Jenis-Jenis Presenter Berita Radio/TV: Newsreader, Newscaster, Newsanchor

4138 views

Jenis-Jenis Presenter Berita Radio/TV: Newsreader, Newscaster, Newsanchor

news-presenter-pembawa-acara-beritaNews Presenter adalah orang yang membawakan, menyampaikan, atau mengantarkan program pemberitaan (news program) di televisi atau radio.

Dalam bahasa Indonesia news presenter disebut presenter berita, penyaji berita, atau pembawa acara berita.

Istilah News Presenter biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio.

Jenis-Jenis News Presenter

News Presenter diklasifikasikan menjadi tiga kategori:

  1. Pembaca Berita (News Reader)
  2. Penyiar Berita (News Caster)
  3. Jangkar Berita (News Anchor).

Berikut ini perbedaan tugas, peran, dan fungsi antara pembaca berita, penyiar berita, dan jangkar berita.

Baca Juga: Teknik Produksi dan Siaran Berita Radio

Pembaca Berita (News Reader) adalah pembawa acara radio/TV yang berperan membacakan (menyampaikan) berita.

Tugasnya sebatas menyampaikan berita yang sudah disiapkan atau diproduksi oleh tim redaksi.

Saat ini para reporter radio/TV kerap melakukan siaran langsung dari lokasi kejadian (live report) sehingga mengurangi peran utama sang pembaca berita.

Pembaca berita adalah “aktor” yang sekadar membacakan naskah beirta yang disiapkan orang lain (news writer/script writer/news editor/reporter) dan tidak punya peran dalam peliputan berita.

Penyiar Berita (News Caster) adalah orang yang menyiarkan program berita radio/TV sekaligus berperan sebagai reporter/jurnalis/wartawan dan ikut dalam peliputan berita atau produksi berita.

Penyiar berita aktif dalam membuat naskah berita yang akan dibacakannya atau disampaikannya.

Jangkar Berita (News Anchor) adalah yaitu jurnalis radio/TV yang membawakan materi berita dan sering terlibat memberikan improvisasi komentar dalam siaran langsung.

Istilah news anchor utamanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Banyak news anchor terlibat dalam penulisan dan/atau penyuntingan berita bagi program mereka sendiri.

News anchor juga mewawancara narasumber di studio atau memandu program diskusi. Banyak juga yang menjadi komentator dalam berbagai program berita.

Wikipedia mencatat, istilah anchor (juga anchorpersonanchorman, atau anchorwoman) diperkenalkan oleh produser CBS News, Don Hewitt.

CBS pertama kali memakainya pada 7 Juli 1952 untuk menjelaskan peran penyiar Walter Cronkite pada saat Konvensi Nasional Partai Demokrat dan Republik.

penyiarSemua jenis presenter berita di atas sudah pernah saya jalani ketika aktif sebagai penyiar radio (2000-2012) di Antassalam FM dan Radio Shinta FM Bandung.

Saya memulai karier di dunia radio sebagai penulis naskah berita (news script writer) atau news editor yang menyiakan naskah berita yang dibacakan tiap pagi oleh pembawa acara berita.

Dari penulis naskah kemudian menjalani profesi sebagai penyiar, termasuk penyiar berita.

Saat menjadi pembaca acara berita, saya menyusun, menyiapkan, dan memproduksi sendiri naskah berita yang akan saya bacakan, termasuk memilih topik berita.

Demikian pengertian dan jenis-jenis pembawa acara berita (news presenter) — pembaca berita (news reader), penyiar berita (news caster), dan jangkar berita (news anchor). Wasalam. (www.romeltea.com).*

Jurnalistik Radio Jurnalistik TV News Anchor News Presenter News Reader Pembaca Acara Berita Presenter Berita

Related Post

Leave a reply