Pengertian dan 11 Syarat Jadi Penyiar Radio

Apa pengertian penyiar radio dan apa saja syarat jadi penyiar? Berikut ini ulasannya.

penyiar siaran radio

Profesi penyiar radio mungkin tidak sepopuler masa jaya radio (sebelum tahun 2015). Era internet menurunkan popularitas dan pendengar radio, sebagaimana menggerus konsumen koran, majalah, tabloid, dan media cetak lainnya.

Pendengar radio menurun drastis, meski radio masih jaya di udara. Masih banyak radio yang eksis, bertahan, berkat adaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Radio masih eksis. Demikian juga penyiar. Apalagi ilmu dan keterampilan siaran radio kini diperlukan untuk membuat podcast dan vlogging. Penyiar pro pastinya jago bikin podcast dan lancar bikin vlog atau video log.

 

Baca Juga

Pengertian Penyiar

Dalam bahasa Inggris, penyiar disebut announcer (arti harfiyah: orang yang mengumumkan).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penyiar adalah orang yang menyiarkan atau penyeru pada radio.

Menurut M. Habib Bari dalam bukunya Teknik dan Komunikasi Penyiar Televisi-Radio-MC, penyiar adalah seorang yang bertugas menyebarkan (syiar) suatu atau lebih informasi yang terjamin akurasinya dengan menggunakan radio dengan tujuan untuk diketahui oleh pendengarnya, dilaksanakan, dituruti, dan dipahami.

Thorndike dan Barnhart dalam Junior Dictionary mengatakan, penyiar adalah “a person who make announcements over the radio” (orang yang memberitahukan/mengumumkan sesuatu melalui radio).

Prof. Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Radio Siaran: Teori dan Praktek mengatakan, penyiar adalah orang yang menyajikan materi siaran kepada para pendengar.

Chester, Garisson dan Willis, dalam Television and Radio mengatakan, penyiar dalam sebuah station memainkan banyak peran.

Penyiar juga disebut DJ (Disk Jockey), yakni perangkai lagu, karena ia menyajikan lagu-lagu dan “bersuara” sebagai “link” atau perangkai antarlagu. Suara dan pembicaraan penyiar –jika “pas” dengan lagu-lagu yang diputar– akan menambah kenikmatan pendengar dalam mendengarkan lagu.

Pada umumnya penyiar adalah juru bicara station radio siaran. Bahkan, penyiar adalah “ujung tombak” stasiun radio. Sukses tidaknya sebuah acara ditentukan oleh penyiarnya.

Penyiar adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiaran, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita/informasi, akting sebagai pembawa acara atau pelawak, menghendel olah raga, pewawancara, diskusi, quiz dan narasi.

Syarat Jadi Penyiar Radio

Penyiar adalah seorang profesional dalam arti memiliki keahlian atau ketermpilan khusus –yakni keterampilan komunikasi massa dalam hal ini komunikasi melalui radio.

Untuk memiliki keahlian khusus tersebut, seorang penyiar hendaknya memenuhi kualifikasi atau persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki suara standar
  2. ‘Suka Ngomong’
  3. Memiliki Sense of Music, suka musik/lagu.
  4. Berwawasan Luas, suka membaca, haus informas dan ilmu.
  5. Humoris, Memilik Sense of Humor
  6. Suka bergaul, luwes, fleksibel, sociable
  7. Ramah, friendly
  8. Menguasai alat siaran (Radio Tools)
  9. Mengenali Visi-Misi, Format, Segmen, dan Program Radio
  10. Berjiwa entertainer, selalu berupaya menyengkan pendengar. harus mampu berekspresi secara fleksibel terdepan mengikuti segala trend lifestyle & information
  11. Siap bekerja sama dengan tim karena penyiar tidak bekerja sendiri, tapi ditopang “tim kerja” seperti programmer, produser, penulis naskah, dll.

Demikian pengertian penyiar dan syarat jadi penyiar. Minat? Anda bisa ikutan kursus penyiar radio plus MC dan Podcast di RBS. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 comments