Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress

1277 views

cara membuat blog

Blog adalah website peribadi. Blog –singkatan dari web log— merupakan sarana berbagi (sharing) pengetahuan dan pengalaman, personal branding, eksis di internet, mengasah keterampilan menulis, bisnis online, membangun jaringan (networking), dan sebagainya.

Blog itu gratis. Cara membuat blog juga mudah. Berikut ini panduan membangun blog gratis di Blogger dan WordPress bagi pemula.

Tips membuat blog ini dilengkapi dengan cara mengganti tampilan (template/tema), penerapan SEO dasar, dan tips mengisinya dengan konten berkualitas.

blog-blogger

 

Pengertian Blog

Blog adalah situs web pribadi (personal website) yang umumnya dibuat, dimiliki, dan dikelola oleh perorangan (personal web page) untuk menuliskan pengalaman, pengetahuan, berbagi tips, atau sekadar menyimpan catatan atau dokumentasi pribadi.

Blog juga bisa menjadi sarana promosi dan bisnis online.

Orang yang membuat dan mengelola blog, ngeblog, pengeblog, atau narablog disebut blogger (Inggris) atau bloger (Indonesia). Aktivitas membuat dan mengelola blog disebut blogging.

Isi blog –disebut postingan (blog post)– biasanya berupa tulisan yang berisi pemikiran, pengalaman, pengetahuan, atau “catatan harian (diary). Banyak juga blog pribadi yang dimanfaatkan untuk bisnis, jualan, atau difungsikan sebagai sarana promosi atau pemasaran online.

Ulasan lebih lengkap tentang pengertian blog, manfaat punya blog, platform, niche blog, dan sebagainya ada di bagian akhir postingan ini.

Persiapan Membuat Blog

Sebelum ke teknis pembuatan blog, sebaiknya lakukan dulu tahapan berikut ini.

Karena blog merupakan “merek pribadi” (personal brand), sebaiknya Anda “seriusi” blogging ini. Layaknya lembaga atau perusahaan, hal penting dilakuan di tahap awal adalah menentukan nama, domain, logo, niche, dan platform.

1. Nama Blog

Siapkan nama blog (blog name) atau judul blog (blog title) yang akan Anda buat. Jika nama Anda pendek, satu atau dua kata, misalnya Ahmad Fulan, maka siapakan nama blog Anda dengan nama itu.

2. Nama Domain

Nama Domain (domain name) adalah alamat blog (blog address, url). Selaraskan nama blog itu dengan nama domain atau blog addresss, misalnya ahmadfulan.blogspot.com atau ahmadfulan.wordpress.com, atau ahmadfulan.com jika menggunakan nama domain sendiri (custom domain).

Baca: Cara Memilih Nama Domain

Jika sudah mantap dengan pilihan nama blog, maka langkah kedua adalah menyiapkan logo. Ini optional, namun penggunaan logo di blog akan terkesan profesional. Keren lah!

Logo ini nanti tidak saja akan digunakan di header blog, tapi juga di halaman facebook (fanpage), twitter, atau akun media sosial lainnya untu “branding” atau promosi blog Anda.

Ukuran logo blog biasanya 300×60 pixel.

Untuk membuat logo, Anda bisa gunakan CorelDraw, PhotoShop, atau lebih mudah lagi menggunakan Free Online Logo Maker seperti Logaster, Logomakr, Logomaker, atau Canva.

4. Niche

Niche dalam dunia blogging adalah tema atau topik postingan blog, misalnya tentang pendidikan, kesehatan, sepak bola, komunikasi, jurnalistik, dll. Bisa juga niche blog tentang blogging yang disebut metablogging.

Namun, umumnya blogger mengisi blognya dengan segala macam topik, meski masih ada topik utama. Jika blog Anda akan berisi segala macam –dikenal dengan istilah “blog gado-gado”– maka itu namanya “general blog”, blog umum alias tidak fokus ke niche tertentu.

Niche blog saya sendiri (romeltea.com) sebenarnya komunikasi, dengan subtopik jurnalistik, media, public speaking, humas, radio, dan blogging. Namun, saya juga mengisi blog ini dengan artikel bertema politik, sepak bola, internet, bisnis online, dll.

