Beda Straight News dan News Feature

3244 views

berita-jurnalistik-newsAkang Romel, senangnya bisa bertemu walau hanya sebatas via internet. Saya sudah membaca buku Akang, lho.

Yang saya mau tanya:

1. Dalam buku akang, hanya ada 5 jenis berita, dan feature tidak termasuk dalam jenis berita. Lantas bagaimana dengan news feature? apakah masuk ke dalam interpretative news?

2. Mungkinkah dalam straight news tulisannya panjang dan dituliskan kronologis kejadian?

3. Bagaimana membedakan straight news dan news feature? Mengingat format keduanya bisa berupa piramida terbalik. Terima kasih.. Puteri

Jawaban

1. Terima kasih, semoga Anda sudah membeli dan membaca ke-14 buku saya. jazakallah

2. News Feature beda dengan Interpretative News. NF berisikan info aktual, namun disajikan dengan gaya bertutur (story telling).

Untuk contoh simak berita-berita Islam Online yang umumnya mengguakan gaya NF. IN berisi info aktual yang dilengkapi opini, interpretasi, atau komentar narasumber lain, misalnya berita Bom Marriot lalu dilengkapi analisis pengamat.

3. Tulisan straight news bisa saja panjang dan dilengkapi kronologis kejadian, namun umumnya bergaya straght to the poin, langsung, tidak bertele-tele, seperti headline yang biasa disajikan suratkabar di halaman depan.

4. Membedakan straight news dan news feature dengan cara menyimak cara penulisan dan isinya. (jawaban no. 2). Begitu Saudara….!

Semoga terjawab. Terima kasih.. (www.romeltea.com).*

Berita Konsultasi News Feature Straight News

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply