Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website

“Oh ya kang kenapa blog, gak langsung web aja?” tanya seorang kawan. “Cuma istilah aja: blog itu sebutan untuk website pribadi,” jawab saya.

Itu kutipan chat WA saya dengan seorang “klien”. Sekilas, Anda sudah tahu perbedaan blog dan website. Cuma beda istilah. Blog itu termasuk website atau situs web.

Untuk personal branding atau “sekadar” publikasi dan dokumentasi tulisan (pemikiran/pengalaman), saya sarankan ia membuat blog.

Dalam pemahamannya, blog itu berbeda dengan website dan pemahaman itu tidak keliru karena memang blog vs web ada bedanya. Yang jelas, keduanya sama-sama media online dalam pengertian umum.

Pengertian Blog

Secara umum, blog dipahami sebagai halaman (page) di internet milik pribadi yang dibuat secara gratis di platform blog seperti Blogger (Blogspot) dan WordPress.

Baca Juga

Contohnya: www.romelteamedia.blogspot.com dan www.romeltea.worpress.com.

Umumnya blog dibuat dan dikelola seseorang (pribadi, individu). Di blog itu ia berbagi pengalaman, pengetahuan, atau pemikiran, layaknya menulis update status di akun media sosial.

Karenanya, blog itu sering disebut “jurnal online” atau sejenis “buku harian online” yang bisa diakses oleh publik, bisa juga “diprivate”.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), blog diartikan sebagai “catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja”.

Istilah blog sendiri merupakan singkatan dari weblog atau website log. Jhon Barger adalah orang yang pertama kali memperkenalkan nama blog tahun 1997.

Ia pula yang pertama kali menggunakan istilah weblog untuk untuk menggambarkan proses “mencatat web” (logging the web) saat dia berselancar.

Ringkasnya, blog adalah situs web pribadi (personal website), meskipun pada praktiknya sebuah blog gratis bisa dikelola sebuah tim atau menjadi sebuat situs milik kelompok atau lembaga.

Bahkan, blog juga bisa dikembangkan menjadi toko online (online store) dan menghasilkan uang (make money blogging).

Aktivitas ngeblog berupa mengisi blog dengan tulisan (teks), foto, dan video disebut blogging.

Blogging kini berkembang menjadi salah satu strategi pemasaran internet (online marketing). Perusahaan atau lembaga bisnis berlomba-lomba membuat blog, baik dengan membuat web tersendiri maupun terintegrasi dengan web utama, untuk melakukan pemasaran konten (content marketing).

Blogging oleh perusahaan atau lembaga ini dikenal dengan istilah business blogging atau corporate blogging.

Pengertian Website

Secara praktis, website adalah sebuah media di internet yang berisi informasi, hiburan, dan sebagainya. Dalam bahasa Indonesia website atau web site disebut “situs web” dan biasa disingkat “web” atau “situs” saja.

Contoh website adalah google.com, facebook.com, detik.com, romeltea.com.

Alamat web biasanya diawali dengan www, hhtp. atau https, misalnya www.google.com atau https://google.com. Namun, web browser sekarang sudah canggih. Anda hanya perlu mengetikkan nama domain tanpa www dan http di address bar.

Per definisi, website adalah halaman yang tersaji di internet berisi informasi teks (tulisan), gambar atau foto, audio, tautan (link), atau video.

Dalam bahasa Inggris, menurut “Kamus Google”, website adalah “sekumpulan halaman web terkait yang terletak di bawah satu nama domain, biasanya diproduksi oleh satu orang atau organisasi.”

Menurut Cambridge Dictionary, pengertian website adalah “satu set halaman informasi di internet tentang subjek tertentu, diterbitkan oleh satu orang atau organisasi; tempat di Internet dengan satu atau lebih halaman informasi tentang subjek, dan sering kali berisi gambar, video, dan suara (audio).”

Perbedaan Blog dan Websie

Jadi, apa bedanya blog dan website?

Pembeda utama blog dan web adalah kepemilikan dan/atau pengelolaan. Blog adalah salah satu jenis situs web, yaitu website pribadi (personal web). Website merujuk pada semua halaman website yang ada di internet.

Pembeda lainnya, blog memiliki konten yang sering diperbarui dan situs web cenderung jauh lebih statis –meski banyak juga blog yang jarang update dan terkadang blog juga merupakan bagian dari situs web yang lebih besar.

Menurut Geeks for Geeks, perbedaan blog dan website sebagai berikut:

BLOG

  • Sebuah blog bisa lebih dari tipe informal.
  • Blog adalah jenis situs web di mana konten muncul dalam urutan kronologis terbalik yang berarti konten terbaru akan muncul sebelum konten lama. Namun, pembeda ini sudah tidak berlaku karena website juga banyak yang menampilkan kontennya secara kronologis.

WEBSITE

  • Sebuah website lebih formal dan profesional –milik lembaga, organisasi, perusahaan, termasuk situs berita (media siber).
  • Website adalah kumpulan halaman web dan konten multimedia yang diikat di bawah satu domain.
  • Situs web dihosting melalui layanan hosting web.

Kiranya, kian jelas pengertian dan perbedaan blog dan website. Apa beda blog dan web menurut Anda? Terpenting, Anda sudah punya web untuk personal branding atau sekadar “online presence”?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 comments