis” adalah sah, karena Google diketahui merendahkan konten tipis.

Pembaruan algoritme Panda Google dirancang untuk mengurangi prevalensi konten tipis dengan sedikit atau tanpa nilai tambah.

Apa yang harus dilakukan Hegland tentang artikel pendek di situs beritanya? Haruskah dia melakukan noindex pada mereka sehingga Google tidak melihat konten tipis?

Inilah yang direkomendasikan Mueller.

Terkait dengan pemberian tag “noindex” pada artikel pendek, Mueller mengatakan keputusan itu tergantung pada apakah pemilik situs ingin halaman diindeks atau tidak.

Menurut Mueller, dia tidak merasa tag noindex diperlukan hanya karena sebuah artikel pendek, karena terkadang cerita yang lebih kecil bisa digunakan.

“Jika Anda tidak ingin mereka muncul di penelusuran, Anda dapat menggunakan noindex, tetapi menurut saya Anda tidak perlu melakukan noindex sesuatu hanya karena ini adalah artikel berita singkat.

Terkadang artikel pendek baik-baik saja. Saya tidak akan terlalu fokus pada panjang artikel, tetapi apakah Anda ingin artikel itu diindeks atau tidak? ”

Hegland berkata ya, dia memang ingin artikelnya diindeks di Google Penelusuran, tetapi dia khawatir akan mengirimkan sinyal negatif dengan konten yang sedikit.

Mueller mencoba meyakinkannya dengan mengatakan Google tidak peduli dengan panjang konten:

“Untuk penelusuran web, kami tidak peduli dengan panjang artikel. Saya tidak tahu apakah ada kebijakan seputar Google Berita. Terutama jika Anda menyebutkan bahwa ini ada di situs berita – saya samar-samar ingat beberapa kesalahan yang kami alami di Search Console di awal di mana kami akan menampilkan artikel berita ini terlalu panjang atau terlalu pendek.

Mungkin itu adalah sesuatu yang berperan di sana terkait dengan konten berita. Jika demikian, Anda juga dapat menggunakan metatag berita Googlebot untuk memblokirnya secara khusus dari Google Berita. Agar Anda dapat terus menampilkannya dalam penelusuran dan memblokirnya untuk Google Berita. ”

Konten pendek tidak secara otomatis dipandang sebagai konten tipis. Google tidak menilai nilai konten berdasarkan panjangnya saja.

Artikel panjang memiliki risiko yang sama untuk dilihat sebagai konten tipis jika penuh dengan spam, atau jika tidak menyumbangkan sesuatu yang unik ke web.

Konten yang diduplikasi atau disalin dari sumber lain, tanpa tambahan informasi baru, adalah bentuk lain dari konten tipis.

Artikel singkat dapat memberikan nilai jika menyumbangkan sesuatu yang baru dan berguna untuk web, seperti berita terbaru yang tidak dimiliki situs lain.

Konten singkat juga bisa digunakan jika menjawab kueri pengguna. Google bertujuan untuk memberikan hasil terbaik untuk setiap pencarian, bukan yang terpanjang.

Demikian saran Mueller untuk praktis SEO situs berita yang berisi postingan singkat, sebagaimana dikutip dari laman Search Engine Land.

Secara umum, SEO memang diperlukan bagi situs berita. Demikian pula artikel panjang (long posting). Saya sudah berbagai tips SEO lainnya untuk situs berita di SEO Dasar untuk Wartawan Media Online.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply