10 Posting Blog Terbanyak Dibaca di Romeltea Dot Com

1527 views

POSTING atau postingan –sebutan untuk isi, konten, atau tulisan yang dimuat di blog– di romeltea.com belum mencapai 1000 artikel. Baru 900-an.

posting terpopuler

Sebanyak 10 di antaranya menjadi posting terbanyak dibaca alias Popular Posts aka Most Read.

Padahal, blog ini online sejak 2009!

Kok bisa? Ya, bisa lah! Banyak orang “memfitnah” saya sebagai blogger yang produktif menulis atau mengisi blog. Fatanya, dalam 11 tahun cuma menghasilkan 900-an artikel. Dikit ‘kan?

Ok. Blog yang saya kelola memang bukan hanya romeltea.com. Masih ada blog lain, seperti romelteamedia.com dan blogromeltea.blogspot.com di platform Blogger.

Posting kali ini saya ingin membahas tulisan “terlaris”, terbanyak dibaca, di romeltea.com.

Ternyata, kebanyakan postingan yang dikunjungi adalah artikel “ringan” bertema “bahasa”. Bukan yang berat-berat!

Coba perhatikan judul-judul tulisan terpopuler berikut ini:

Top 10 Popular Posts

  1. Hati-Hati Menuliskan Wallahu A’lam
  2. Link Download File CorelDraw Kalender 2020 M/1441 H Lengkap 12 Bulan
  3. Kode Etik Humas: Etika Profesi Public Relations
  4. Penulisan Kata Terima Kasih yang Benar Dipisah
  5. Penulisan kata “tanggung jawab”, disambung atau tidak?
  6. Penulisan kata “antar” dan “di antara”
  7. Daftar Kata Baku – Tidak Baku Bahasa Indonesia
  8. Media Massa: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Fungsi, dan Peran
  9. Kontroversi Penulisan Singkatan SWT dan SAW
  10. Cara Download Buku Google (Google Books)

Dari daftar di atas, artikel bertema “berat” atau “serius” cuma dua: kode etik humas dan media massa. Sisanya soal bahasa dan download.

Padahal, blog ini punya tagline (slogan) “Blog Komunikasi Jurnalistik dan Media”. Lha, konten jurnalistiknya ga ada yang masuk 10 besar!

Kumaha atuh?

Ah, nya teu sawios. Anda mungkin bisa mengambil “hikmah” dari daftar 10 postingan terpopuler ini. Bagi saya, itu tadi… ternyata konten blog mah jangan serius teuing.

Perpaduan saja, antara yang ringan dan berat.

Namanya juga blog. Blog adalah website pribadi. Isinya berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Kembali ke judul postingan ini. Saya akan ringkas apa sih isi 10 postingan terbanyak dibaca di romeltea.com ini?

website komunikasi romeltea

Ringkasan Konten Artikel Terpopuler

1. Hati-Hati Menuliskan Wallahu A’lam

Tulisan ini saya buat ketika menemukan banyak penulisan wallahu a’lam yang keliru. Khususnya dalam penempatan koma di atas (‘) atau tanda penyingkat (apostrof).

Wallahu a’lam artinya “Dan Allah Lebih Tahu” atau “Dan Allah Mahatahu”. Kata a’lam berasal dari kata ‘alama atau ‘alima (mengetahui).

Postingan ini banyak direpost blogger lain, dengan copy paste, juga ada yang plagiat (tidak menyebutkan sumber).

2. Link Download File CorelDraw Kalender 2020 M/1441 H Lengkap 12 Bulan

Postingan yang inimah “rutin” di-update tiap akhir tahun. Nanti menjelang pergantian tauhun judulnya akan berubah, menjadi 2021 M/1442 H.

Secara, tiap pergantian tahun, orang butuh kalender. Desainer banyak yang nyari “mentahan” kalender dalam format file CorelDraw yang bisa didesain ulang “sesuka hati”.

3. Penulisan kata “tanggung jawab”, disambung atau tidak?

Tulisan ini berasal dari pertanyaan (konsultasi). Penanya bingung, penulisan kata “tanggung jawab” yang benar (baku) disambung atau tidak.

