Cara Mengucapkan Wifi, Hoax, Live, dan Love yang Benar

682 views

cara mengucapkan wifiBagaimana cara mengucapkan Wifi, Hoax, Live, dan Love yang Benar? Tulisan ringkas ini akan menjelaskannya sekaligus memberikan contoh dan link sumbernya.

Awalnya, saya hanya mau tahu cara mengucapkan “PayPal“. Soalnya, saya suka mengucapkannya “pei-pol”.

Ternyata, cara mengucapkan “paypal” yang benar adalah “pei-pal” (peɪ.pæl).

Saya dapatkan di laman How to Prononounce. Saya pun melanjutan pencarian cara mengucapkan “wifi”, “hoax”, “live”, dan… “love”.

Karena audionya kurang bagus di komputer jadul saya, makan saya lanjutkan dengan membuka kanal Youtube Pronounce It, sekaligus mencari “second opinion”. Hasilnya sama.

Cara Mengucapkan Wifi, Hoax, Live, dan Love yang Benar

  1. PayPal diucapkan pey-pal (peɪ.pæl)
  2. Wifi/Wi-Fi diucapkan wai-fai (waɪ.faɪ)
  3. Hoax diucapkan hoks (hoʊks)
  4. Love diucapkan laf (lʌv)

Mari kita fokus ke pengucapan wifi karena sering banget saya mendengar orang mengucapkannya “wai-fi”, bahkan ada yang pernah lama kuliah di Amerika pun mengucapkannya “wai-fi”, padahal yang benar adalah “wai-fai” (waɪ.faɪ).

Wi-Fi sangat populer di era internet sekarang. Menurut berbagai sumber, Wi-Fi adalah singakatan dari Wireless Fidelity. Ia merupakan jaringan tanpa kabel yang menggunakan satu atau banyak frekuensi tertentu.

Cek juga Cambridge Dictionary.

Di kamus online ini kita bisa mengetahui cara pengucapan kata-kata atau istilah dalam bahasa Inggris dengan benar. Ada dua versi, Inggris (UK) dan Amerika (US).

Satu lagi, cara mengucapkan “live” bagaimana? Ini videonya:

Jadi, untuk mengucapkan live itu ada dua: lif dan laif

  1. Live diucapkan “lif” jika yang dimaksud “tinggal” atau “hidup”. Misalnya, I live in Bandung dan I Can’t live if living is without You seperti lagu Mariah Carey.
  2. Live diucapkan “laif” jika yang dimaksud  “langsung” (siaran langsung), misalnya Liga 1 2019 live di Indosiar dan OChannel atau Live Now on Youutube!

Bagaimana dengan pengucapan kata “life” (nyawa/hidup)? Sama dengan nomor 2, yaitu “laif”. Misalnya, It’s My Life Bon Jovi.

Ok, jadi begitu ya. Cara mengucapkan “wifi” yang benar itu “wai-fai“. Demikian juga kata-kata dalam bahasa Inggris lainnya di atas. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Bahasa pengucapan wifi

Related Post

Leave a reply