10 Tips SEO Terpenting dari Neil Patel

203 views

Neil Patel adalah pakar pemasaran daring (online marketing) dan pengoptimalan mesin pencari (SEO) ternama dari Inggris. Tips dan saran-sarannya terbukti ampuh meningkatkan jumlah pengunjung website/blog dan mendongkrak penjualan.

seo pengoptimalan mesin pencari

Tips SEO terpenting berikut ini saya sadur dari tulisannya “The 10 Most Important SEO Tips You Need to Know“.

Di awal tulisannya, Patel mengatakan, banyak yang telah berubah dalam dunia optimisasi mesin pencari (SEO). Namun, prinsip-prinsip dasar tertentu tetap tidak berubah.

Brian Dean melakukan pekerjaan yang luar biasa ketika ia membuat pos yang menampilkan 200 faktor peringkat Google. Postingan itu kemudian menjadi sangat populer, menghasilkan ribuan petunjuk baru, dari pencarian organik, untuk Brian.

Patel menunjukkan 10 tips SEO paling penting yang perlu Anda ketahui saat ini.

Jika Anda fokus pada teknik ini, kata Neil Patel, Anda pasti akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas organik ke blog Anda dan meningkatkan peringkat pencarian Anda tanpa risiko penalti Google.

10 Tips SEO Terpenting

1. Kecepatan (Fast Loading)

Hapus apa pun yang memperlambat situs Anda! Kecepatan halaman (page speed) adalah faktor penting dalam SEO. Dulu kecepatan loading web/blog tidak terlalu penting.

Situs yang tampil lambat masih bisa di peringkat atas Google. Namun, kini kecepatan menjadi faktor terpenting bagi mesin pencari dan pengguna.

Halaman yang lambat dapat membuat frustrasi pengalaman pengguna dan pada akhirnya membuat orang enggan untuk membeli produk Anda.

Kecepatan halaman sangat penting, baik bagi pengguna maupun mesin pencari. Menurut eConsultancy, “40% orang meninggalkan situs web yang membutuhkan lebih dari 3 detik untuk memuat.”

Pada 9 April 2010, Google memasukkan kecepatan situs sebagai salah satu faktor peringkat yang sangat penting.

Ini berarti bahwa jika halaman Anda lambat, Anda berjuang keras untuk mendapatkan daftar organik teratas, terlepas dari kualitas konten Anda atau desain situs web profesional Anda.

kecepatan halaman web

 

Menurut penelitian internal raksasa mesin pencari itu, ketika sebuah halaman memuat dengan lambat, pengunjung menghabiskan lebih sedikit waktu di sana.

Di sisi lain, pemuatan halaman yang lebih cepat mengurangi biaya pengoperasian dan meningkatkan pengalaman pengguna, di antara manfaat lainnya.

Singkirkan elemen tidak penting yang memperlambat situs Anda. Jika Anda adalah pengguna WordPress, pertimbangkan menonaktifkan plugin yang mungkin telah Anda instal dan aktifkan tetapi sebenarnya tidak perlu.

Lihat:

2. Link

Tautan (link) ke situs web lain dengan konten yang relevan. Menautkan ke blog lain sangat penting dalam SEO.

Pembuatan tautan (link building) tetap menjadi bagian mendasar dari strategi optimisasi mesin pencari pintar.

Jangan ragu memasang link ke web lain dalam tulisan Anda, apalagi jika itu mengarah pada sumber, referensi, atau tambahan informasi.

Anda tidak dapat berharap untuk mendapatkan dari orang lain jika Anda tidak mau memberi lebih dulu. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan tautan masuk dari blog resmi, salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menunjukkan kesediaan Anda untuk menautkan ke blog tersebut dari konten Anda sendiri.

Lebih penting lagi, Anda dapat memberi tahu influencer ketika Anda menautkannya, dan, jika posting Anda berharga, mereka dapat menautkannya kembali kepada Anda, membagikan posting tersebut atau bahkan mengirimnya email ke daftar pelanggan email mereka yang besar.