Penulisan yang baku dipisah: “tanggung jawab”. Demikian juga jika diberi awalan: “bertanggung jawab”, “penanggung jawab”, keduali diberi awalan dan akhiran: “mempertanggungjawabkan”.

Bahas soal kata atau penulisan baku mah gambang atuh. Buka saja KBBI Daring. Itu laman resmi soal bahasa Indonesia dari Kemendikbud.

4. Kode Etik Humas: Etika Profesi Public Relations

Ini baru postingan serius. Terkait profesi humas atau PR. Kode etik humas meliputi: Code of conduct –etika perilaku sehari-hari terhadap integritas pribadi, klien dan majikan, media dan umum, serta perilaku terhadap rekan seprofesi.

Code of profession – etika dalam melaksanakan tugas/profesi humas. Code of publication – etika dalam kegiatan proses dan teknis publikasi.

5. Penulisan Kata Terima Kasih yang Benar Dipisah

Ini soal “sepele”, namun jika dalam surat atau dokumen resmi harus baku atuh. Penulisan kata “terima kasih” yang benar itu dipisah, tidak disatukan. Kasusnya sama dengan penulisan kata “tanggung jawab”.

6. Penulisan kata “antar” dan “di antara”

Kata “antar” adalah bentuk terikat dalam lingkungan atau hubungan yang satu dengan yang lain, misalnya antarbangsa, antarnegara, antarpulau.

Kata “antar” dituliskan terikat dengan kata benda yang diterangkannya atau diikutinya, seperti halnya bentuk-bentuk pra, serba, pasca, dan anti. Contoh: antarpulau, antarkampung, antarkota, antar-kelurahan.

Kata “antara” memiliki beberapa arti. Jika diawali kata “di”, biasanya merujuk pada tempat –di sela-sela dua benda, di tengah dua benda (orang, tempat, batas, dsb.).

Karena “antara” bermakna tempat, maka penulisan “di antara” harus dipisah, sebagaimana penulisan “di mana”, “di sini”, “di sana”, “di Bandung”, “di sungai”.

7. Daftar Kata Baku – Tidak Baku Bahasa Indonesia

Ini postingan tentang daftar kata baku yang sering salah eja atau salah tulis. Misalnya: imbau, andal, embus, risiko, ekstrem, utang, Anda (menggunakan huruf A kapital), pikir, paham, napas, dan banyak lagi.

Kata baku sering terabaikan atau diabaikan, bahkan oleh kalangan wartawan yang “kurang terdidik”.

8. Media Massa: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Fungsi, dan Peran

Postingan ini membahas selengkap mungkin pengertian media massa (mass media) serta karakteristik, jenis, fungsi, dan perannya.

Postingan ini mirip makalah. Banyak dibaca karena mungkin ada mata kuliah seperti komunikasi massa, manajemen media, dll.

9. Kontroversi Penulisan Singkatan SWT dan SAW

Postingan ini mengulas “khilafiyah” di kalangan umat Islam mengenai penyingkatan kalimat dalam bahasa Arab, yakni Subhahu wa ta’ala (untuk Allah) dan Shallallahu ‘alaihi wa salam (untuk Nabi Muhammad).

Satu pihak menyatakan tidka boleh disingkat SWT dan SAW. Harus lengkap. Pihal lain mengataan tak masalah, karena ini bahasa tulisan, bukan lisan, jadi boleh disingkat Swt dan Saw. Toh makna dan maksudnya sama.

10. Cara Download Buku Google (Google Books)

Postingan ini tentang cara mengunduh Buku Google. Ini postingan khas blogger banget: berbagi (share) tips. Semoga berkah dan mendatangkan pahala. Amin!

Demikian ulasan tentang 10 Posting Blog Terbanyak Dibaca di Romeltea Online. Daftar ini bisa berubah sewaktu-waktu. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Artikel Populer Blog Posting Populer Tulisan Terpopuler

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

  1. author
    aink go id2 months agoReply

    iya yg ringan2 yg mengena biasanya begitu, yg berat2 lebih enak baca buku

    • author
      romeltea (Author)1 month agoReply

      Bener juga ya, tema serius mah baca buku lebih bagus

Leave a reply