Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar

  • Whatsapp

Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar menurut bahasa dan syariat Islam. Penulisan Idulfitri yang baku dan ucapan Taqabbalallahu minna waminkum beserta teks Arab dan artinya.

Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar

ULASAN tentang Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar ini dari dua perspektif, yakni secara bahasa (Indonesia) dan secara syari’at (sunah Rasulullah Saw dan para sahabat).

Saat lebaran, kaum muslim umumnya saling berkirim ucapan selamat dengan beragam ungkapan. Ada yang merangkai kata-kata puitis bak pujangga, menggunakan gambar, dan video.

Ucapan selamat lebaran atau idulfitri yang umum disampaikan atau kita terima adalah sebagai berikut:

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri (Tidak Baku)
  2. Selamat Idulfitri (Baku)
  3. Selamat Lebaran (Baku)
  4. Mohon Maaf Lahir dan Batin
  5. Minal ‘Aidin wal Faizin (من العائدين و الفائزين)
  6. Taqabbalallhu minna waminka (تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك)
  7. Taqabbalallahu Minna Wa Winkum (تقَبَّلَ الله ُمِنَّا وَمِنْكُمْ)

Hukum mengucapkan selamat lebaran sendiri adalah boleh (mubah), tidak sunat apalagi wajib. Kata ustadz saya, tidak ada ayat Al-Qur’an ataupun hadits yang memerintahkan kaum muslim mengucapkan selamat lebaran saat Idulfitri ataupun Iduladha.

Baca Juga

Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar

Bagaimana ucapan selamat idul fitri yang benar?

Secara bahasa, ucapan selamat lebaran yang benar atau baku adalah Selamat Idulfitri, tanpa ada tambahan Hari Raya. Alasannya, Idulfitri sudah mengandung makna hari raya.

Satu lagi, penulisan kata idulfitri yang benar disatukan, idulfitri, tidak dipisah —idul fitri. Jadi, yang benar (baku) adalah idulfitri.

Mari kita cek Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring). Idulfitri artinya “hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan”.

KBBI tidak mencantumkan arti kata idul fitri (dipisah) karena yang baku adalah idulfitri (disatukan).

Secara syari’at, belum ditemukan referensi atau riwayat tentang bagaimana Rasulullah Saw mengucapkan selamat lebaran di Idulfitri.

Yang banyak beredar adalah atsar, yatu perilaku sahabat Nabi Saw, sebagaimana dibahas di banyak situs-situs keislaman seperti muslim.or.id dan konsultasisyariah.com.

Salah satunya riwayat dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah Saw berjumpa dengan hari Id, satu sama lain saling mengucapkan “Taqobbalallahu minna wa minka” (semoga Allah menerima amalku dan amal kamu).

Imam Ahmad berkata, “Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya id mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka.”

Ucapan Selamat Hari Lebaran Idul Fitri – Teks Arab dan Artinya

Berikut ini Ucapan Selamat Idulfitri berupa teks Arab dan artinya yang dapat kita sampaikan kepada kerabat dan sahabat saat lebaran, via media sosia WhatsApp (WA), dll.

تقبل الله منا ومنكم

Taqabalallahu minna wa minkum.

Artinya “Semoga Allah menerima ibadah kita”. Adajuga yang ditambahkan dengan “Shiyamana wa shiyamakum” (puasa kami dan puasa kalian alias puasa kita).

تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمُ

Taqabal ya kariim

Artinya: Terimalah Wahai Dzat Mahamulia). Ini jawaban atas ucapan Taqabalallahu minna wa minkum yang berupa doa. Kita aminkan agar doa dikabulkan Allah SWT.

تقبل الله طاعتكم

Taqobbalahu Thoa’atakum

Artinya: semoga Allah terima amal ketaatannya)

من العائدين و الفائزين

Minal ‘Aidin wal Faizin.

Artinya: dari golongan yang kembali dan menang.

Harap diperhatikan penulisannya yang benar (baku) adalah Minal ‘Aidin wal Faizin

عيدكم مبارك

‘Idukum Mubarok

Artinya: Semoga hari raya Anda penuh keberkahan

عيدكم سعيد

Idukum Sa’id

Artinya: Semoga hari raya Anda penuh kebahagiaan.

Jadi, standar ucapan selamat lebaran yang benar adalah Selamat Idulfitri, Taqabalallahu minna wa minkum.

taqabbalallahu minna waminkum

Demikian Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar dalam arti baku secara bahsa (Indonesia) dan sesuai dengan syari’at Islam, dalam hal ini contoh dari para sahabat Rasulullah Saw. Wallahu a’lam bish-shawab.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply