Cara Mudah Membuat Website

642 views

cara membuat website

MEMBUAT website (situs web) sangat mudah. Anda tidak mesti jadi “anak IT” atau jadi web developer untuk memiliki web pribadi.

Bahkan, begitu Anda order domain dan web hosting dan membayarnya, website Anda sudah jadi. Tinggal mengisinya dengan artikel atau postingan.

Isi tulisan bisa berupa pengalaman apa saja yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca. Bisa juga berupa tips atau membahas ilmu pengetahuan yang Anda kuasai.

Cara Mudah Membuat Website

Berikut ini cara mudah membuat website. Anda hanya perlu memilih nama domain dan order hosting. Apa itu domain dan apa itu hosting, perhatikan gambar berikut ini.

pengertian domain hosting

Pengertian Domain & Hosting (Sumber)

1. Tentukan nama domain

Nama domain (domain name) adalah alamat website Anda. Biasanya diawali dengan http://, https://, atau www dan diakhiri dengan ekstensi domain .com. .net, .org, .id, dan sebagainya.

Contoh nama domain: romeltea.com.

Nama domain hendaknya ringkas, sesuai dengan isi web atau nama pemilik, mudah diingat dan dituliskan, serta menggunakan ekstensi .com, .net, atau .id yang sudah populer.

Baca Juga: Cara Memilih Nama Domain untuk Alamat Website/Blog

Nama domain ibarat alamat rumah. Ia diapit oleh elemen lain, seperti http, www, dan domain ekstensi.

nama domain

 

2. Order Webhosting

Jika sudah menentukan atau memilih nama domain, maka langkah berikutnya adalah memesan domain di promo domain hosting.  Klik menu Domain Murah.

Web hosting berfungsi untuk menyimpan semua file website sehingga dapat diakses secara online. Semua file, seperti tema, plugin, teks, media, kode HTML, hingga draft konten tersimpan di hosting.

Anda bisa memilik paket web hosting mulai dari yang harganya Rp10 ribuan hingga ratusan ribu rupiah per bulan, atau sekitar Rp200 ribuan hingga jutaan rupiah per tahun.

Untuk web pribadi, Anda bisa pilih “paket pelajar” atau “paket personal”. Keduanya gratis domain!

Lebih baik lagi Anda memilih paket unlimited hosting biar lebih leluasa dan mendapatkan pelayanan prioritas dari provider hosting. Silakan order di web hosting Indonesia.

Unlimited Webhosting

Dengan memilih paket unlimited hosting, Anda akan mendapatkan domain gratis. Selain itu, ada fitur atau layanan instal otomatis WordPress sehingga Anda tinggal mengganti tema (cek Koleksi Tema WP Terbaik) dan mengisi website. Webnya sudah jadi.

Itu yang dimaksud cara mudah membuat website. Hanya dua langkah, yaitu pilih doman dan order hostingnya, website sudah jadi!

Mudah banget ‘kan cara membuat website?

Membuat Website Gratis

Cara membuat website di atas adalah cara paling umum dilakukan, khususnya oleh bloger atau dalam membangun web pribadi, yaitu dengan menggunakan CMS WordPress. Karena nama domain dan hostingnya berbayar (tidak gratis), dikenal dengan sebutan “self hosted”.

Anda juga bisa membuat website dengan gratis, baik domain maupun hostingnya, misalnya di blogger.com dan di wordpess.com

Untuk membuat website gratis, silakan ikuti panduan Cara Membuat Blog di Blogger dan WP.

Cara Mengisi Website

Secara teknis, cara mengisi website dengan CMS WordPress adalah dengan login atau masuk ke dashboard. Di sidebar kiri ada menu Post > Add New.

Akan muncul halaman membuat artikel, terdiri dari kolom judul, isi tulisan, dan di sidebar kanan ada kolom isian Categories, Tags, dll. Kategori berfungsi mengelompokkan tulisan dalam kategori tertentu. Demikian juga tags.

Secara format, Anda bisa mengisi website dengan foto, audio, video, atau teks (tulisan).

Dari segi tema, Anda bisa menuliskan pengalaman, pemikiran, tips, pengetahuan dll. Anda bisa secara khusus menjadikan website pribadi sebagai media berbagai apa saja yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca.

Intinya, website adalah media pribadi Anda di internet untuk “personal branding”, eksis di dunia maya, menjadi produsen sekaligus publisher informasi, dan bahkan bisa menjadi mendapatkan penghasilan.

Demikian tutorial cara mudah membuat website. Karena “mudah”, maka bahasannya pun “to the point”, tidak bertele-tele atau “dipanjang-panjangin”.

Ikuti saja dua langkah di atas, klik linknya untuk order domain dan web hosting, dan Anda segera punya website dalam waktu singkat. Good Luck! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blogging Membuat Website Website

Related Post

Leave a reply