Basic Article: Cara Menulis Posting Pertama di Blog

139 views

Begitu selesai membuat blog, apa yang harus ditulis atau diposting pertama kali? Jawabnya: buatlah artikel dasar (basic article). Tips ini untuk blogger pemula yang baru membuat blog dan “bingung” mau nulis apa dulu sebagai postingan perdana.

Ilustrasi Blogging

Jadikan basic article sebagai posting pertama blog Anda. Ini sering dilupakan blogger pemula, bahkan mungkin kebanyakan blogger, termasuk saya dulu.

Fungsi artikel dasar ini bukan saja sebagai posting atau konten perdana, tapi juga bisa membantu SEO blog.

Artikel dasar ini merupakan “posting perkenalan” kepada mesin pencari dan pengunjung. Pastikan ia berisi kata kunci yang menjadi niche blog sekaligus deskripsi konten blog secara keseluruhan yang akan dibuat.

Isi “basic article” ini serupa dengan konten “About” (Tentang) dan sebaliknya. Karenanya, basic article ini juga bisa dicopas ke halaman “About”.

Isi Basic Article: Posting Pertama Blog

Apa yang ditulis di basic article yang menjadi posting pertama blog ini? Berikut ini panduannya. Anda bebas berekspresi atau improvisasi. Ini sekadar inspirasi.

1. Judul Tulisan

Buat judul posting yang sesuai dengan nama blog, alamat blog, ataupun meta tags deskripsi. Misalnya, jika nama blog berupa nama Anda, judul artikel dasar ini “Ahmad Fulan, Blog tentang Bisnis Online dan Media Sosial”.

2. Kenalkan diri.

Di awal kalimat, Anda bisa menyampaikan salam “halo” atau “Assalamu’alaikum”, lalu sebutkan nama. Bisa nama asli, bisa nama panggilan, nama online, bisa juga “nama beken Anda”.

Setelah menyebutkan nama, sebutkan domisili Anda, tapi jangan tuliskan alamat lengkap untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, kecuali alamat kantor atau alamat toko Anda –jika berupa blog bisnis.

Sebutkan juga email Anda (sebaiknya di bagian akhir), tulis juga mina dan hobi (passion) Anda, atau profesi Anda secara umum, juga keahlian Anda. Intinya, sebutkan identitas Anda secara umum.

3. Sebutkan alasan ngeblog.

Setelah perkenalan nama dan identitas lain, sebutkan alasan mengapa Anda membuat blog. Misalnya, karena ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan, ingin melatih keterampilan menulis, ingin bisnis online, atau apa pun yang mendorong Anda membuat blog.

4. Sebutkan isi blog.

Setelah mengemukakan alasan ngeblog, lanjutkan dengan menyebutkan niche, tema, atau topik tulisan apa saja yang akan diposting di blog Anda.

Gambarkan blog Anda akan berisi apa saja, sehingga bisa membuat pengunjung kembali ke membuka blog Anda, bahkan membookmark blog Anda, atau minimal bisa membuat pembaca berlangganan (subscribe).

Misalnya, “Di blog ini saya akan berbagi tentang ….”

5. Sebutkan target pembaca.

Di posting pertama blog, Anda juga bisa menyebutkan target audiens blog yang kemungkinan bisa menjadi pengunjung setia.

Sebutkan, misalnya, blog Anda ditujukan bagi pembaca yang hobi memelihara burung (jika isi blognya nanti seputar burung), dan seterusnya.

Itu dia panduan mengisi blog untuk pertama kali, atau cara menulis posting pertama blog, berupa “basic article” (artikel dasar). Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blog Blogging Posting Blog

Related Post

  1. author

    Makasih infonya mas 😀

Leave a reply