Daftar Top 10+ Situs Berita Terpopuler di Indonesia

7481 views

Berikut ini Top 10+ Situs Berita atau media online terpopuler di Indonesia. Data situs web berita terpopuler ini diambil dari daftar 50 website terbanyak dibaca atau dikunjungi pengguna internet di Indonesia.

situs berita terbaik

 

Situs berita adalah surat kabar online berupa website berisi informasi peristiwa dan masalah aktual. Situs berita dikenal juga dengan istilah media online, media siber, atau portal berita.

Dugaan saya, kebanyakan pengguna internet mengakses situs berita melalui mesin pencari (Google, Bing, Yahoo) dan media sosial.

Saya sendiri lebih sering membuka situs berita melalui Twitter. Saya follow situs berita favorit. Di sanalah saya memilih link berita yang ingin dibaca.

Situs Berita Terpopuler di Indonesia

Dulu detik.com cukup lama bertahan di “puncak klasemen” situs berita di Indonesia. Lalu Tribunnews.com menyalipnya. Keduanya bersaing ketat hingga kini.

Belakangan, Okezone.com dan Sindonews.com juga merangsek ke papan atas situs berita terpopuler. Saat postingan ini dibuat, Sindonews nangkring di puncak daftar situs terbanyak diakses pengguna internet di Indonesia.

Berikut ini Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia berdasarkan Data Alexa 23 Juni 2020 .

  1. Okezone.com
  2. Tribunnews.com
  3. Detik.com
  4. Kompas.com
  5. Sindonews.com
  6. Liputan6.com
  7. Merdeka.com
  8. Suara.com
  9. Kumparan.com
  10. Idntimes.com
situs berita okezone

Okezone situs berita nomor satu di Indonesia per 23 Juni 2020 versi Alexa

Di bawah ke-10 situs berita terpopuler atau terbanyak dibaca di Indonesia itu, berikut ini daftar 10 situs berita lainnya di posisi 11-20 dalam daftar peringkat Alexa.

11. JPNN.com
12. CNNIndonesia.com
13. Pikiran-rakyat.com
14. CNBCIndonesia.com
15. Republika.co.id
16. Viva.co.id
17. Tempo.co
18. Kontan.co.id
19. Akurat.co
20. Antaranews.com

Saya suka baca CNN Indonesia dan CNBC Indonesia. Menurut saya, kedua situs berita jaringan yang pusatnya di Amerika Serikat itu “ramah pengguna” (user friendly) dibandingkan situs berita lainnya.

CNN dan CNBC jarang menyajikan berita berhalaman-halaman (multipages) yang “menyiksa” pembaca untuk klik Page 1, Page 2, atau Halaman Berikutnya.

Nyaris semua situs berita menyajikan berita dalam beberapa halaman demi PageViews.

Demikian daftar situs berita terpopuler di Indonesia. Di halaman berikutnya adalah data lama daftar situs berita terbanyak dibaca di Indonesia yang saya list tahun lalu.

 

Media Online Media Siber Situs Berita Situs Terbanyak Pengunjung Web Terpopuler

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

  1. author
    jef11 months agoReply

    mantap nih, bantu situs saya juga biar berkembang seperti mereka.

  2. author

    semakin berkembang teknolog, maka saya yakin akan semakin banyak situs situs indenesia yang berkelas dunia

Leave a reply