Pengertian Public Speaking

Elemen Public Speaking

Public speaking itu sebuah seni, yakni seni berbicara (art of speaking). Ia melibatkan tiga elemen komunikasi lisan yang disebut 3V: Verbal, Vocal, Visual.

Public speaking melibatkan kata-kata (verbal), suara (vokal), dan bahasa tubuh yang terlihat (visual) oleh audiens, yakni postur dan gestur.

Topik dan Tujuan Public Speaking

Pada dasarnya, public speaking adalah presentasi yang diberikan secara langsung di depan audiens dengan topik dan tujuan tertentu.

Topik pembicaraan dalam public speaking umumnya sesuai dengan tujuan public speaking.

Secara umum, tujuan public speaking adalah untuk:

  1. Menyampaikan informasi (to inform)
  2. Mendidik (to educate)
  3. Menghibur (to entertain)
  4. Memengaruhi (to influence).

Seringkali, alat bantu visual dalam bentuk tayangan slide elektronik –seperti slide PowerPoint– digunakan untuk melengkapi pidato atau presentasi. Hal ini membuat public speaking lebih menarik bagi pendengar.

Baca Juga

Latihan Public Speaking 

Public speaking adalah keterampilan. Kita dapat mempelajari keterampilan apa pun. Sementara beberapa orang mungkin memiliki kemampuan berbicara yang lebih alami daripada yang lain, siapa pun dapat belajar menjadi pembicara publik yang lebih baik.

Terampil berbicara di depan umum hanya membutuhkan beberapa pengetahuan dan beberapa usaha (latihan).

Untuk latihan public speaking, berikut ini tutorial dari Tutsplus:

1. Tulis Pidato yang Efektif

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menulis naskah pidato yang terorganisir dengan baik dan menarik. Karena bahkan suara berbicara yang hebat atau banyak karisma tidak cukup jika materi Anda tidak bagus.

2. Mengatasi Rasa Takut Berbicara

Ketakutan berbicara di depan umum sangat nyata dan dapat menahan Anda jika Anda membiarkannya. Jika Anda tidak merasa percaya diri saat memberikan pidato, pendengar Anda mungkin akan memahaminya.

Hal ini dapat membuat presentasi Anda kurang efektif. Untungnya, ada beberapa teknik untuk membantu mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Tips berikut ini juga membantu Anda menjadi lebih percaya diri.

  • Latihan
  • Kuasai materi

Kedua hal itu juga cara mengatasi gugup dalam public speaking.

3. Latihan Pidato

Bahkan jika Anda tidak takut berbicara di depan umum, latihan membantu Anda memberikan pidato yang lebih efektif.

Jika Anda sedang terburu-buru, Anda mungkin tergoda untuk melewatkan latihan pidato Anda untuk menghemat waktu. Meskipun melewatkan latihan mungkin tampak seperti ide yang bagus, sebenarnya tidak.

Berlatih pidato Anda meningkatkan keterampilan presentasi publik Anda. Ini juga meningkatkan keakraban Anda dengan presentasi. Hasilnya, pidato Anda akan lancar.

4. Siapkan Desain Slide Presentasi Anda

Desain slide Anda harus tepat sasaran. Anda pasti ingin memastikannya terlihat profesional dan mudah dibaca. Untungnya, Anda dapat menemukan banyak template presentasi modern dan profesional di Envato Elements dan GraphicRiver.

Jangan lupa untuk memanfaatkan alat-alat seperti PowerPoint, Google Slides, atau Keynote. Template yang tepat untuk dek slide Anda dapat membuat perbedaan besar dalam presentasi Anda.

5. Sampaikan Pidato

Anda telah menulis naskah pidato yang bagus. Anda merasa lebih percaya diri untuk memberikan pidato di depan umum, dan Anda sudah berlatih.

Ingat, Anda memberikan presentasi di depan audiens langsung di tempat dan waktu tertentu. Jadi, Anda memiliki beberapa kekhawatiran tentang tempat berbicara yang tidak perlu dikhawatirkan oleh mereka yang memberikan presentasi online.