Membangun tautan juga semua tentang kualitas, bukan kuantitas. Anda akan membangun lebih banyak kepercayaan pada niche Anda jika Anda memiliki beberapa tautan otoritatif daripada selusin tautan berkualitas buruk.

3. Menulis untuk orang, bukan mesin

Menulis untuk manusia terlebih dahulu, mesin pencari kedua. Akhir-akhir ini, makin banyak blogger dan pembuat konten akan kembali ke metode SEO lama dengan mengulang-ulang kata kunci, sehingga tulisan tampak tidak alami dan tidak ditujukan untuk pembaca, tapi mesin pencari.

Banyak orang masih tidak memanfaatkan “kata kunci ekor panjang” (long-tail keywords), lebih memilih untuk mencoba memanipulasi mesin pencari.

Itu pendekatan yang salah.

Jangan memprioritaskan mesin pencari daripada manusia yang membaca tulisan Anda. Sebaliknya, tulis konten untuk pengguna.

Laba-laba pencarian (search spiders) hanyalah skrip – mereka tidak membeli produk, mereka tidak terlibat dengan Anda di media sosial, dan mereka tidak akan menjadi pelanggan setia.

Apa artinya menulis untuk pengguna terlebih dahulu, sebelum mesin pencari?

Sederhana saja.

Lupakan bahwa Google dan mesin pencari lainnya itu ada saat Anda menulis. Sebaliknya, buat konten yang akan membantu seseorang. Ini dikenal sebagai SEO copywriting.

Ketika Anda mengutamakan pengguna, Anda akan benar-benar menulis konten yang bermanfaat yang akan dihargai oleh mesin pencari, karena mesin pencari mengikuti pengguna. Bukan sebaliknya.

Pada saat yang sama, Anda akan meningkatkan pengalaman pengguna dan membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

4. Backlink

Backlink adalah sebuah link yang di tanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website Anda.

Dorong situs tepercaya lainnya untuk menautkan ke situs Anda. Sebagian besar, tautan masuk (backlink) masih merupakan urat nadi peringkat mesin pencari.

Membuat konten yang bermanfaat akan membuat situs lain membuat link yang mengara ke tulisan atau situs Anda secara alami. Ini adalah inti dari pembuatan backlink yang efektif.

5. Analisis web

Siapkan analisis web sejak awal. Setelah menentukan tujuan pengoptimalan mesin pencari Anda dengan jelas, Anda memerlukan perangkat lunak untuk melacak apa yang berfungsi dan apa yang tidak.

Google Analytics dan Google Search Console dapat membantu Anda melacak kesuksesan situs Anda.

Manfaat Google Analytic a.l. untuk memantau pengunjung, mengetahui konten populer, dan ptimalisasi kata kunci.

6. Meta deskripsi

Tulis deskripsi meta yang unik dan relevan untuk setiap halaman. Salah satu tips SEO paling penting yang diabaikan kebanyakan orang adalah deskripsi meta (meta description) yang dibuat dengan baik.

Deskripsi meta adalah bagian pertama yang dilihat orang ketika Google menyajikan halaman Anda untuk pengguna.

Secara umum, raksasa mesin pencari tidak menyukai konten duplikat. Ya, ada kalanya ada kebutuhan untuk mengutip paragraf atau kalimat dari situs lain (dan menautkan kembali ke sumber), tetapi jika menerbitkan konten duplikat menjadi cara hidup Anda, Anda mungkin akan dihukum oleh Google.

Jika Anda pengguna WordPress, Anda dapat memperbaiki deskripsi meta duplikat dengan menginstal plugin All-In-One-SEO Pack atau Yoast.

7. URL

Gunakan URL atau permalink yang mudah dibaca dan bermakna saja. Jika pengguna tidak dapat membaca atau memahami URL Anda, maka mesin pencari mungkin juga bingung.

URL harus mudah dimengerti, baik bagi pengguna maupun mesin pencari. Tidak ada angka atau karakter, selain kata dan tanda hubung.

Jauhi URL halaman seperti ini: http://www.romeltea.com/article/272531

Ingat, mesin pencari mengikuti pengguna pencarian.

Brian Clark pernah berkata , bot Google seperti bayi, yang perlu diberi makan secara teratur. Dia benar.

