Dasar-Dasar Jurnalistik: Pengertian News Peg, News Hook, dan News Angle

1902 views

Dasar-Dasar Jurnalistik: Pengertian News Peg, News Hook, Story Hook, dan News Angle.

berita-jurnalistik-newsBerita (News) adalah laporan peristiwa aktual, faktual, penting, dan menarik.

Dalam penulisan berita jurnalistik ada yang namanya News Peg —disebut juga News Hook, Story Hook, dan News Angle.

News Peg adalah pasak berita, pelatuk berita, momentum berita, cantelan berita, pokok berita, topik atau peristiwa aktual, atau situasi yang menjadi nilai berita (news value).

News peg adalah apa yang membuat sebuah peristiwa layak diberitakan sekarang.  News Peg menjadi pertimbangan utama media atau wartawan untuk menuliskan dan mempublikasikan suatu berita.

The Oxford Pocket Dictionary (2009) mengartikan News Peg sebagai “aspek atau sudut pandang (perspektif) sebuah peristiwa yang membuatnya bernilai berita atau patut dijadikan berita” (an aspect or angle of a story that makes it newsworthy).

Contoh: dalam sebuah aksi demonstrasi, banyak hal yang bisa diberitakan, mulai dari aksi demonya secara umum (massa melakukan aksi demo di mana untuk apa kapan dst.), atau fokuskan beritanya dari segi jumlah massa, tuntutan, atribut, orator, pengawalan polisi, asal-usul massa. Nah, silakan tentukan news peg Anda!

Namun, ada juga yang membedakan News Peg dengan Angle.

  • Banjir adalah Angle.
  • News Peg-nya adalah korban banjir atau warga yang mengungsi.

Ada juga yang membedakan antara News Peg dan News Hook. “People always get confused between a news peg and a hook,” katanya (understandingmarketing.com) .

Orang-orang selalu bingung antara pasak berita (news peg) dan kail berita (news hook).

Contoh: reformasi perawatan kesehatan merupakan news peg. Aksi demo di pusat kota untuk memprotes rencana perawatan kesehatan tersebut adalah hook.

Reporter yang meliput sebuah peristiwa biasanya sudah tahu atau ditugaskan untuk fokus pada News Peg yang diangkatnya dalam berita.

Penerbit buku juga biasanya mengacu pada News Peg. Buku bertema puasa tentu akan pas diterbitkan menjelang bulan Ramadhan.

Dalam teknik wawancara jurnalistik juga ada istilah newspeg interview (wawancara berita ), yaitu wawancara yang dilakukan untuk memperoleh keterangan, konfirmasi, atau pandangan.

Masih bingung?

Intinya, news peg, news hook, story hook, dan news angle sama-sama merupakan sudut pandang  atau perspektif atas sebuah peristiwa yang membuat peristiwa itu bernilai berita atau layak diberitakan.

Mari kita urai satu per satu!

  1. Peg = pasak, taraf, memancangkan, menetapkan, melemparkan.
  2. Angle = sudut atau segi
  3. Hook = sangkutan, cantelan, kail, kait(an), memancing;  mata kail untuk memancing ikan.

Ketiga istilah itu diadopsi kedalam kamus jurnalistik dengan tambahan news (berita), sehingga menjadi:

  1. News Peg = pasak berita; pelatuk berita = an aspect or angle of a story that makes it newsworthy.
  2. News Angle = sudut berita; fokus berita yang biasa ditampilkan di bagian awal (teras/lead); the point or theme of a news or feature story. The angle is found in the lede of the story (A Story Angle)
  3. News Hook = kail berita; bagian penting sebuah peristiwa yang dijadikan fokus utama berita; critical piece of newsworthy information that will capture the attention and interest of both the news media and their audiences (Yopp, McAdams, & Thornburg, 2010).
  4. Story Hook  = News Hook.

Demikian pengertian Pengertian News Peg, News Hook, Story Hook, dan News Angle. Beda istilah tapi satu makna dan satu maksud. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 



Angle Berita Berita Hook News Angle News Hook News Peg Pasak Berita Pokok Berita

Related Post

  1. author
    Hasyim Arya Damar6 years agoReply

    mau copy ini dong buat materi kuliah, thanks

    • author
      romeltea (Author)7 months agoReply

      Siakan… Pengertian News Peg, News Hook, dan News Angle ini bagian dari bahasan materi Dasar-Dasar Jurnalistik

Leave a reply