5. Platform

Platform adalah tempat membuat blog gratis. Terpopuler Blogger (Blogspot) dan WordPress(WP). Tips membuat blog ini akan memandu Anda membangun blog di dua platform tersebut.

Jika kelima hal di atas sudah siapkan, maka let’s start! Saatnya membuat blog!

Cara Membuat Blog di Blogger

Blogger atau blogspot adalah platform blog terpopuler. Blogger milik Google dan terintegrasi dengan fitur Google lainnya, seperti Gmail, Google Drive, Google Docs, Youtube, dan Google AdSense.

Berikut ini saya share cara membuat blog secara ringkas dan detail. Panduan dari halaman resmi Bantuan Blogger Google, cara membuat blog itu sebagai berikut:

 Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Dengan tujuh langkah utama di atas, blog Anda sudah jadi. Tinggal diisi dengan tulisan atau postingan yang berkualitas dan menarik.

Cara membuat blog dengan email baru

Berikut ini cara membuat blog dengan email baru. Membuat blog berikut ini sekaligus membuat email Gmail baru.

1. Buka atau ketik www.blogger.com di address bar dan tekan enter, atau klik Blogger.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

2. Klik Create Your Blog.

Cara Membuat Blog

3. Klik Buat akun

Isi formulir berikut ini dengan Nama Depan dan Nama Belakang Anda. Misalnya, Asep Romli. Langkah ini sekaligus membuat email baru.

membuat akun google

 

4. Jika sudah selesai, klik Berikutnya

Akan terbuka halaman Privasi dan Persyaratan. Scroll ke bawah, lalu klik Setuju.


Cara Membuat Blog

 

5. Akan muncul halaman baru seperti ini:

halaman akun Google

6. Klik Berikutnya. Anda akan masuk ke halaman Blogger dan siap membuat blog! Isi Nama Tampilan untuk menjadi Profil Blogger.

Selamat datang di Blogger7. Klik Lanjutkan ke Blogger, lalu klik BUAT BLOG BARU
membuat blog8. Akan terbuka halaman untuk membuat blog.

Silakan isi Title (Judul) dengan nama blog Anda. Judul blog ini akan menjadi nama blog yang muncul di bagian atas (header).

Judul dan alamat (Adress) harus selaras, usahakan sama. Jika nama blognya Ahmad Fulan, maka alamatnya ahmadfulan sehingga menjadi ahmadfulan.blogspot.com

membuat blog

 

blog pribadi

9. Klik salah satu tema! Pilih tema Simple (Sederhana), lalu klik Create blog!

Beres! Blog Anda sudah jadi.

Jika nama domain blogspot-nya mau dihilangkan, kita harus membeli domain, misalnya di Qwords, lalu lakukan Custom Domain.

Cara Setting Dashboard Blogger: SEO Dasar

Ini langkah lanjutan setelah tahap membuat blog selesai, berupa pengaturan di dashboar sekaligus menerapkan SEO dasar. Apa itu SEO? Silakan baca Pengertian SEO.

Setelah blog jadi:

  1. Klik satu per satu link menu yang ada di bagian kiri dashboard blogger di layar komputer Anda.
  2. Lakukan setting atau pengisian di bagian yang Anda mengerti. Jika tidak mengerti, tinggalkan! Biarkan apa adanya.
  3. Terpenting, Klik Setting > Basic > Isi deskripsi dengan kata-kata atau kalimat ringkas yang menggambarkan konten atau isi blog Anda.
  4. Klik “Search Preference” > Meta Tags > isi dengan deskripsi blog Anda seperti halnya langkah nomor tiga.

Meta tags ini merupakan “tanda pengenal” blog Anda bagi mesin pencari sehingga mudah diindeks dan tersaji di halaman hasil pencarian (SERP).

dashboard-blogger-setting

Cara Mengisi Blog

Blog sudah jadi. Terus diapain? Ya diisi lah…!

Buatlah postingan pertama berupa Basic Article, yaitu artikel perdana yang berisi tentang:

  • Kenapa Anda membuat blog?
  • Kenapa baru sekarang?
  • Mau diisi apa nanti blognya?

