5 Cara Agar Blog Diterima Google AdSense

820 views

google adsense

Google Adsense adalah sumber penghasilan utama para bloger. Selain AdSense, sumber pendapatan  lain dari blog antara lain content placement (posting berbayar/advertorial), iklan banner, dan afiliasi (affiliate marketing).

Tips utama supaya diterima menjadi penayang iklan Google  atau publisher AdSense, blog harus banyak pengunjung atau memiliki trafik tinggi.

Tidak ada ketentuan minimal jumlah pengunjung, namun kemungkinan besar –berdasarkan pengalaman– blog bisa diterima AdSense jika sudah dikunjungi ratusan orang per hari, sekitar 200-500 pengunjung unik (unique visitors).

Agar blog dikunjungi atau dibaca banyak pengguna internet, maka konten blog harus berkualitas atau bermanfaat bagi pembaca. Blog juga harus tampil ringan atau cepat saat dibuka (fast loading).

Promosi atau menyebarkan isi blog di media sosial dan forum juga bagian dari cara mengundang pengunjung. Jangan ragu membagikan postingan blog ke Facebook atau Twitter. Kedua media sosial itu menjadi sumber trafik blog.

Tips Supaya Blog Diterima Google Adsense

1. Konten Berkualitas

Konten berkualitas (quality content) adalah inti semua tips agar blog banyak pengunjung dan diterima Google AdSense.

Konten adalah isi blog berupa tulisan (teks), gambar (foto/image), dan/ataupun video yang dicari/dibutuhkan pengguna internet.

Konten berkualitas adalah postingan blog tulisan sendiri, bukan hasil copy paste, unik, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca.

Agar unik, bagikan pengalaman dan pengetahuan Anda. Pengalaman yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca.

Baca Pedoman Kualitas dari Google. Disebutkan di sana, pastikan situs Anda memberikan nilai tambah. Penayang tidak diizinkan untuk membuat beberapa laman, sub-domain, atau domain yang berisi banyak sekali konten duplikat.

Penayang AdSense harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs mereka.

daftar syarat google adsense

2. Perbanyak Isi Blog

Tulis artikel secara rutin. Bila bisa meng-update blog setiap hari, itu sangatlah bagus. Pilih tema atau topik yang dikuasai.

Anda bisa menuliskan pengalaman menginap di hotel, berkunjung ke tempat wisata, asyiknya memancing, kepenatan di jalan saat macet, atau berbagi tips cara melakukan sesuatu yang pernah Anda lakukan.

Jangan lupa terapkan Tips SEO dalam postingan blog Anda

3. Halaman Statis: About, Kontak, Disclaimer

Pastikan blog Anda berisi halaman statis (static page) “about” (tentang) yang berisi keterangan tentang blog dan adminnya, halaman kontak, dan disclaimer. Biasanya ditampilkan di menu atas atau footer.

Untuk mengisi halaman disclaimer (privacy policy), Anda bisa menggunakan disclaimer generator.

Google AdSense

4. Usia Blog dan Bloger

Di laman resmi AdSense disebutkan persyaratan kelayakan blog diterima AdSense Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum Anda mendaftar ke akun AdSense:

  • Apakah Anda memiliki konten sendiri yang dibuat dari awal?
  • Apakah konten Anda mematuhi kebijakan Program AdSense?
  • Apakah Anda berusia minimal 18 tahun?

Usia blog juga menentukan. Jangan langsung daftar AdSense jika blog baru berusia sehari atau seminggu.

Agar blog mudah dikenali, dirambah dan diindeks Google, pastikan blog Anda didaftarkan di Google Webmaster Tools.

nama domain

5. Gunakan Top Level Domain

Diyakini banyak bloger, menggunakan Top Level Domain (TLD) bisa mempercepat blog diterima Google AdSense. Beli nama domain untuk mengganti alamat blog Anda menjadi TLD. Anda bisa beli domain di Qwords atau Niagahoster.

Baca juga Kebijakan program Adsense.

Jika blog sudah diterima Google AdSense, maka blog Anda sudah menayangkan iklan dan mulai menghasilkan uang. Anda akan mendapatkan komisi dari Google tiap bulan, antara tanggal 21-22 per bulan.

Uang dikirim via cek atau Western Union (WU) jika sudah mencapai batas minimal jumlah pendapatan.

Demikian tips ringkas agar blog diterima Google AdSense sehingga blogging menghasilkan pendapatan pasif (passive income). Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Google Adsense

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

  1. author
    Siska Meriza4 months agoReply

    rekomend banget buat jadi panduan

  2. author
    Aorlin7 months agoReply

    MakSih infonya. Semohga blog saya bisa diterima adsanse. Amin

Leave a reply