Skill Wartawan Modern, Keterampilan Jurnalisme Digital

5 Kunci Keterampilan Jurnalisme Digital

Steve Herrmann, editor situs BBC News, membagikan daftar keterampilan yang dia cari saat merekrut jurnalis untuk timnya.

Berikut adalah lima keterampilan utama yang dicari Steve Herrmann ketika merekrut jurnalis untuk bekerja di situs web BBC News.

1. Keterampilan tradisional

“Ada beberapa keterampilan kuno yang kami cari yang mungkin belum berubah,” kata Herrmann. “Salah satunya adalah rasa ingin tahu dan ‘banyak akal’ (resourcefulness).”

Dia juga mengatakan pengetahuan hukum sangat penting. Ditanya apakah dia masih mencari shorthand (stenografi) saat merekrut wartawan, dia berkata:

“Saya tidak akan mengatakan itu harus dimiliki, tetapi itu masih terbukti bermanfaat bagi orang-orang karena saya pikir pada akhirnya ketika Anda melawannya dan Anda harus menyerap banyak informasi dan detail dengan cepat, ini adalah cara yang sangat dicoba dan diuji untuk menyelesaikannya. Orang-orang yang memiliki steno, saya pikir, selalu merasa berguna bahkan di ruang berita yang sebagian besar digital.”

Baca Juga

2. Kecepatan dan akurasi

Berikutnya dalam daftar keterampilan utama Steve Herrmann adalah tentang menulis dan “mampu menjaga akurasi dan jelas dalam cara Anda mengekspresikan diri, dan melakukannya di bawah tekanan dan dengan cepat”.

“Kemampuan untuk menurunkan atau mengeluarkan pikiran dengan cepat dan ringkas dan akurat adalah kunci mutlak. Ini bukan keterampilan digital baru yang diperlukan, tetapi itu adalah salah satu yang menurut saya lebih penting daripada sebelumnya karena kecepatan berita bergerak sekarang. lebih besar dari yang pernah ada.”

3. Pengisahan cerita visual (visual storytelling)

Saat merekrut, tim di BBC News online juga ingin melihat bukti “kemampuan untuk menghargai pentingnya gambar diam, video, grafik, dan audio dalam berkomunikasi dan bercerita, dan berbagai cara di mana media tersebut dapat saling melengkapi ketika Anda mencoba untuk menceritakan sebuah cerita”.

“Jadi, bahkan jika mereka belum pernah melakukan jurnalisme TV atau jurnalisme radio dan mereka bukan seorang desainer grafis, bukti bahwa mereka telah mendapat apresiasi dan pemahaman tentang bidang-bidang itu. Dan sekarang sangat mudah untuk melakukan hal semacam ini di komputer Anda sendiri di kamar Anda sendiri dengan alat-alat yang tersedia saat ini.

“Pemahaman, minat, apresiasi, dan kesadaran tentang cara bercerita menggunakan salah satu dan semua media itu adalah kuncinya.”

Visual storytelling: Cerita dapat diceritakan dengan menggunakan fotografi diam, ilustrasi, atau video, dan dapat ditingkatkan dengan grafik, musik, suara, dan audio lainnya.

4. Media Sosial

Steve Herrmann juga mengatakan “kesadaran tentang bagaimana media sosial bekerja dan bagaimana jaringan sosial berhubungan dengan berita”, diperlukan jika Anda ingin bekerja untuk BBC News online.

Anda perlu memahami bagaimana menggunakan jejaring sosial untuk pengumpulan berita “dan untuk memahami bagaimana memanfaatkan media sosial untuk menemukan sesuatu, untuk berhubungan dengan orang-orang, untuk berbicara dengan orang-orang dan untuk melihat tren”.

Kedua, Anda perlu tahu “bagaimana menggunakan media sosial untuk mendapatkan pekerjaan Anda sendiri dan jurnalisme Anda sendiri dan sebagai sarana distribusi”.

5. Apresiasi data

Tim web BBC News juga mencari “penghargaan akan pentingnya data, fakta dan angka”, kata Herrmann,

“Itu jelas selalu kritis dalam jurnalisme, itu bukan hal baru, tetapi cara menggunakan data untuk menceritakan kisah, apakah itu grafik sederhana dalam sebuah cerita yang menggambarkan sesuatu yang sederhana seperti grafik garis atau diagram lingkaran, sampai ke seluruh aplikasi interaktif Anda dapat memasukkan angka atau data atau angka ke dalam untuk mendapatkan hasil yang relevan bagi Anda.

“Itu memang membutuhkan beberapa keterampilan khusus; ada keterampilan yang berkaitan dengan pengkodean dan pengembangan, berkaitan dengan berhitung dan memahami data dan berkaitan dengan desain dan visualisasi yang baik, tetapi ada juga beberapa keterampilan jurnalistik kuno yang diperlukan untuk menemukan cerita dan menceritakannya. mereka dengan cara yang jelas dan sederhana.

“Sekali lagi, tidak harus menjadi ahli dalam semua hal itu, tetapi menyadari pentingnya data dan menghargai ketika itu bisa benar-benar efektif dan berdampak.”

Dan akhirnya…

Poin terakhir Herrmann termasuk dalam daftar 10 hal yang harus diketahui oleh setiap jurnalis pada tahun 2013. Inilah pentingnya merangkul perubahan.

“Hal terakhir yang akan saya katakan adalah, dan ini sebenarnya bukan keterampilan, tetapi saya pikir jika Anda memasuki jurnalisme sekarang dan jika Anda bekerja terutama pada platform digital, Anda harus menyukai perubahan.”

“Jika Anda tidak menyukai perubahan, Anda akan menjadi individu yang sangat stres dan tidak bahagia karena segala sesuatunya berubah begitu cepat, apakah itu alat yang kami gunakan atau cara audiens mendapatkan informasi mereka.”

“Dan di satu sisi Anda harus menyukainya karena jika tidak, itu akan membuat Anda kecewa.”

Demikian 5 kunci keterampilan jurnalisme digital dari BBC News. Sebelumnya saya juga share Top 9 Skill Jurnalis Online.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.