Menulis posting di blog sebaiknya langsung di blog, bukan di MS Word lalu dicopas ke blog.

Menulis langsung di blog akan lebih rapi secara teknis dan lebih ramah mesin pencari karena terdeteksi sebagai konten orisinal dan unik, karya sendiri, bukan hasil copas.

Jika terpaksa copas dari tulisan yang ada di file MS Word, maka copas dulu ke Notepad. Dari Notepad baru copas ke halaman posting blog.

Cara Mengganti Template Blog

tema blogger baru

Desain tampilan blog disebut template atau tema (theme). Mengganti template artinya memasang file template. Kita bisa memilih tampilan blog yang sangat banyak dan gratis.

Pilih template blogger yang ramah mesin pencari (seo friendly) agar blog banyak pengunjung. Ciri utama blog ramah mesin telusur adalah ringan atau cepat tampil (fast loading) dan ramah seluler (mobile-friendly, responsive).

Anda bisa cari template blog di situs-situs penyedia template blogger, atau dapatkan gratis di Top 9 Template Blog SEO Friendly terbaik.

Berikut ini cara mengganti template blog:

backup-restore

backup-template

choose-template

  1. Klik Tema (Theme) > klik Backup/Restore (Cadangkan/Pulihkan)
  2. Upload file tema atau template yang sudah didownload. File tema harus ekstensi .xml. Jika masih dalam bentuk file .zip atau .rar, harus diekstrak dulu sehingga muncul file .xml
  3. Tunggu proses hingga selesai.
  4. Klik Layout / Tata Letak untuk mengatur tampilan atau widget di sidebar blog.
  5. Selesai!

Tutorial membuat blog di Blogger sudah beres. Kita lanjutkan dengan cara membuat blog di WordPress.

Cara Membuat Blog di WordPress

Dalam dunia blogging, dikenal istilah Dummy Blog, yaitu blog pendukung untuk mempopulerkan blog utama.

Saya sendiri punya romelteamedia.com, blogromeltea.blogspot.com, dan romeltea.wordpress.com untuk mendukung blog utama romeltea.com ini.

Ok kita langsung saja mulai Cara Membuat Blog Gratis di WordPress, yaitu wordpress.com, bukan wordpress.org yang merupakan CMS untuk blog selfhosted.

Membuat blog gratis di wordpress.com lebih mudah. Ikuti langkah berikut ini:

1. Buka WordPress.
2. Klik Get Started.

Cara Membuat Blog di WordPress

3. Akan terbuka halaman baru.

Cara Membuat Blog di WordPress

4. Isi tuh “formulir” dengan seksama.

Misalnya seperti ini, saya buat blog dengan nama Romeltea Media tentang komunikasi, junalistik, media, bola, motogp, internet.

Tujuan utama situs/blog, centang Share ideas …. dan Offer education

Cara Membuat Blog di WordPress

4. Klik Continue
5. Pilih alamat blog, misalnya romelteamedia (huruf kecil semua dan disambungkan)
6. Klik Start dipilihan Free.

Cara Membuat Blog di WordPress

7. Akan muncul halaman baru,. Scroll ke bawah, klik Start with free.

Cara Membuat Blog di WordPress

8. Saatnya membuat akun WordPress.

Isi dengan email Anda plus username untuk masuk ke WP. Bikin juga password baru –beda dengan kata sandi email– untuk masuk ke Dashboard Blog WordPress.

Cara Membuat Blog di WordPress

9. Klik Continue.

Jangan lupa cek email Anda untuk verifikasi email. Klik link yang diberikan via email tersebut.

cek email Anda untuk konfirmasi email

10. Beres!

Blog WordPress sudah jadi.

Contoh blog wordpress punya saya –langka update namun merupakan blog pertama saya di dunia blogging– yaitu romelteamedia.wordpress.com

Panduan cara membuat blog gratis di Blogger dan WordPress selesai. Kini saatnya kita pahami hal-hal mendasar dan penting diketahui seputar blogging. Kita mulai dari pengertian blog.

ilustrasi blog

Pengertian Blog Lanjutan

Berikut ini pengertian blog sebagai lanjutan ulasan ringkas di awal posting ini.