Bahkan di zaman evolusi pencarian ini, termasuk RankBrain, laba-laba pencarian masih berupa program, bukan manusia. Anda perlu membimbing mereka.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan URL halaman Anda dari infografis ini:

URL SEO Friendly

 

8. Media Sosial

Bangun momentum dengan sinyal sosial. Bagikan atau promosian situs web/blog Anda di media sosial.

Media sosial adalah bagian integral dari strategi SEO, dan sinyal pencarian sangat penting. Anda harus fokus pada peningkatan milik Anda.

Memang benar bahwa Google tidak menambahkan sinyal sosial ke dalam faktor-faktor algoritma peringkat mereka, tetapi sinyal sosial memang memengaruhi peringkat mesin pencari.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak sinyal sosial, aturan tidak berubah. Berikut ringkasannya:

  • Buat konten yang bermanfaat yang layak dibagikan di seluruh platform media sosial Anda.
  • Tambahkan tombol bagikan (share button) di situs Anda.
  • Dorong orang untuk berbagi, dengan meminta mereka melakukannya.
  • Adakan kontes media sosial untuk mendapatkan lebih banyak share.
  • Sebutkan dan tautkan ke influencer / pengguna media sosial di postingan Anda dan beri tahu mereka.
  • … Dan masih banyak lagi. Media sosial siap membantu Anda. Gunakan itu, dan gunakan dengan baik.

 

9. Optimalkan Gambar

Gunakan kata kunci yang tepat dalam gambar Anda. Gambar penting dalam optimasi mesin pencari.

Google mendedikasikan seluruh bagian dari hasil pencariannya untuk gambar. Ini akan memberi tahu Anda seberapa khawatir raksasa mesin pencari itu dengan gambar.

Anda harus menggunakan kata kunci yang tepat dalam nama gambar Anda dan teks yang menyertainya (seperti keterangan).

Namun, jika gambar Anda adalah “topi wanita biru,” jangan beri nama gambar Anda “klik di sini untuk membeli topi.”

Selalu ingat bahwa dalam optimasi mesin pencari, relevansi lebih penting daripada kreativitas atau kepintaran.

10. Konsisten

Buat & publikasikan konten unik secara konsisten untuk meningkatkan peringkat situs Anda. Lakukan update secara rutin agar kesegaan konten situs terjaga.

Memproduksi konten yang unik dan menarik merupakan tantangan bagi sebagian besar pemasar.

Jika Anda bukan Brian Dean, yang menguasai seni promosi konten dan secara teratur dapat membuat puluhan ribu pengguna membaca posting baru dan membaginya dengan orang lain di media sosial, cara termudah untuk mengoptimalkan kesegaran konten web Anda adalah dengan membuat konten secara konsisten.

Jika Anda memilih untuk memasarkan bisnis Anda secara online, maka membuat posting blog yang unik dan bermanfaat bukanlah suatu pilihan – itu suatu keharusan.

Kesimpulan

Usia domain atau halaman web juga merupakan salah satu tips SEO terbaik yang harus Anda ingat. Memang, itu penting untuk kesuksesan Anda.

Karena alasan itu, jangan terus-menerus mengubah nama domain Anda. Pilih satu dan pertahankan, kecuali ada alasan yang sangat bagus untuk mengubahnya.

Jika Anda telah mempublikasikan posting di masa lalu yang tidak lagi relevan bagi pengguna, terutama karena perubahan Google baru-baru ini, maka alih-alih menulis artikel baru, berusahalah untuk memperbarui halaman itu. Lakukan update!

Baca juga: Update Tema & Tulisan Bagian dari SEO.

Ketika membangun tautan, pikirkan kualitas, bukan kuantitas. Jangan lupa untuk membuat halaman web Anda mobile-friendly!

Itu dia 10 tips SEO terpenting yang harus diterapkan, agar situs web/blog kita mudah dirayap, diindeks, dan diperingkat Google, sehingga mendatangkan banyak pembaca. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

seo SEO Terbaru tips SEO Tips SEO Website

Related Post

Leave a reply