Penulis dan Pengarang, Beda Lho!

penulis pengarang

Penulis dan pengarang itu beda, meski sama-sama menulis. Penulis menghasilkan tulisan. Pengarang menghasilkan karangan.

Tulisan dan karangan, menurut Slamet Soeseno dalam Teknik Penulisan Ilmiah Populer (Gramedia, 1997), tidaklah sama.

“Tulisan tidak sama dengan karangan,” katanya ketika membahas “Pengertian Tulisan dan Bentuk Tulisan” (hlm. 1).

Istilah tulisan dipakai untuk menyatakan sebuah karya tulis yang disusun berdasarkan tulisan dan pernyataan gagasan orang lain. Penulis yang menyusun kembali hal-hal yang sudah dikemukakan oleh orang lain itu disebut penulis. Ia bukan mengarang.

Istilah karangan merujuk pada karya fiksi, yakni tulisan hasil imajinasi, rekaan, dan fantasi pengarangnya. Pencipta tulisan demikian disebut pengarang, bukan penulis.

Baca Juga

menulis

Perbedaan Penulis dan Pengarang

Menyimak paparan di atas, kesimpulannya (kesimpulan saya maksudnya…), penulis dan pengarang itu beda. Jadi, di dunia tulis-menulis ada dua kelompok “pelaku”, yakni penulis dan pengarang.

Penulis adalah pencipta karya tulis faktual (nonfiksi), yakni orang yang menciptakan karya tulis berdasarkan fakta, bisa berita, artikel, atau feature (karya jurnalistik) ataupun karya tulis berupa buku yang berisi analisis dan paparan sebuah masalah atau peristiwa faktual.

Pengarang adalah pencipta karya tulis fiksi, orang yang menciptakan karya tulis berdasarkan imajinasi, rekaan, atau fantasinya, seperti cerita pendek (cerpen) atau novel. Dengan demikian, cerpenis dan novelis lebih cocok disebut pengarang ketimbang penulis.

Kalau mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sih begini:

tu·lis·an n 1 hasil menulis; barang yg ditulis; cara menulis; 2 karangan (dl majalah, surat kabar, dsb atau yg berupa cerita, dongeng, dsb); bukubuku (karya-karya tulis dsb): aku ingin membaca ~ Chairil; 3 gambaran; lukisan; 4 batik (yg dibatik bukan dicetak tt kain); 5 ki suratan (nasib, takdir); dng ~ , dng tertulis (tidak dng lisan);

pe·nu·lis 1 orang yg menulis; 2 pengarang: ~ naskah; 3 panitera; sekretaris; setia usaha; 4pelukis; penggambar;

ka·rang·an n 1 hasil mengarang; cerita; buah pena; 2 ciptaan; gubahan (lagu, musik, nyanyian); 3 cerita mengada-ada (yg dibuat-buat); 4 hasil rangkaian (susunan)

pe·nga·rang n 1 orang yg mengarang cerita, berita, buku, dsb; penulis; 2 pencipta; penggubah (lagu, nyanyian, musik, dsb): siapa ~ lagu “Pelangi”;

Jadi, kalau menurut KBBI, penulis = pengarang. Aaaah…. ngapain sih pusing-pusing mikirin beda antara penulis dan pengarang? Toh sama-sama nulis! Just write sajalah….! (www.romeltea.com).*

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments