Pengertian Digital Secara Bahasa dan Istilah

Saat ini kita berada di era digital. Sebuah periode yang ditandai oleh dominasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) internet. Semua hal serbaonline, serbadigital. Apa sebenarnya pengertian digital?

Pengertian Digital

KATA digital kini sudah menjadi santapan kita sehari-hari. Dulu, kita hanya familiar dengan istilah “jam digital” atau “kamera digital”.

Kini banyak sekali istilah yang menggunakan kata digital —era digital, media digital, pemasaran digital, digital education, digital journalism aka jurnalistik online.

Ada juga istilah majalah digital, talenta digital, infrastruktur digital, transformasi digital, generasi digital, dompet digital, humas digital aka humas online, musik digital, dan sebagainya.

Apa sih sebenarnya arti digital? Apa bedanya dengan online (daring)? Kata teman saya, digital itu beda lho dengan online atau daring (dalam jaringan).

Saya setuju digital beda dengan online. Saya merujuk pada pengertian Majalah Online dan Majalah Digital. Online Magazine itu berupa situs web yang berisi berita dan/atau informasi berupa teks (tulisan), foto, video, dan tautan (link).

Digital Magazine itu majalah –dengan desain layout layaknya media cetak– yang dipublikasikan dan diakses secara online dan biasanya berupa file Pdf.

Lalu apa pengertian digital yang sebenarnya?

Istilah atau kata digital identik dengan internet. Kita lihat misalnya pengertian digital marketing (pemasaran digital) adalah upaya penggunaan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencarian, dan sebagainya untuk menjangkau konsumen.

Pengertian Digital Secara Bahasa

Digital berasal dari kata digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Demikian kata Wikipedia. Media digital adalah media yang dikodekan dalam format yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable).

Kata digital sudah resmi menjadi bahasa Indonesia. Ia merupakan kata sifat.

Menurut KBBI Daring, digital artinya “berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran”.

Dalam bahasa Inggris, digital artinya “yang berhubungan dengan jari; mesin hitung yang mempergunakan angka-angka untuk sistem-sistem perhitungan tertentu”.

Kata digit sendiri artinya “jari tangan/kaki; bijian, angka dari satu s.d. sembilan; jari sebagai ukuran panjang kira-kira 3/4 inci”.

Jadi digital artinya apa?

Ya, itu dia. Secara bahasa, digital artinya berkaitan dengan jari. Pada praktiknya, semua hal berbau digital dijalankan dengan jari –klik mouse, arahkan cursor, tap, sentuh (touch), akses internet.

Pengertian Digital Secara Istilah

Karena digital merupakan bahasa Inggris, mari kita simak definisi digital menurut kamus Inggris yang biasa mengartikan sebuah kata dari segi bahasa dan istilah (terminologi).

Kamus Cambridge menyebutkan, digital artinya:

  • recording or storing information as a series of the numbers 1 and 0, to show that a signal is present or absent: digital data.
  • using or relating to digital signals and computer technology : a digital recording, a digital camera, digital TV
  • showing information in the form of an electronic image: a digital clock/display, a digital watch.

Dari pengertian di atas, digital berkaitan dengan informasi, teknologi komputer, dan gambar elektronik.

Dalam konteks teknologi informasi, Cambridge mengartikan digital sebagai “relating to computer technology, especially the internet” (berkaitan dengan teknologi komputer, khususnya internet).

Kamus Merriam-Webster mengartikan digital sebagai berikut:

  • of or relating to the fingers or toes
  • done with a finger
  • of, relating to, or using calculation by numerical methods or by discrete units
  • composed of data in the form of especially binary digits
  • providing a readout in numerical digits.

Digital berkaitan dengan jari tangan atau kaki, dilakukan dengan jari, berkaitan dengan atau menggunakan perhitungan dengan metode numerik atau dengan unit diskrit, terdiri dari data dalam bentuk digit biner khususnya menyediakan pembacaan dalam angka numerik.

Dari uraian di atas, pengertian digital mengandung hal teknis-teknologis, yaitu terkait kode, teknologi komputer, dan internet.

Secara praktis, digital adalah hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunasi, khususnya internet. Setuju? Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *