Tips Siaran Radio : Duduk Tegak!

  • Whatsapp

penyiarANDA akan memulai siaran radio. Jangan lupakan tips siaran radio berikut ini.

Sederhana, namun tips siaran radio ini menentukan kesuksesan siaran Anda.

1. Datang lebih awal.

Hadir di studio minimal 15 menit sebelum siaran. Cek semua perangkat siaran dengan ”mengintip” penyiar sebelum Anda.

Barangkali ada masalah di mike, headphone, line telp, SMS, de el el? Cek juga barangkali ada materi siaran “titipan” dari PD atau dari bagian lain, termasuk adakah ”iklan baca” (adlibs)?

Jika ada, pelajari, biar saat menyampaikan kepada pendengar Anda sudah familiar betul dengan informasi tersebut.

Baca Juga

2. Baca berita.

Sempatkan baca koran hari itu, jika belum baca; dan sempatkan cek berita terbaru di internet, buka situs berita online, dan cari berita terbaru, ter-up to date, khususnya berkenaan dengan materi siaran.

Anda adalah ”referensi” pendengar dalam hal info terbaru. Pendengar mengasumsikan radio adalah gudang info, selain gudang lagu, karenanya menjadi rujukan bagi ketersediaan info terbaru.

3. Rileks

Pastikan Anda rileks, tenang, tidak tegang, tidak gugup, juga tidak dalam kondisi tertekan. Jika agak gugup, tarik nafas. Lakukan teknik pernafasan dasar.

4. Duduk nyaman

Duduk senyaman mungkin di kursi siaran; cari posisi ternyaman; layaknya Anda bersiap untuk santap malam di sebuah kafe, resto, atau di rumah.

5. Duduk tegak!

Don’t slouch! Jangan duduk membungkuk! Tegak!

Jangan sampai perut Anda tertekan. Jika sabuk Anda terlalu kencang, longgarkan. Bebaskan perut Anda biar suara diafragma keluar dengan baik. Duduk membungkuk dapat memengaruhi kualitas suara/vokal karena diafragma tertekan.

6. Cek alat

Pastikan semua perangkat siaran berfungsi dengan baik; komputer, music player, dll. Jika Anda siaran setelah penyiar lain, biasanya Anda tenang-tenang saja, karena menganggap semuanya berjalan baik; everything is OK – unless they say different! (www.romeltea.com).*

dasar dasar siaran radio

Artikel Terkait

Leave a Reply

2 comments