Pelatihan Humas (PR) Online

769 views

BERKAH posting Tugas Humas Era Digital alias PR Online, sebuah instansi pemerintah mengundang saya jadi pemateri pelatihan. Saya anggap itu sebagai permintaan “pertanggungjawaban”  saya atas yang saya tulis tentang Humas Online itu.

pengertian humas

 

Pelatihannya dijadwalkan dua kali, dua hari di Bandung dan dua hari di Jakarta, dengan audiens berbeda.

Untuk pelatihan di Bandung, saya kasih topik “PR Online – Tugas Humas Era Internet” yang saya bagi dalam empat sesi.

  1. Sesi I saya akan berbagi (share) tentang Online PR sebagai konsep baru kehumasan dan pemasaran modern, seiring perkembangan dan tuntutan zaman (era internet), dengan topik “”Dasar-Dasar PR Online – Tugas & Skill Humas Era Internet”.
  2. Sesi II saya akan share tentang “Skills Praktisi PR Online” dan “Media/Tools PR Online – Fasilitas Online untuk Humas”.
  3. Sesi III atau Sesi I hari kedua, saya akan share tentang konsep, tips, dan contoh “Corporate/Brand JournalismJurnalistik Perusahaan/Instansi” untuk menunjang citra, reputasi, dan kredibilitas insansi/perusahaan, plus “Jurnalistik Online – Online Style Writing, Produk/Jenis Tulisan, etc.”
  4. Sesi IV atau Sesi II hari kedua saya akan share tentang “Web Content Management” dan “Social Media Strategy”.

Misi utama saya dalam dua hari pelatihan pertama itu adalah menumbuhkan “awareness” tentang humas modern kepada para peserta –yang tak lain para manajer humas di kalangan instansi pemerintah tersebut, juga pentingnya “corporate journalism” bagi instansi/perusahaan.

Untuk pelatihan di Jakarta, dengan audiens para blogger di lingkungan instansi tersebut, saya akan fokus pada blogging dengan tema “Corporate Blogging”.

  1. Sesi I saya akan share tentang konsep blogging secara umum, seperti pengertian, jenis, dan manfaat blog.
  2. Sesi II saya akan share tentang konsep “Corporate Blogging” alias “Business Blogging” alias “Content Marketing”.
  3. Sesi III atau Sesi I hari kedua saya akan ajak para blogger itu berdiskusi tentang “Online Writing Style” atau gaya dan format menulis di media online.
  4. Sesi IV atau sesi II sekaligus sesi terakhir pelatihan saya akan share dan diskusi tentang “Teknik SEO Blog” dari sisi desain dan konten (seo posting).

Posting ini sekaligus “rundown pelatihan” dan menjadi panduan saya dalam menyampaikan materi pelatihan. Semoga saya mampu menjalaninya dengan baik dan benar. Amin…..!

Para praktisi humas (PR, Public Relations) memang harus terus meningkatkan wawasan dan skills-nya.

Sebuah survei oleh Akademi Konselor Masyarakat Humas Amerika (PRSA Counselors Academy), sebagaimana dikutip Meritus Media, menunjukkan, hanya 6% perusahaan di seluruh dunia yang merasa skill PR Online dan Media Sosial mereka memadai. “More  than 50% say they are ill-equipped,” katanya.

Langkah Praktis untuk Latihan

Petugas atau praktisi humas (PR) bisa memulai kemahirannya (skills) soal media online dengan cara:

1. Blogging

Membuat blog pribadi untuk melatih keterampilan menulis di media online, juga mengakrabi bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, Javascript, dan php. Untuk itu, buatlah blog di Blogger.

2. Netizen

Jadilah user internet yang aktif. Share dan publikasi info aktual, aktif di forum-forum, minimal aktif di Facebook dan Twitter untuk membiasakan diri bergaul dengan komunitas online atau masyarakat dunia maya.

2. Strategi

Banyak sekali strategi humas dan pemasaran online, juga strategi media sosial, yang dibagi oleh para praktisi dan ahli, khususnya yang berbahasa Inggris.

Silakan Googling, misalnya dengan kata kunci “social media strategy” atau “online marketing strategy”, juga “online public relations“. Pelajari dan dalami agar bisa menguasai “ilmu” humas online dengan baik.

Ikuti Pelatihan Humas Online. Klik link di caption!

Bagaimana dengan staf Humas di instansi/perusahaan Anda? Apalah mereka sudah terampil menulis dan “akrab” dengan online marketing tools?  Wasalam. (www.romeltea.com).

 

Digital PR Humas humas online pelatihan humas pr online public relations

Related Post

  1. author
    Ahlam4 years agoReply

    1. sebagai seanorg pemula pair apa yang saya harus kuasai ?2. berapa pair yang saya harus kuasa, dan mulai dari apa cara penguasaannya3. untuk sekarang saya baru mempelajari pair EUR/USD, USD/JPY, dan AUD/USD4. jika terjadi floating, berapa point maximal untuk melakukan Cut Loss, apakah harus menunggu hari berikutnya sehingga terjadi bunga menginap5. jika saya take profit 50 point berapa point stop loss yang harus saya tentukanmaaf pertanyaannya terlalu banyak mudah-mudahan di jawab semua. thanks

Leave a reply