Top 9 Skill Jurnalis Online

754 views

jurnalistik onlineOleh ASM. Romli

Apa saja keahlian atau keterampilan (skill) yang harus dimiliki dan paling sering digunakan oleh para jurnalis online? Daftar top 9 skill jurnalis online menurut survei menempatkan “writing or editing scripts” (menulis atau mengedit naskah) di urutan pertama.

Dalam jajak pendapat terhadap 49 jurnalis online (wartawan media online), para peneliti –Ryan Thornburg dan Ying Roselyn Du– meminta praktisi jurnalistik online untuk memeringkat 26 tugas sehari-hari mereka.

Berikut ini Top 9 tugas dan keahlian mereka:

  1. Writing or Editing Scripts
  2. Project Management
  3. Blogging
  4. User Interface Design/Photo Shooting (tie)
  5. Video Production
  6. Staff Organization/Administration
  7. Story Combining/Shortening
  8. Reporting and Writing Original Stories
  9. Photo/Image Editing

Yang menarik, banyak keterampilan dasar jurnalisme multimedia yang muncul dalam daftar.

Peringkat terakhir dalam daftar 26 tugas mereka adalah produksi audio dan metrik menganalisis penggunaan situs yang menempatu urutan kedua dari bawah.

Mereka yang bekerja sebagai jurnalis online juga diberikan daftar konsep dan ditanya hal paling penting pada pekerjaan.

Nomor satu adalah “multitasking”, diikuti oleh kemampuan untuk mempelajari teknologi baru dan perhatian terhadap detail.

Penelitian ini diterbitkan dalam edisi Autumn 2011 of Journalism & Mass Communication Educator seperti dikutip situs advancingthestory.com.

Dari hasil penelitian itu tampak jelas, jurnalis online jangan hanya bisa nulis doang. Selain harus menguasai teknik menulis dan mengedit, jurnalis online atau wartawan media online juga mesti terampil ngeblog (blogging), edit foto, menyusun rencana peliputan, teknik video, produksi audio, kombiansi cerita atau meringkas cerita, dan menulis berita asli buatan sendiri (bukan nyontek atau copy paste).

Dengan skill tersebut, jurnalis online akan mampu menyajikan naskah khas media online, yaitu kombinasi teks atau naskah yang well edited, hyperlink, foto, audio, dan video.

Ringkasnya, skill yang dibutuhkan bagi jurnalis online tidak cukup hanya dengan keterampilan menulis! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Jurnalis Online Jurnalistik Jurnalistik Online Keterampilan Wartawan Online Skill Jurnalis

Related Post

Leave a reply