Situs Berita Paling Banyak Dibaca di Indonesia

2232 views

media-online-situs-berita.j

Tulisan ini berisi daftar Situs Berita (News Site) atau Media Siber (Media Online) Terpopuler – Paling Banyak Dibaca di Indonesia.

Posting ini merupakan update tulisan sebelumnya tentang Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia.

Saat ini ada ratusan situs berita atau media siber/media online. Dewan Pers mencatat saat ini ada 43 ribu media online.

Menurut data Alexa, Rabu 16 Januari 2019, dari ribuan situs berita itu, yang paling banyak dibaca atau dikunjungi adalah Tribunnews, diikuti Detik, Liputan6, Kompas, dan Sindonews di posisi lima besar.

Tribunnews menjadi media online terpopuler karena merupakan media jaringan (Tribun Network).

Di laman profilnya disebutkan, Tribunnews dikelola PT Tribun Digital Online, Divisi Koran Daerah Kompas Gramedia yang didukung jaringan 28 koran daerah atau Tribun Network dan memiliki hampir 500 wartawan di 22 kota penting di Indonesia.

Tribunnews.com merupakan induk bagi lebih dari 20 situs berita daerah Tribun Network, seperti Tribun Jakarta, Tribun Jabar, Tribun Surabaya, dll.

Kekuatan jaringan, ditambah teknik SEO dan gaya jurnalisme umpan klik, membuat Tribunnews menggeser dominasi detik.com yang sebelumnya bertengger di peringkat satu sebagai situs berita terpopuler di Indonesia.

Dari 50 top sites di Indonesia, ada dua situs berita baru yang berhasil menembus posisi 7-8 besar media online terbanyak dibaca di Indonesia, yakni IDN Times dan Kumparan.

Daftar Situs Berita Paling Banyak Dibaca di Indonesia

Berikut ini daftar 16 situs terpopuler atau berita paling banyak dibaca di Indonesia menurut data Top Sites Alexa hingga 16 Januari 2019.

  1. Tribunnews.com
  2. Detik.com
  3. Liputan6.com
  4. Kompas.com
  5. Sindonews.com
  6. Okezone.com
  7. Idntimes.com
  8. Kumparan.com
  9. Merdeka.com
  10. Kapanlagi.com
  11. Cnnindonesia.com
  12. Viva.co.id
  13. Suara.com
  14. Tempo.co
  15. Jawapos.com
  16. Jpnn.com

Top 5 Situs Berita di Indonesia versi Alexa

tribunnews detikcomLiputan6 kompas-comsindonews

Baca Juga Website Terpopuler yang Paling Sering Dikunjungi di Indonesia

Daftar situs berita paling banyak dibaca di Indonesia ini mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang bingung harus membuka media online yang mana untuk mengakses berita di internet.

Saya sendiri jarang buka Tribunnews karena judul dan isi berita suka beda, namanya juga umpan klik (clickbait).

Selain itu, berita di Tribunnews biasanya diajikan dalam beberapa halaman (multiple pages) sehingga kita harus berkali-kali klik “halaman berikutnya”. Clickbait dan multiple pages merupakan “trik” Tribunnews untuk meningkatkan pageviews dan trafik.

Kalo saya sering buka Detik, Liputan6, CNN Indonesia, Republika, dan Pikiran Rakyat. Mana situs berita favorit Anda? Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Media Media Online Media Siber Situs Berita

Related Post

Leave a reply