Istilah blog sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Blog diartikan sebagai “catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja”.

Blog merupakan salah satu jenis website atau situs web. “Blog singkatan dari Website Logger atau Weblog,” kata Wikipedia.

Saya bisa mengartikan blog sebagai halaman web pribadi (personal web page) atau situs web milik individu yang dikelola secara personal.

Sebagai perbandingan, republika.co.id adalah situs berita atau media massa online sedangkan romeltea.com adalah situs pribadi (blog).

Yang mengelola republika.co.id itu banyakan (tim) sedangkan yang kelola romeltea.com sendirian, cuma saya sendiri sebagai pemiliknya.

Jenis-Jenis Blog

Jenis-jenis blog bisa dikategorikan dari segi

  1. Platform — situs tempat membuat blog.
  2. Konten atau isi blog/postingan.

Dari segi platform atau templat ngeblog, maka ada blog Blogger, WordPress, Tumblr, dan banyak lagi.

Blogging-platform

Dari segi konten atau isi, ada blog berita, blog kesehatan, blog sepakbola, blog pendidikan, blog masakan, blog kecantikan, blog foto (phlog), blog video (vlog), juga ada blog toko online (e-commerce berbasis blog), dan blog organisasi.

Manfaat Blog

Keuntunggan membuat dan mengelola blog sudah saya ulas di  20 Manfaat Blogging. Silakan buka jika belum yakin tentang pentingnya ngeblog atau punya blog di era digital atau era Revolusi Industri 4.0 ini.

Di antaranya, blog itu online diary sekaligus personal branding. Kita juga bisa menjadikannya sebagai ajang bisnis (bisnis online) alias mendapatkan uang di internet –istilah blogger mah “Make Money with Your Blog“.

Blog juga menjadi sarana promosi online produk atau jasa kita. Blog bisa menjadi sarana bisnis, cari duit, atau jadi medium wirausaha dengan menjadi Blogpreneur.

blogpreneur-buku

Saya kutipkan call for blogging atau ajakan ngeblog dari Google di halaman depan Blogger:

“Publikasikan tulisan Anda, sesuai selera. Apakah Anda ingin berbagi pengetahuan, pengalaman, atau berita terbaru, buatlah blog yang unik dan menarik. Mudah dan gratis.”

Jika halaman depan atau halaman login blogger itu kita scrool, akan ditemukan motivasi sekaligus manfaat blogging sebagai berikut:

1. Dapatkan uang!

Dapatkan bayaran untuk semua kerja keras Anda. Google AdSense otomatis menampilkan iklan bertarget yang relevan di blog, sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan mengeposkan konten favorit. Ini artinya membuat blog bisa menjadi jalan menghasilkan uang.

2. Jaga kenangan Anda!

Simpan saat-saat yang berarti. Blogger memungkinkan Anda menyimpan ribuan pos, foto, dan lainnya dengan Google. Gratis! Ini artinya membuat blog bisa punya media penyimpan kenangan dan dokumentasi online.

3. Bergabunglah dengan jutaan orang lain!

Ingin berbagi keahlian, berita terkini, atau apa pun pendapat Anda? Ada banyak orang yang melakukan hal yang sama di Blogger. Segeralah mendaftar. Cari tahu mengapa ada jutaan orang yang memublikasikan konten favoritnya di sini. Ini artinya membuat blog bisa menjadi “personal branding” dan “eksis” di dunia maya.

Itu dia gambaran pengertian dan tujuan ngeblog. Kata kuncinya adalah berbagi (share) sekaligus bisa “eksis” di zaman now –dalam hal ini era internet.

Demikian ulasan tentang cara membuat blog gratis di Blogger dan WordPress, dua platform blog paling populer di dunia. Simak juga fakta menarik tentang blog dalam infografis di bawah ini. Wasalam. (www.romeltea.com).

Fakta Menarik tentang Blog

Fakta Menarik tentang Blog

Fakta Menarik tentang Blog. (Sumber Infografis)

 

Blog Blogger Blogging Cara Membuat Blog Membuat Blog

Related Post

Leave a reply