Beberapa kekhawatiran umum untuk pembicara publik meliputi:

  • Akankah penonton dapat mendengar saya?
  • Apakah venue memiliki peralatan yang saya butuhkan?
  • Apakah ada cukup kursi untuk semua pendengar saya?

Tips-Tips Seputar Public Speaking

Banyak tips public speaking yang bisa Anda temukan di indeks Google. Intinya, kita harus menguasai materi dan latihan untuk lancar berbicara di depan umum.

1. Kenali Audiens

Karakteristik audiens akan menentukan gaya bicara, pilihan kata, dan mungkin juga gaya berpakaian Anda. Pastikan Anda mengetahui di depan siapa Anda akan berbicara.

2. Susun Poin-Poin Penting yang Ingin Disampaikan

Ini cara terbaik supaya public speaking lancar, fokus, dan tidak “ngeblank” saat di depan mikrofon. Tuliskan pointers di kertas kecil dan bawa ke mimbar.

Mungkin ada banyak hal yang ingin disampaikan, tapi karena ada durasi waktu, Anda harus menyortir materi. Pilih poin-poin penting yang ingin disampaikan sebagai bahan panduanmu dan juga agar pembicaraanmu tidak melebar ke mana-mana.

3. Persiapkan Alat Bantu jika Diperlukan

Alat bantu seperti slides presentasi untuk menampilkan gambar atau cue card yang berisi poin-poin yang akan dibahas adalah lazim dalam public speaking.

Alat bantu ini sifatnya hanya sebagai penunjang. Jangan menulis terlalu banyak kata di dalam slides presentasi, agar fokus audiens tidak terpecah antara membaca tulisan di slides atau mendengarkan presentasi Anda.

4. Kuasai Materi dengan Berlatih Terus Menerus

Practice makes perfect. Ini dia poin terpenting agar public speaking berjalan lancar. Kalau sudah selesai mempersiapkan materi dan alat bantu, kini saatnya berlatih.

Latihan tidak cukup hanya dilakukan sekali atau dua kali, tapi harus berkali-kali hingga kamu sudah benar-benar lancar. Anda bisa meminta satu orang temanmu untuk menonton latihan ini agar ia bisa memberikanmu komentar dan saran.

5. Perhatkan Aspek Non Verbal

Latihanlah seakan-akan kamu sudah berada di atas panggung atau di depan banyak orang. Jadi, jangan hanya terpaku pada materi.

Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti volume suaramu, intonasi, tempo, kontak mata dengan audiens, hingga posisi berdiri (postur).

Berlatihlah di depan cermin agar bisa melihat diri sendiri saat sedang melakukan public speaking. Selain itu, Anda juga bisa merekam latihanmu ini sebagai bahan evaluasi diri sendiri.

6. Be Confident

Saatnya tampil! Anda sudah menguasai materi dengan baik, sudah berlatih berulang kali, tapi masih juga merasa gugup sesaat sebelum tampil?

Jangan khawatir, karena hal ini wajar terjadi. Yang perlu Anda lakukan adalah mencoba untuk rileks dengan mengambil napas panjang, lalu hembuskan.

Saat sudah berada di depan mikrofon, disaksikan banyak orang (audiens), kunci utamanya adalah percaya dengan kemampuan diri sendiri! Anda sudah mempersiapkan segalanya, jadi apa lagi yang perlu dutakuti?

Kesimpulan

Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang.

Contoh-contoh kegiatan public speaking adalah saat kita melakukan presentasi di depan kelas atau menyampaikan pidato.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Such a great article! Thank you for sharing. I often read blogs and articles like this to prep up my communication skills in the professional space. Another amazing site I have been referring to is PracUp.

    They have some easy to follow and pretty effective courses which help in learning a lot about English, interviews, as well as other corporate skills like emails and negotiations.

    Do check them out!