Garda Terdepan Pelayanan, Satpam Juga Humas Lho!

Satuan Pengamanan (Satpam) atau Security Guard bukan hanya bertugas terkait keamanan, tapi juga terkait citra (image) perusahaan, kantor, atau lembaga. Satpam merupakan garda terdepan pelayanan. Satpam juga Humas yang membangun dan menjaga citra perusahaan/lembaga.

Satpam Juga Humas
Satpam Garda Terdepan Pelayanan (Foto: satpamapsi.com)

POSTINGAN ini terinspirasi video lawas, oldie but googie, saat saya memberikan pelatihan Humas dan Jurnalistik di PT Jhonlin Baratama, Batulicin, Kalimantan Selatan, Desember 2011. Sudah lama bangedh!

Usai pelatihan bersama puluhan peserta dari perwakilan perusahaan Jhonlin Group, saya diminta “mampir” ke Mako Brimob Batulicin untuk memberikan juga pelatihan singkat kepada “Timsus” (pasukan khusus security PT Jhonlin) yang sedang mengikuti diklat di sana.

Saat itu saya menegaskan, Satpam juga Humas. Sebagai orang pertama yang bertemu langsung dengan tamu, pelanggan, atau klien perusahaan/lembaga, Satpam berperan penting memberikan kesan pertama bagi reputasi sebuah perusahaan.

Ini dia cuplikannya:

Baca Juga

 

Jelas ya. Saya coba “Googling”. Ternyata, saya benar. Saya temukan sejumlah postingan yang menegaskan “Satpam Juga Humas”.

Di laman Medium, misalnya, ada postingan “Satpam adalah Garda Depan Pelayanan”. Disebutkan, Satpam adalah garda depan pelayanan sebuah perusahaan.

Satpamlah orang pertama yang menemui atau ditemui, menyapa atau disapa, oleh tamu, pelanggan/klien, sebelum pelanggan menemui Customer Service (CS) atau bagian lain.

“Satpam BCA” bahkan beberapa kali trending topic di Twitter berkat tweet berupa testimoni tentang keramahan dan perhatian yang diberikan Satpam BCA.

“Satpam sekarang bukan hanya sebagai petugas penjaga ketertiban dan keamanan. Satpam dituntut pula untuk bisa berkomunikasi dengan para pelanggan, berlaku ramah, sabar, bahkan satpam juga dituntut untuk memperhatikan penampilan.”

“Satpam adalah representasi pertama dari suatu perusahaan. Mereka juga sebagai garda depan pelayanan. Satpamlah yang menentukan kenyamanan pelanggan untuk pertama kalinya. Peran yang dimiliki Satpam juga sangat mungkin menentukan kepuasan dari para pelanggan.”

Di laman Manajemen Keuangan, ada postingan tentang “SOP Security Satpam Perusahaan Berbasis Pelayanan”. Di sana disebutkan SOP Satpam a.l.:

  1. Menyapa terlebih dahulu dengan sikap ramah, sopan santun, simpatik, pada sikap berdiri dengan mengucapkan “ Selamat pagi/siang/sore, bisa dibantu Pak/Bu?”
  2. Setelah tamu memberitahukan tujuan dan identitasnya, selanjutnya mempersilahkan tamu duduk di ruang tunggu yang telah disediakan.

Di laman Robicomp disebutkan, “Security Guard Adalah Wajah bagi Sebuah Perusahaan”. Satpam adalah mereka yang berperan penting untuk menjaga keamanan.

Namun, sebenarnya peran Satpam bagi sebuah perusahaan tidak sebatas itu. Pada sebuah perusahaan, ternyata keberadaan Satpam sangat penting dalam memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan tersebut.

Disebut sebagai wajah perusahaan karena mereka adalah yang memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan.

Karena itu, petugas satpam harus selalalu dilatih etos kerjanya, karakternya, sikapnya, kebiasaannya, perilakunya, emosinya, cara berpakaiannya, serta hati nuraninya. Mereka harus benar-benar disiapkan dengan baik untuk bisa memberikan pelayanan prima.

“Sejak pertama kali tamu ataupun pelanggan masuk wilayah perusahaan, para petugas satpam harus dapat memberikan pelayanan prima bagi para tamu yang datang. Mereka harus mampu menciptakan perilaku dan sikap yang cekatan dan cepat dalam melakukan proses pelayanan sehingga membuat para tamu atau pelanggan yang datang ke perusahaan dapat merasa tenang dan nyaman.”

Saya kutipkan juga pernyataan Presiden tentang Satpam yang dirilis laman Sekretariat Negara. Judulnya “Presiden: Satpam Bukan Hanya Soal Pengamanan, Tapi Juga Wajah Institusi”.

Dalam Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional (Kipnas) 2018, Presiden menekankan peran tenaga satpam tak terbatas hanya pada sisi pengamanan.

Kepala Negara berpandangan, seorang satpam juga bertindak sebagai wajah perusahaan maupun institusi. Tenaga satpam juga berperan penting untuk memberikan kesan pertama bagi reputasi sebuah perusahaan.

“Setiap kita masuk ke kompleks kantor, mal, ataupun hotel yang kita temui pertama itu bukan direkturnya, bukan manajernya. Orang yang kita temui pertama adalah saudara-saudara semua, satuan pengamanan (satpam). Artinya satpam itu bukan semata-mata satuan pengamanan, tapi satpam adalah wajah dari sebuah perusahaan,” kata Presiden.

Nah, kian jelas ya, sebagai garda terdepan pelayanan, Satpam juga Humas. Sebenarnya semua karyawan/pegawai juga humas, karena kelakuan baiknya akan berdampak pada citra lembaganya dan sebaliknya. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *