Podcast: 4 Keterampilan Komunikasi

Podcast: 4 Keterampilan Komunikasi

Romeltea Podcast episode kali ini mengupas 4 keterampilan komunikasi (communications skills). Saya simpan di Soundcloud, Spotify, dan Anchor.

Kemampuan berkomunikasi menjadikan seseorang lebih baik dalam menyampaikan ide, membangun hubungan dengan orang lain, mempromosikan sesuatu, danĀ  bisa meningkatkan kepercayaan orang lain.

Menurut Cangara (1998: 23), keterampilan komunikasi merupakan kemampuan seseorang untuk menyampaikan pesan kepada khalayak (penerima pesan).

Menurut Nevizond Chatab (2007: 29), keterampilan komunikasi merupakan kemampuan mengadakan hubungan lewat saluran komunikasi manusia atau media, sehingga pesan atau informasinya dapat dipahami dengan baik.

Keterampilan komunikasi bukan merupakan kemampuan yang dibawa sejak lahir dan tidak muncul secara tiba-tiba, keterampilan perlu dipelajari dan dilatih (Supratiknya, 2003: 12).

Baca Juga

Keterampilan komunikasi meliputi:

  1. Mendengar (Listening)
  2. Berbicara (Speaking)
  3. Menulis (Writing)
  4. Membaca (Reading)

Keterampilan Komunikasi dalam konteks profesi dibagi menjadi keterampilan komunikasi lisan (public speaking, presentasi, MC, siaran) dan keterampilan komunikasi tulisan (jurnalistik, menulis artikel, menulis buku).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *