Daftar Top 10+ Situs Berita Terpopuler di Indonesia

  • Whatsapp

Berikut ini Top 10+ Situs Berita atau media online terpopuler di Indonesia. Data situs web berita terpopuler ini diambil dari daftar 50 website terbanyak dibaca atau dikunjungi pengguna internet di Indonesia.

situs berita terbaik

 

Situs berita adalah surat kabar online berupa website berisi informasi peristiwa dan masalah aktual bertema umum. Situs berita dikenal juga dengan istilah media online, media siber, atau portal berita (news portal).

Dugaan saya, kebanyakan pengguna internet mengakses situs berita melalui mesin pencari (Google, Bing, Yahoo) dan media sosial.

Saya sendiri lebih sering membuka situs berita melalui Twitter. Saya follow situs berita favorit. Di sanalah saya memilih link berita yang ingin dibaca.

Baca Juga

Situs Berita Terpopuler di Indonesia

Berikut ini website berita umum terpopuler atau terbanyak dibaca di Indonesia. Peringkat ini menurut data Alexa yang saya akses 5 Agustus 2021.

  1. Okezone.com
  2. Tribunnews.com
  3. Kompas.com
  4. Pikiran-rakyat.com
  5. Detik.com
  6. Suara.com
  7. Kumparan.com
  8. Liputan6.com
  9. Merdeka.com
  10. Sindonews.com
  11. Jawapos.com
  12. CNNindonesia.com
  13. JPPN.com
  14. CNBCIndonesia.com
  15. IDNTimes.com

Data sebelum 2020, Detikcom dan Tribunnews bersaing ketat di peringkat 1 dan 2. Kini Detikcom turun ke peringkat 5, di bawah Okezone yang ada di nomor 1 dan “tiga serangkai” Tribunnews, Kompas, dan Pikiran Rakyat yang tampaknya “satau manajemen SEO”.

Kompas terdongkrak nama besarnya sebagai “brand” surat kabar ternama di Indonesia. Demikian pula Pikiran Rakyat yang kini masuk 4 besar berkat “strategi SEO” berupa networking sebagaimana dijalankan Tribunnews.

Situs berita lainnya, seperti Kontan.co.id, Tempo.co, dan Wartaekonomi.co.id ada di posisi 16, 17, dan 18 dalam daftar situs berita paling banyak dibaca di Indonesia.

Data Similarweb

Data situs terpopuler lainnya antara lain disajikan Similarweb. Ada top 5 news and media di Indonesia yang disajikan di laman utamanya.

Data yang diakses 5 Agustus 2021 menunjukkan, Kompas menempati peringkat pertama, diikuti Detikcom dan Tribunnews.

1. Kompas.com
2. Detik.com
3. Tribunnews.com
4. Suara.com
5. Jpnn.com

Jumlah situs berita atau media online di Indonesia, menurut data Dewan Pers 2018, mencapai 43.300 situs (Jurnal Dewan Pers, November 2018). Saat ini kemungkinan jumlahnya masih di sekitar itu. Ada yang baru, ada juga yang “mati” atau tidak bisa bertahan.

Halaman berikutnya berisi data situs berita terpopuler tahun lalu.

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

4 comments

  1. Situs situs berita yang seperti inilah yang telah membantu kita tetap update dalam informasi terbaru dari berbagai jenis informasi. Makasih infonya min.